0
Thumbs Up
Thumbs Down

Duh, Jaringan Internet di Mentawai Akan Diputus

covesia
covesia - Fri, 06 Dec 2019 12:49
Dilihat: 44
Duh, Jaringan Internet di Mentawai Akan Diputus

Covesia.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Heri Robertus membenarkan akan dilakukan pemutusan jaringan internet yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai oleh PT. Iforte Global Internet terhitung 31 Desember tahun ini.

Heri Robertus mengatakan pihaknya telah menerima surat dari IFORTE No. 329/IGI/EXT/BAKTI/XI/2019 yang menyampaikan informasi pemutusan layanan internet sebab kontrak kerjasama dengan Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) sebagai penyedia infrastruktur telekomunikasi dari pemerintah untuk daerah terpencil yang belum tersentuh fasilitas dan pelayanan telekomunikasi akan berakhir pada 31 Desember 2019.

"Berkaitan dengan pemutusan internet dari Iforte itu sudah kita terima suratnya dimana pemutusannya per 31 Desember 2019, karena yang menjalin hubungan kerjasama itu adalah Iforte dengan dulu namanya adalah Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), sekarang Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI), berkaitan dengan itu kita Dinas Kominfo sudah berkoordinasi dengan BAKTI bagaimana tindak lanjut akses internet ke depannya," kata Heri Robertus saat ditemui MentawaiKita.com di ruang kerjanya, Jumat (6/12/2019).

Ia mengatakan bahwa saat ini ada tiga provider yang bekerjasama dengan BAKTI, yaitu Iforte, lintasarta, dan Matrasat.

"Jadi Lintasarta dan Matrasat masih jalan, jadi khusus Iforte ada 59 titik yang ada providernya Iforte inilah yang akan diputus. Ada surat dari BAKTI soal pemberitahuan tentang solusi akses internet, dimana mereka mengatakan bahwa dalam peningkatan layanan akses internet tersebut, mereka mau menyampaikan bahwa akan dilaksanakan penggantian perangkat VSAT C BAND dengan VSAT KU BAND, dalam arti ada peningkatan," kata Heri.

Saat ini yang masih jalan kerjasama BAKTI adalah Lintasarta dan Matrasat. Lintasarta ada 24 titik yang masih aktif sedangkan Matrasat ada 14 titik.

Sesuai dengan surat BAKTI yang diterima pihak Kominfo Mentawai, bahwa tanggal 1 Januari 2020, jaringan internet milik Iforte akan diganti dengan provider lain secara bertahap,sebab BAKTI dan Iforte akan putus kontrak pada tanggal 31 Desember 2019

Dengan demikian akan ada provider lain yang akan mengganti Iforte, karena adanya penggantian kerjasama dengan provider lain maka akan ada gangguan internet di 59 titik yang tersebar di Kepulauan Mentawai.

"Jadi jaringan internet ini tidak putus sampai di situ saja, akan berlanjut terus, hanya karena itu tadi, penggantian kerjasama antar BAKTI dan provider baru, masyarakat jangan khawatir persoalan ini, akan tetap ada internet, tapi sedikit terganggu karena proses bongkar pasang peralatan. Justru kita mau meningkatkan malah, kita meningkatkan bahwa lokasi-lokasi yang tidak ada akses internet sekolah, puskesmas, atau fasilitas umum milik pemerintah yang ingin dapat bantuan akses internet bisa langsung mendaftar di Kominfo melalui Bidang Informatika," ujar Heri.

Kemudian persoalan kerjasama kembali, kata Heri bahwa tidak akan ada kontrak baru antara Pemerintah daerah dengan BAKTI, sebab sebelumnya pihak Pemda dan BAKTI sudah ada MoU. Menurutnya adapun hanya perbaikan administrasi serta surat-surat penting lainnya yang dianggap perlu.


*Artikel ini merupakan konten asli portal Mentawaikita.com dan telah tayang dengan judul: "Jaringan Internet Akan Diputus di Mentawai".

Sumber: covesia

Duh, Jaringan Internet di Mentawai Akan Diputus

Duh, Jaringan Internet di Mentawai Akan Diputus

Duh, Jaringan Internet di Mentawai Akan Diputus

Duh, Jaringan Internet di Mentawai Akan Diputus

Duh, Jaringan Internet di Mentawai Akan Diputus

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya