0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dua Tersangka Indosurya Bebas, Mahfud: Kasus tak Akan Dihentikan

Republika Online
Republika Online - Wed, 29 Jun 2022 12:44
Dilihat: 27
Dua Tersangka Indosurya Bebas, Mahfud: Kasus tak Akan Dihentikan

JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menanggapi reaksi masyarakat terkait dibebaskannya dua tersangka kasus penipuan investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. Mahfud menegaskan, bahwa kasus tersebut tidak akan dihentikan.

"Merespons reaksi publik atas rasa keadilan dalam kasus KSP Indosurya yang dua tersangkanya dilepaskan, maka saya sudah melakukan komunikasi dengan Mabes Polri, Kejaksaan Agung (Kejakgung), PPATK, dan Menkop UKM," kata Mahfud melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Rabu (29/6/2022).

Kasubdit TPPU Dittipideksus Bareskrim Kombes Pol Robertus Yohanes De Deo Tresna Eka Trimana menunjukkan foto Direktur Operasional KSP Indosurya Suwito Ayub saat rilis pengungkapan penipuan dan penggelapan dana Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta. (ANTARA/Galih Pradipta)

"Kesimpulannya, kasus ini adalah kejahatan modus baru yang tidak pernah dan tidak akan dihentikan," tambahnya.

Mahfud menjelaskan, dua tersangka itu dikeluarkan dari rutan karena masa penahanannya telah habis. Dia mengatakan, Kejaksaan Agung pun akan memastikan pembuktian kasus itu di pengadilan dapat berjalan lancar.

"Dua tersangka dilepas karena masa penahanannya habis, sementara Kejagung hanya ingin memastikan agar pembuktiannya di pengadilan nanti lancar," jelas dia.

Mahfud pun mendukung Bareskrim Polri untuk menangkap kembali dua tersangka itu. Sebab, dia menyebut, kasus ini harus berjalan.

"Kita mendukung Bareskrim menangkap lagi dua tersangka dalam kasus terkait yang lokus dan tempus delicti-nya beda. PPATK sudah lama menjejak, kasus ini ini harus jalan," tutur dia.

Sebelumnya, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mewajibkan dua tersangka penipuan investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya untuk wajib lapor seminggu dua kali. Keduanya dibebaskan dari tahanan karena masa berlaku penahanan sudah habis.

"Kami minta tersangka wajib lapor seminggu dua kali sehingga keberadaannya bisa diketahui, karena kami tidak bisa melakukan penahanan lagi," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Polisi Whisnu Hermawan, di Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Dua tersangka KSP Indosurya yang dibebaskan dari penahanan karena masa tahanan sudah habis 120 hari, yakni HS selaku pendiri dan ketua KSP Indosurya dan JI selaku kepada administrasi. Meski keduanya dibebaskan dari penahanan, kasus Indosurya tetap berjalan menunggu berkas dinyatakan lengkap (P-21) oleh kejaksaan.

Keduanya masih berstatus tersangka. Guna mengantisipasi tersangka kabur atau melarikan diri seperti yang dilakukan oleh salah satu tersangka, Suwito Ayub selaku Managing Director KSP Indosurya, yang masuk daftar pencarian orang (DPO), penyidik mengajukan pencekalan terhadap kedua tersangka.


Berita Terkait
  • Mahfud MD: Kita Bangun Indonesia dari Pinggiran
  • Mahfud Klaim Masyarakat Senang Setelah FPI Dibubarkan
  • Mahfud: Kalau Hanya Takut pada Hukum, Itu Bisa Diakali
Berita Lainnya
  • Google Mulai Luncurkan Tampilan Baru untuk Gmail
  • Hari ini, Di Maria Dikabarkan Tanda Tangan Kontrak dengan Juventus

Dua Tersangka Indosurya Bebas, Mahfud: Kasus tak Akan Dihentikan

Dua Tersangka Indosurya Bebas, Mahfud: Kasus tak Akan Dihentikan

Dua Tersangka Indosurya Bebas, Mahfud: Kasus tak Akan Dihentikan

Dua Tersangka Indosurya Bebas, Mahfud: Kasus tak Akan Dihentikan

Dua Tersangka Indosurya Bebas, Mahfud: Kasus tak Akan Dihentikan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya