0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara

Republika Online
Republika Online - Thu, 16 Jul 2020 21:18
Dilihat: 50
Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara

JAKARTA -- Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara memvonis bersalah dan menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara terhadap dua terdakwa penyerang penyidik KPK, Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis. Majelis hakim menilai keduanya terbukti melakukan penganiayaan terencana yang mengakibatkan luka berat terhadap Novel Baswedan.

"Menyatakan terdakwa Rahmat Kadir bersama-sama dengan terdakwa Ronny Bugis melakukan penganiayaan terencana yang mengakibatkan luka berat," ujar Ketua Majelis Hakim Djumyanto saat membacakan putusan, Kamis (16/7).

Dalam menjatuhkan putusannya majelis hakim memiliki sejumlah pertimbangan. Untuk hal yang memberatkan, para terdakwa dinilai mencederai kehormatan institusi Polri. Sementara itu, untuk hal yang meringankan para terdakwa sudah bersikap ksatria dengan berterus terang dan meminta maaf kepada korban serta keluarganya. Selain itu, terdakwa juga belum pernah dihukum.

Akibat perbuatan kedua terdakwa, berdasarkan hasil visum et repertum nomor 03/VER/RSMKKG/IV/2017 yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga menyatakan Novel mengalami luka bakar di bagian wajah dan kornea mata kanan dan kirinya. Atas perbuatannya kedua terdakwa dinilai terbukti melanggar Pasal 355 ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP serta Pasal 351 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



Vonis majelis hakim lebih berat dari tuntutan 1 tahun penjara yang dituntutkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dalam sidang pembacaan tuntutan pada 11 Juni 2020 lalu. JPU menilai, para terdakwa tidak sengaja menyiramkan air keras ke mata Novel.

Jaksa menyampaikan aksi terdakwa tersebut untuk memberikan pelajaran kepada Novel dengan menyiramkan asam sulfat ke badan namun di luar dugaan mengenai mata Novel. Keduanya dinilai terbukti melakukan dakwaan subsider pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Tapi di luar dugaan ternyata mengenai mata Novel Baswedan yang menyebabkan mata kanan tidak berfungsi dan mata kiri hanya berfungsi 50 persen saja artinya cacat permanen sehingga unsur dakwaan primer tidak terpenuhi," kata anggota JPU Kejari Jakarta Utara Ahmad Fatoni, Kamis (11/6).


Ronny dan Rahmat diketahui adalah polisi aktif dari Satuan Gegana Korps Brimob Kelapa Dua Depok. Dalam surat tuntutan, disebutkan kedua terdakwa yaitu Ronny Bugis bersama-sama dengan Rahmat Kadir Mahulette tidak suka atau membenci Novel Baswedan karena dianggap telah mengkhianati dan melawan institusi Polri.

Sidang awal penyiraman air keras ke Novel Baswedan digelar. - (Republika)
Berita Terkait
  • Bawaslu-KPK Bahas Pemberantasan Politik Uang di Pilkada 2020
  • Terdakwa Penyerang Novel Baswedan tak Dihadirkan di Sidang
  • Nawawi Harap Vonis Penyerang Novel Penuhi Rasa Keadilan
Berita Lainnya
  • Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara
  • MTsN 1 Bogor Gelar Matsama Daring

Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara

Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara

Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara

Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara

Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya