0
Thumbs Up
Thumbs Down

DPRD Bali Tegaskan Menolak Reklamasi

Nusabali
Nusabali - Thu, 27 Jun 2019 06:46
Dilihat: 48
DPRD Bali Tegaskan Menolak ReklamasiDENPASAR,
Aksi demo penyampaian aspirasi pada hari libur dan menghujat wakil rakyat 'pengecut' membuat lembaga DPRD Bali bersuara. Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama menyampaikan sikap DPRD Bali saat sidang paripurna di Ruang Sidang Utama, Kantor DPRD Bali, Niti Mandala Denpasar, Rabu (26/6). Dia menegaskan, DPRD Bali tegas menolak reklamasi Teluk Benoa.

Sikap DPRD Bali ini sekaligus mendukung sikap Gubernur Bali yang secara tegas mengatakan bahwa reklamasi Teluk Benoa di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung tidak bisa dilaksanakan.

Dalam sidang paripurna yang dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster, Wakil Ketua DPRD Bali I Gusti Bagus Alit Putra (Demokrat), Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Suyasa (Gerindra), dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov Bali tersebut, secara kelembagaan, Adi Wiryatama menegaskan mendukung Visi Misi Gubernur-Wakil Gubernur Bali: Nangun Sat Kertih Loka Bali, yang salah satu mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya secara sekala niskala. "Kami telah menyampaikan bahwa secara kelembagaan DPRD Bali mendukung pernyataan sikap Gubernur dan Wakil Gubernur Bali terpilih pada 24 Aguatus 2018 lalu di Rumah Transisi, Niti Mandala Denpasar, dimana saya langsung hadir saat itu, bahwa rencana reklamasi kawasan Teluk Benoa, Badung tidak bisa dilaksanakan," ungkap Adi Wiryatama disambut tepuk tangan.

Adi Wiryatama mengatakan, adanya aspirasi-aspirasi masyarakat dan aktivis yang disampaikan ke DPRD Bali pada hari libur belum bisa diterima anggota dan pimpinan dewan. "Untuk penyampaian aspirasi masyarakat ke gedung DPRD Bali pada saat hari libur, kami mohon maaf belum bisa menerimanya," ucap Adi Wiryatama.

Ditegaskannya, sikap DPRD Bali dan Gubernur Bali (Pemprov Bali) yang menyampaikan penolakan terhadap reklamasi Teluk Benoa sudah final. Sementara soal reklamasi oleh Pelindo II di Pelabuhan Benoa Denpasar yang sporadis dan kasat mata, DPRD Bali sudah meminta Komisi I DPRD Bali membidangi perijinan, Komisi II membidangi pajak dan pariwisata, Komisi III membidangi lingkungan dan pembangunan untuk melakukan cek lapangan. "Kami sudah meminta Komisi I, Komisi II, Komisi III supaya cek lapangan, agar jangan sampai terjadi reklamasi yang sporadis dan dapat merusak lingkungan," tegasnya.

Secara kelembagaan, kemarin, DPRD Bali langsung mengirimkan surat kepada Gubernur Bali atas sikap DPRD Bali tersebut. Surat yang ditandatangani Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama tersebut isinya ada dua point. Pertama, mendukung Visi- Misi Gubernur Bali 'Nangun Sat Kertih Loka Bali' yang bermakna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya secara sekala -niskala. Kedua, mendukung pernyataan sikap Gubernur Bali-Wakil Gubernur Bali terpilih pada 24 Agustus 2018 bahwa rencana reklamasi di kawasan Teluk Benoa Badung tidak dapat dilaksanakan. "Kami sudah bersurat juga ke Gubernur Bali, sesuai dengan pasal 94 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa DPRD Provinsi merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah di provinsi. Sehingga dalam pelaksanaan kebijakan, penyelenggaraan dan kewenangan pemerintahan daerah selalu bersinergi dengan gubernur," tegasnya. *nat
Sumber: Nusabali

DPRD Bali Tegaskan Menolak Reklamasi

DPRD Bali Tegaskan Menolak Reklamasi

DPRD Bali Tegaskan Menolak Reklamasi

DPRD Bali Tegaskan Menolak Reklamasi

DPRD Bali Tegaskan Menolak Reklamasi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya