0
Thumbs Up
Thumbs Down

Di Tengah Pandemi, OJK Sumbagut Terus Dorong Aktifitas UMKM

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 14 Sep 2020 18:29
Dilihat: 41
Medan

Pada masa pandemi covid-19 ini, OJK Sumbagut terus mendorong aktifitas UMKM sebagai motor penggerak pemuliham ekonomi, antara lain melalui akses kredit untuk permodalan UMKM.

Hal ini dikatakan Deputi Direktur OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Andi M Yusuf pada kegiatan Business Matching Akses Kredit UMKM dan Pelatihan UMKM Go Online secara virtual, kemarin.

"Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, pemanfaatan pemasaran secara online dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM agar dapat terus menjalankan operasional usahanya melalui pemanfaatan marketplace," katanya.

Dikatakannya, dua besaran penting inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan kali ini, bagaimana UMKM dapat kembali beraktifitas melalui dukungan akses pembiayaan bank dan sekaligus pendampingan tentang teknis berjualan di marketplace, salah satunya Shopee Indonesia.

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori menyampaikan bahwa kredit dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Sumatera Utara yang disalurkan Bank HIMBARA dari hasil pemantauan periode Juli Agustus 2020 telah terealisasi sebesar Rp3,33 Triliun kepada 43.276 debitur.

"Realisasi kredit PEN ini sudah 99,14% dari target hingga akhir September 2020 sebesar Rp.3,35 Triliun,"ujarnya kepada 90 pelaku UMKM Kota Tanjung Balai, Sumut.

Sementara itu Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Kota Tanjung Drs. H. Zainul Arifin menyampaikan apresiasi kepada OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tanjung Balai melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) memfasilitasi UMKM di kota Tanjung Balai dengan akses pembiayaan modal UMKM pada bank dan pemasaran melalui online sehingga dapat meningkatkan aktifitas usaha khususnya di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan business matching ini merupakan salah satu strategi TPAKD yang akan berlanjut pada kabupaten/kota potensial lainnya di Sumatera Utara dalam rangka mengakselerasi perluasan akses keuangan dan peningkatan kapasitas usaha UMKM melalui TPAKD yang telah dibentuk di seluruh kabupaten/kota Sumatera Utara.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari OJK, PT Bank Sumut, dan Shopee Indonesia yang memfasilitasi akses KUR dan cara berjualan di marketplace Shopee Indonesia kepada para pelaku UMKM.

Penulis: Khairunnisak Lubis

Editor: Vicky Fadil


Foto: Khairunnisak Lubis

Sumber: wartaekonomi

Di Tengah Pandemi, OJK Sumbagut Terus Dorong Aktifitas UMKM

Di Tengah Pandemi, OJK Sumbagut Terus Dorong Aktifitas UMKM

Di Tengah Pandemi, OJK Sumbagut Terus Dorong Aktifitas UMKM

Di Tengah Pandemi, OJK Sumbagut Terus Dorong Aktifitas UMKM

Di Tengah Pandemi, OJK Sumbagut Terus Dorong Aktifitas UMKM

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya