0
Thumbs Up
Thumbs Down

Detektor USG Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sel Darah

Republika Online
Republika Online - Sat, 19 Sep 2020 01:15
Dilihat: 75
Detektor USG Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sel Darah

JAKARTA -- Ilmuwan di Jerman telah berhasil mengembangkan detektor ultrasound (USG) terkecil di dunia. Detektor ini lebih kecil dari sel darah. Alat ini membuka kemungkinan baru dalam proses meningkatkan sistem resolusi pencitraan atau Super-resolution imaging (SR).

Para peneliti menggambarkan hasil tersebut sebagai sesuatu yang sangat menakjubkan. Mereka berharap teknologi tersebut dapat memungkinkan studi jaringan biologis dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Teknologi ini dikembangkan oleh para ilmuwan di Helmholtz Zentrum Mnchen (Pusat Penelitian Jerman untuk Kesehatan Lingkungan) dan Universitas Teknik Munich. Perangkat baru ini mewakili sesuatu yang berbeda dari teknologi di balik pencitraan ultrasound tradisional, yang biasanya hanya mengandalkan perangkat piezoelektrik, sebuah komponen elektronika yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Kualitas gambar yang dihasilkan melalui metode ini secara langsung terkait dengan ukuran detektor piezoelektrik. Semakin kecil detektor semakin tinggi resolusinya. Namun, hal ini pada gilirannya membahayakan sensitivitas perangkat.

Penulis studi baru merinci solusi untuk masalah ini, dengan beralih ke jenis teknologi pencitraan yang berbeda yang bergantung pada fotonik silikon. Teknologi fotonik silikon memiliki potensi besar di berbagai bidang seperti komputasi generasi berikutnya dan transmisi data, dengan memungkinkan komponen optik miniatur untuk dirakit di atas chip silikon kecil.

Silikon mampu membatasi cahaya menjadi dimensi yang sangat kecil. Kemampuan yang dapat dimanfaatkan para ilmuwan untuk perangkat inovatif mereka.

Perangkat yang disebut silicon waveguide-etalon detectoratau (SWED) tersebut bekerja dengan mengambil perubahan dalam intensitas cahaya saat mereka merambat melalui sirkuit fotonik miniatur, bukan tegangan pelacakan melalui kristal piezoelektrik. Menurut tim peneliti, perangkat itu lebih kecil dari sel darah.

"Sejauh mana kami dapat membuat miniatur detektor baru sambil mempertahankan sensitivitas tinggi karena penggunaan fotonik silikon sangat menakjubkan," kata Profesor dari Technical University of Munich sekaligus ketua tim peneliti, Vasilis Ntziachristos seperti dilansir newatlas, Jumat (18/9).

Perangkat SWED berukuran sekitar setengah mikron. Ini berukuran setidaknya 10.000 kali lebih kecil dari detektor piezoelektrik tersebut memberikan kemampuan untuk menggambarkan fitur yang lebih kecil dari ukuran satu mikrometer.

Pendekatan pencitraan resolusi super ini dapat diterapkan pada sel dan jaringan untuk membuka kemungkinan baru dalam penelitian biomedis dan diagnostik klinis, tetapi juga memungkinkan gelombang ultrasonik dipelajari dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

"Detektor pada awalnya dikembangkan untuk mendorong kinerja pencitraan optoakustik, yang merupakan fokus utama penelitian kami di Helmholtz Zentrum Mnchen dan TUM," kata Ntziachristos.


"Namun, kami sekarang memperkirakan aplikasi dalam bidang penginderaan dan pencitraan yang lebih luas," imbuhnya.

Berita Terkait
    Berita Lainnya
    • Saudi Bentuk Komite Baru Rancang Pembukaan Umroh
    • Lima Fakta Jelang Laga MU Vs Crystal Palace

    Detektor USG Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sel Darah

    Detektor USG Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sel Darah

    Detektor USG Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sel Darah

    Detektor USG Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sel Darah

    Detektor USG Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sel Darah

      
    PARTNER KAMI
    JPNN
    Republika Online
    LIPUTAN6
    okezone
    BBC
    bintang
    bola
    Antvklik
    rumah123
    Rumah
    Love Indonesia
    CENTROONE
    wartaekonomi
    Voice of America
    Popular
    Gocekan
    Teqnoforia
    Angelsontrip
    Makanyuks
    telsetNews
    BisnisWisata
    Jakarta Kita
    Indonesia Raya News
    RajaMobil
    Mobil123
    Otospirit
    MakeMac
    Indotelko
    Inditourist
    TEKNOSAINS
    MotorExpertz
    Mobil WOW
    Oto
    Kpop Chart
    salamkorea
    slidegossip
    Hotabis
    INFOJAMBI
    Japanese STATION
    SeleBuzz
    Cintamobil
    Football5star
    Citra Indonesia
    OTORAI
    Sehatly
    Hetanews
    Inikata
    Nusabali
    Garduoto
    Beritakalimantan
    batampos
    covesia
    carmudi
    idnation
    inipasti
    teknorush
    winnetnews
    mediaapakabar
    carvaganza
    mediakepri
    kabarsurabaya