0
Thumbs Up
Thumbs Down

Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa

Nusabali
Nusabali - Tue, 29 Nov 2022 07:16
Dilihat: 77
Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa
Pemdes dan kelompok pengelola, diberikan kewenangan untuk mengelola kawasan hutan desa seluas 354 hektare oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) RI. Hanya saja dalam pemanfaatannya Pemdes dan kelompok pengelola sangat selektif dan berhati-hati.

Mereka selama ini hanya memanfaatkan 15 persen dari kawasan hutan desa atau sekitar 53 hektare untuk ditanami pohon yang bernilai ekonomis. Selebihnya ditutup untuk dikelola dan hanya dilakukan reboisasi di zona hutan lindung.

Hal itu dijaga sangat ketat oleh Pemdes dan Kelompok Tani Hutan Munduk Sari Desa Ambengan. Sebab beberapa tahun lalu, karena terjadi kerusakan hutan di wilayah hulu Desa Ambengan, sempat mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

"Yang kami kelola hanya yang di zona risiko sangat kecil untuk terjadi longsor dan banjir bandang. Kalau yang risiko tinggi kami tidak buka dan tidak kelola karena hutan di Desa Ambengan ini hulunya Buleleng. Kami berkomitmen untuk tetap menjaga ketersediaan air bersih dan oksigen," jelas Perbekel Ambengan Nyoman Seri di sela-sela kegiatan penanaman pohon, Senin (28/11).

Sedangkan untuk lahan yang dimanfaatkan selama ini ditanami sejumlah pohon yang bernilai ekonomis. Mulai dari pohon durian, nangka, nagasari, majegau, alpukat. Pemanfaatan hutan desa disebutnya sudah membawa dampak bagi masyarakat sekitar. Terutama dalam pemanfaatan lahan dengan jenis tanaman pendamping seperti umbi-umbian ketela pohon, ketela rambat, talas kuning serta pisang.

Namun Seri menegaskan, pemanfaatan lahan dilakukan dengan tetap mempertahankan pohon-pohon yang sudah ada. Pohon dan tanaman baru hanya disemai sebagai tanaman sela. "Kami juga berkomitmen karena desa kami yang paling hulu, penghasil oksigen, dan penghasil air, kami ingin perkecil risiko dan skala bencana," tegas dia.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng I Gede Melandrat menegaskan penanaman pohon serangkaian Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dipilih di Desa Ambengan bukan tanpa alasan. Melandrat menjelaskan Desa Ambengan merupakan hulu Kota Singaraja, sehingga menjadi prioritas untuk dijaga kelestarian hutannya.

"Apapun yang terjadi berkaitan dengan lingkungan di Kota Singaraja, tidak lepas dari dampak yang diberikan oleh desa-desa di hulu termasuk Ambengan. Sehingga kami berharap Ambengan menjadi desa yang tertata dengan baik dan indah dengan keasriannya," ungkap Melandrat.

Dia pun berharap penanaman pohon rutin dilakukan. Selain itu yang perlu diperhatikan soal pemeliharaan dan pemantauan pohon setelah ditanam. Pengelola harus memastikan pohon yang ditanam dapat hidup dengan baik.*k23
Sumber: Nusabali

Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa

Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa

Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa

Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa

Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya