0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dear Investor, Ini Bisnis 5 Anak Usaha Pertamina yang Bakal IPO

okezone
okezone - Sat, 08 May 2021 10:11
Dilihat: 55
Dear Investor, Ini Bisnis 5 Anak Usaha Pertamina yang Bakal IPO

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menjadi penyumbang terbanyak anak usaha yang akan melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari 14 perusahaan pelat merah yang disiapkan IPO, terdapat lima anak usaha Pertamina di dalam daftar tersebut.

Adapun anak usaha Pertamina tersebut diantaranya PT Pertamina International Shipping (Persero), PT Pertamina Geothermal Energi (Persero), PT Pertamina Hulu Energi (Persero), PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Persero) dan PT Pertamina Hilir (Persero).

Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, investor akan menunggu penetapan initial price IPO yang dilakukan anak usaha Pertamina ini, karena hal tersebut akan menarik dan membuat calon emiten ini mengalami oversubscribe.

Sementara itu, investor juga akan memperhatikan ekspansi bisnis dan hilirisasi dalam hal migas dan energi yang dilakukan anak usaha Pertamina ini.

Baca Juga: 7 Fakta IPO BUMN, Investor Bisa Borong Saham

"Maka dari itu pencarian pendanaan melalui IPO menurut saya ini merupakan solusi karena ini juga bisa berpeluang untuk Pertamina dalam rangka meningkatkan kinerjanya di depan pelaku investor, tidak hanya dari negara saja tapi juga partisipasi publik bisa terlaksana melalui emiten-emiten tersebut setelah IPO," ujar Nafan.

Selain ekspansi bisnis, Nafan juga menekankan pentingnya kinerja fundamental calon emiten tersebut dimana pelaku pasar pastinya berharap nantinya bisa mendapatkan dividen dari kinerja perusahaan-perusahaan tersebut.

"Lalu GCG (good corporate governance) juga dapat diterapkan secara efektif karena dalam hal kesinambungan, maksudnya kita berharap aksi korporasi bisa transparan dan aksi korporasi dalam hal dividen kalau pendapatannya bagus itu akan mempengaruhi investasi pada emiten tersebut secara berkesinambungan," kata dia.

Baca Juga: Ini Profil BUMN Pertanian dan Pertambangan yang Bakal IPO

Berikut profil anak usaha Pertamina yang akan lakukan IPO:

1. Pertamina International Shipping

Pertamina International Shipping merupakan Subholding/Business Group Shipping Pertamina. Perusahaan ini dibentuk melalui spin off usaha charter out dengan tujuan untuk mendapatkan pendapatan riil yang nantinya secara konsolidasi akan memberikan keuntungan kepada PT Pertamina (Persero).

Pertamina International Shipping memiliki visi sebagai perusahaan pelayaran internasional yakni "Perusahaan pelayaran terkemuka di Asia, memperjuangkan pembangunan ekonomi Indonesia".

Adapun tujuan pembentukan perusahaan ini menjadikan perusahaan yang tumbuh dan berkembang maka dibentuklah rencana jangka panjang perusahaan sebagai roadmap atau arah manajemen dalam menjalankan bisnisnya.

2. Pertamina Geothermal Energi


Pertamina Geothermal Energi didirikan pada tahun 2006 dan. bergerak di bidang pemanfaatan energi panas bumi berdasarkan Akta Nomor 10 tanggal 12 Desember 2006 dan mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tertanggal 3 Januari 2007.

Sumber: okezone

Dear Investor, Ini Bisnis 5 Anak Usaha Pertamina yang Bakal IPO

Dear Investor, Ini Bisnis 5 Anak Usaha Pertamina yang Bakal IPO

Dear Investor, Ini Bisnis 5 Anak Usaha Pertamina yang Bakal IPO

Dear Investor, Ini Bisnis 5 Anak Usaha Pertamina yang Bakal IPO

Dear Investor, Ini Bisnis 5 Anak Usaha Pertamina yang Bakal IPO

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya