0
Thumbs Up
Thumbs Down

Daya Saing UMKM Diperkuat

Nusabali
Nusabali - Tue, 25 Feb 2020 14:02
Dilihat: 24
Daya Saing UMKM DiperkuatJOGJAKARTA,
"Harus ada perubahan cara pandang. Selama ini memang pelaku UMKM takut naik kelas karena khawatir dengan pajak. Kami akan terus melakukan pelatihan wirausaha agar mereka naik kelas," kata Teten Masduki, dalam sambutannya pada acara pembukaan kolaborasi untuk Koperasi Keren dan UMKM Naik Kelas, Senin (24/2).

Teten menyampaikan bahwa salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia. "Kata kunci SDM tangguh, unggul, berkualitas akan meningkatkan daya saing, dan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berperadaban tinggi dan menjadi negara maju dan ini sejalan dengan cita-cita kemerdekaan yaitu membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera adil dan makmur," katanya.

Lebih lanjut Teten menyatakan pihaknya akan menggelar lebih banyak pendidikan/pelatihan SDM KUMKM terutama untuk Kewirausahaan/Vocational khususnya bagi destinasi wisata super prioritas (Bali baru), seperti sekarang di Sleman dan sekitarnya sebagai penyanggah wisata Borobudur. "Masa kita kalah terus dengan negara-negara tetangga, dengan bonus demografi usia produktif kita harus jadi pemenang di ASEAN," kata Teten.

Pada Kesempatan yang sama Deputi Bidang SDM Arif Rahman Hakim dalam laporannya menyebutkan bahwa target jumlah wirausaha yang mendapatkan pelatihan pada 2020 sebanyak 57.700 orang, meningkatkan Rasio Kewirausahaan dari 3,47 persen menjadi 3,64 persen, dan Rasio Wirausaha berbasis peluang menjadi 10,30 persen yang akan dikerjakan bersama-sama dengan lintas kementerian/lembaga.

Teten juga menyampaikan Strategi Nasional (STRANAS) Pengembangan KUMKM dilaksanakan melalui 3 pilar yaitu, Peningkatan Kapasitas Usaha, Mendorong Lembaga Keuangan Ramah Bagi KUMKM, serta meningkatkan Koordinasi Lintas Sektor Untuk Mendukung Ekosistem KUMKM.

Dari 3 pilar ini akan dijabarkan melalui 6 Strategi yaitu, Perluasan Akses Pasar, Meningkatkan Daya Saing, Pengembangan Kewirausahaan, Akselerasi Pembiayaan dan Investasi, Kemudahan dan Kesempatan Berusaha, dan Koordinasi Lintas Sektor. *ant
Sumber: Nusabali

Daya Saing UMKM Diperkuat

Daya Saing UMKM Diperkuat

Daya Saing UMKM Diperkuat

Daya Saing UMKM Diperkuat

Daya Saing UMKM Diperkuat

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya