0
Thumbs Up
Thumbs Down

Curtis Means Bayi Terkecil Masuk Guinness World Records

Citra Indonesia
Citra Indonesia - Fri, 12 Nov 2021 15:49
Dilihat: 231
Curtis Means Bayi Terkecil Masuk Guinness World Records

JAKARTA, - "Percaya atau tidak tapi Bayi ini lahir prematur dan disebut yang terkecil di dunia. Bayi laki-laki di Amerika Serikat (AS) lahir dari rahum ibunya ketika usia kandungan 21 minggu lebih satu hari.

Berat badannya hanya setengah kilogram saja. Dia pun dinobatkan menjadi bayi paling prematur di dunia yang berhasil bertahan hidup sampai hari ini.

Dilansir dari laman bbc Jumat (12/11/2021), bayi bernama Curtis Means ini pun lahir ke dunia fana ini di Kota Birmingham, Alabama, tahun lalu dengan berat hanya 420 gram.

Kini, di usia 16 bulan Curtis mengalami perkembangan pesat. Guinness World pun memberikan rekor untuknya. Kehamilan normal biasanya berlangsung selama 40 minggu. Artinya, Curtis lahir 19 minggu lebih cepat.

  • Kwek Yu Xuan Bayi Terkecil di Dunia Seberat Apel
  • Mengerikan Laporan WHO : 200.000 Bayi Lahir Mati Gara-gara Covid-19
  • WHO : "1 dari 10 Orang Tertular Virus Corona"

Ibunya, Michelle Butler, dilarikan ke rumah sakit pada 4 Juli 2020 di tengah acara kembang api perayaan Hari Kemerdekaan AS yang menghiasi langit malam.

Curtis bersama ibunya Michelle Butler (kiri) dan dokter anak ahli neonatologi Dr Brian Sims (kanan). Dia melahirkan anak kembar, Curtis dan C'Asya, saat makan siang keesokan harinya.

C'Asya meninggal dunia sehari kemudian, sementara Curtis harus bertahan di ruang perawatan intensif dengan peluang hidup yang kurang dari satu persen.

Curtis akhirnya dilepas dari ventilator setelah tiga bulan dan dipulangkan pada April tahun ini setelah 275 hari dirawat di rumah sakit. Terapis harus membantunya belajar bernapas dan makan menggunakan mulut.

"Akhirnya saya bisa membawa pulang Curtis dan mengejutkan anak-anak saya yang lebih tua dengan membawa adik laki-laki mereka. Ini adalah momen yang akan selalu saya ingat," kata Butler.

Curtis, yang memiliki tiga kakak laki-laki, masih membutuhkan oksigen tambahan dan selang makanan, tetapi dokter mengatakan dia dalam keadaan sehat.

Dr Brian Sims, ahli neonatologi Universitas Alabama di Birmingham yang menangani persalinan, mengatakan kepada Guinness World Records: "Saya telah melakukan ini hampir 20 tahun, tetapi saya belum pernah melihat bayi semuda ini menjadi sekuat dia. Curtis memiliki sesuatu yang spesial."

Curtis memecahkan rekor Guinness Book sebagai bayi paling prematur di dunia yang berhasil bertahan hidup.

Rekor baru yang dipegang Curtis mencatatkan waktu 24 jam lebih cepat dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh bayi asal Wisconsin, Richard Hutchinson. Richard lahir saat usia kandungan ibunya 21 minggu lebih dua hari.


Sebelum Richard, rekor itu tak terpecahkan selama 34 tahun, setelah sebelumnya dipegang oleh bayi laki-laki di Ottawa, Kanada, yang lahir pada usia 21 minggu lebih lima hari. (bbc/oca)

Sumber: Citra Indonesia

Curtis Means Bayi Terkecil Masuk Guinness World Records

Curtis Means Bayi Terkecil Masuk Guinness World Records

Curtis Means Bayi Terkecil Masuk Guinness World Records

Curtis Means Bayi Terkecil Masuk Guinness World Records

Curtis Means Bayi Terkecil Masuk Guinness World Records

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya