0
Thumbs Up
Thumbs Down

Catat! Penumpang Pesawat Tujuan Jabodetabek Wajib Punya SIKM

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 27 May 2020 09:32
Dilihat: 32
Jakarta

Setiap penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan melanjutkan perjalanan ke wilayah aglomerasi Jabodetabek harus memiliki Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) yang dapat diajukan secara online di situs corona.jakarta.go.id.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 47/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar Dan/Atau Masuk Provinsi DKI Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Sejalan dengan itu, Bandara Soekarno-Hatta mulai Selasa (26/5/2020) mengaktifkan posko pemeriksaan (checkpoint) guna memenuhi ketentuan di dalam Pergub DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga: Ingat! Tak Punya SIKM ke Jakarta Akan Dapat Konsekuensi Begini

President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan bahwa sesuai pembahasan di dalam Komite Fasilitas (FAL) Soekarno-Hatta pada 25 Mei 2020 telah ditetapkan tiga checkpoint sebagai prosedur pemeriksaan kedatangan penumpang rute domestik seiring dengan berlakunya Pergub DKI Jakarta No. 47/2020.

Tiga checkpoint tersebut yakni pertama pengamatan tanda gejala fisik, pengukuran suhu tubuh, dan pemeriksaan dokumen Health Alert Card (HAC) oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).

Checkpoint kedua oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta melakukan klasifikasi penumpang dengan tujuan akhir Jabodetabek atau bukan Jabodetabek. Serta, checkpoint ketiga pengecekan SIKM oleh personel gabungan yang terdiri dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta dan Pemprov DKI Jakarta yakni Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.

Awaluddin mengatakan, pada checkpoint ketiga jika ada penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan ingin menuju ke wilayah Jabodetebak, tetapi tidak dapat menunjukkan SIKM, penanganan penumpang yang bersangkutan akan diserahkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta ke Pemprov DKI untuk kemudian dilakukan karantina selama 14 hari di GOR Cengkareng.

"Pengajuan SIKM dapat dilakukan secara online saat calon penumpang pesawat berada di kota asal keberangkatan. Kami informasikan di Bandara Soekarno-Hatta tidak terdapat meja atau pos pengajuan SIKM," pungkasnya.

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Bramantyo Suryo Putro

Sumber: wartaekonomi

Catat! Penumpang Pesawat Tujuan Jabodetabek Wajib Punya SIKM

Catat! Penumpang Pesawat Tujuan Jabodetabek Wajib Punya SIKM

Catat! Penumpang Pesawat Tujuan Jabodetabek Wajib Punya SIKM

Catat! Penumpang Pesawat Tujuan Jabodetabek Wajib Punya SIKM

Catat! Penumpang Pesawat Tujuan Jabodetabek Wajib Punya SIKM

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya