0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 28 Sep 2020 19:52
Dilihat: 43
Jakarta

Jumlah pengguna internet secara global yang terus bertambah dari tahun ke tahun mengakibatkan perubahan sifat pelanggan yang lebih menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan membeli secara online sehingga banyak perusahaan mulai beralih ke metode pemasaran digital.

Bagi bisnis online, situs web merupakan inti dari semua aktivitas pemasaran digital. Tapi, bagaimana bisa tahu apakah situs web Anda dapat menarik orang yang tepat? Bagaimana Anda tahu jika media sosial dan kampanye Pay-Per-Click (PPC) bisa mengarahkan trafick yang cukup ke situs web? Google Analytics dapat menjawab semua pertanyaan tadi.

Setiap pemasar yang ingin memperkuat strategi pemasaran perlu mengetahui cara terbaik dalam memanfaatkan semua data yang tersedia di dalam Google Analytics. Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan melalui platform ini. Tanpa menganalisis trafik situs web, Anda akan sulit untuk menilai keefektian strategi pemasaran yang telah dijalankan sehingga dapat mengetahui kapan saatnya mengubah strategi jika diperlukan.

Baca Juga: Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

Jika dimanfaatkan dengan benar, Google Analytics dapat memberikan informasi berharga tentang siapa saja yang telah mengunjungi situs web Anda, bagaimana mereka bisa berada di sana, dan halaman mana yang paling sering mereka kunjungi. Google Analytics memiliki peranan yang besar bagi digital marketing. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut seputar Google Analytics.

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics merupakan sebuah alat bantu pemasaran yang dapat mengumpulkan, mengukur, serta menganalisis semua data yang berkaitan dengan informasi pemasaran di situs web secara kualitatif dan kuantitatif. Google Analytics adalah bagian dari Google Marketing Platform (GMP), yaitu sistem terpadu untuk semua kebutuhan periklanan, pengumpulan data, dan pelaporan hasil.

Google Analytics menyediakan alat analisis untuk pengoptimalan mesin pencari (SEO) yang berdampak langsung pada pemasaran digital. Layanan ini dapat diakses secara gratis dan tersedia bagi siapa saja yang memiliki akun Google. Fitur yang terdapat di Google Analytics meliputi:

Alat visualisasi data termasuk dashboard, kartu skor, dan grafik yang menampilkan perubahan data dari waktu ke waktu.

Analisis untuk konversi.

Custom report.

Komunikasi berbasis email.

Integrasi dengan produk Google lainnya, seperti AdWords, Public Data Explorer, dan Website Optimizer.

Misalnya, Anda memiliki toko e-commerce dan ingin mengetahui berapa banyak pengguna yang telah mengunjungi situs. Dengan bantuan Google Analytics, Anda dapat melihat berapa jumlah pengunjung situs, dari mana mereka berasal, perangkat mana yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.

Google Analytics terintegrasi dengan layanan Google lainnya, dan jika Anda menggunakan layanan berbasis Google lainnya untuk pemasaran, Google Analytics akan sangat penting untuk melacak kinerjanya. Hanya dengan sebuah data web inilah Anda dapat meningkatkan return of investment pada situs bisnis.

Dalam setiap strategi pemasaran digital, data memainkan peranan yang penting. Sehingga, memiliki alat bantu yang tepat pada saat melakukan sebuah upaya pemasaran dapat membuat Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Google Analytics adalah alat bantu yang ampuh untuk bisnis online apa pun. Melalui penggunaan Google Analytics, Anda dapat menemukan banyak sekali data tentang situs web Anda yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis.

Manfaat Menggunakan Google Analytics

Google Analytics lebih ditujukan untuk situs web ritel kecil dan menengah. Layanan ini memiliki batasan yang membuatnya kurang cocok untuk situs web yang lebih kompleks dan perusahaan besar.

Misalnya, sistem mengumpulkan data melalui tag halaman JavaScript yang dimasukkan ke dalam kode halaman tempat pengguna ingin mengumpulkan data. Tag halaman berfungsi sebagai bug web untuk mengumpulkan informasi pengunjung.

Namun, karena bergantung pada cookie, sistem tidak dapat mengumpulkan data untuk pengguna yang telah menonaktifkannya. Google juga menggunakan pengambilan sampel dalam laporannya daripada menganalisis semua data yang tersedia.

Google Analytics memiliki sejumlah manfaat bagi pemasar online. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Gratis

Salah satu keuntungan signifikan menggunakan Google Analytics adalah dapat diakses secara gratis oleh semua jenis bisnis. Anda hanya perlu mendaftar dan menambahkan informasi mengenai bisnis Anda sebelum dapat mengekstrak data dari situs web dan menganalisis hasilnya. Ada versi berbayar, bernama Analytics 360, yang ditujukan untuk bisnis yang membutuhkan lebih banyak fitur, integrasi, data yang tidak terbatas, dan analisis lanjutan.

2. Otomatis dalam Mengumpulkan Data

Google Analytics secara otomatis mengumpulkan data. Saat Anda menyiapkan akun Google Analytics, Anda perlu menyalin sepotong kode sederhana dari situs web. Setelah melakukan verifikasi akun, Anda bisa langsung melihat trafik yang masuk ke situs web, karakteristik pengunjung, konversi, dan banyak lagi. Semuanya akan berjalan secara otomatis, dan tidak perlu melakukan tindakan lain karena Google Analytics melakukan semua pekerjaan untuk Anda.

3. Dapat Melihat darimana Pengunjung Situs Berasal

Google Analytics dapat membuat perbedaan berdasarkan darimana pengunjung Anda berasal. Jika Anda ingin menerapkan strategi SEO di lokasi tertentu, Anda perlu mencari tahu asal daerah pengakses situs. Cari tahu semua statistik mengenai berapa lama pengunjung mengakses situs, dan berapa banyak halaman yang dilihat oleh pengunjung ketika mereka memasuki situs web.

4. Mengenali Konten Terbaik

Ingin tahu apa saja konten terbaik yang ada di situs Anda? Apa yang selalu dicari pengunjung situs? Google Analytics dapat memberikan informasi tersebut. Anda dapat mengidentifikasi konten yang membuat pengunjung betah untuk terus mengakses halaman web. Mencari tahu apa yang disukai orang adalah indikator yang baik untuk menghasilkan lebih banyak konten serupa.

Jika Anda menyediakan konten yang disukai pelanggan, maka itu akan terus membuat mereka tetap loyal pada brand Anda. Selain itu, Anda dapat melihat konten dengan performa terburuk sehingga Anda bisa memahami apa yang tidak disukai oleh pengunjung situs.

Selalu lakukan analisis data untuk bisa membuat keputusan yang lebih baik. Google Analytics adalah tempat yang tepat untuk mulai mengumpulkan semua informasi sehingga dapat memutuskan langkah terbaik untuk membangun sebuah situs web apa pun itu, Google Analytics dapat membantu Anda melihat performa bisnis dengan jelas.

Langkah-Langkah Menggunakan Google Analytics

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari Google Analytics, sebaiknya Anda segera menggunakan tool tersebut. Sebelum mulai menggunakan Google Analytics, ada baiknya untuk mengetahui cara kerja Google Analytics terlebih dahulu.

Google Analytics mengumpulkan data dari situs yang menyertakan kode pelacakan JavaScript tertentu. Hal ini akan melacak bagaimana pengunjung bisa mengakses ke situs web Anda dan apa yang mereka lakukan ketika berada di sana. Melalui cookie, Google Analytics menerima informasi ini dan mengubahnya menjadi format yang dapat dibaca seperti grafik. Interaksi pengunjung situs terbagi dalam empat kategori, yaitu:

- Page hits: Saat halaman tersemat kode pelacakan Anda dimuat.

- Event hits: Saat pengguna melakukan interaksi di halaman Anda, seperti mengklik tombol.

- E-commerce hits: Saat pengguna membeli produk.

- Social interaction hits: Saat pengguna berinteraksi dengan widget media sosial situs Anda.

Anda bisa melihat pengukuran penting tentang pengguna dan kinerja karena data ini dikirim ke Google Analytics. Google Analytics bahkan memiliki fitur Real-Time yang memungkinkan Anda untuk melihat angka berfluktuasi dengan interaksi saat ini.

Sekarang setelah Anda memiliki sedikit latar belakang tentang pelacakan sistem, cara menggunakan Google Analytics bisa menjadi lebih mudah.

1. Buat akun dan tambahkan properti

Jika Anda belum membuat akun Google Analytics, buka halaman login dan masukkan informasi yang dibutuhkan. Sebelumnya, Google Analytics memberikan sebutan 'properti' untuk sebuah situs yang Anda miliki. Anda harus menambahkan properti Google Analytics setelah masuk.

Di bawah bagian Admin, klik 'Buat Properti' untuk memasukkan URL Anda. Google Analytics juga bisa diakses melalui aplikasi seluler. Secara teknis, sumber daya online apa pun dengan kode pelacakan terlampir dihitung sebagai properti.

2. Letakkan kode pelacakan di situs Anda

Langkah selanjutnya adalah menempatkan kode pelacakan di situs web Anda. Kode pelacakan bertindak sebagai ketapel, dengan mengirimkan setiap interaksi yang signifikan kembali ke akun Google Analytics Anda. Setelah menambahkan properti, Google Analytics akan membuat ID untuk Anda. ID tersebut dapat mengidentifikasi akun Google Analytics mana yang dimiliki situs Anda, bersamaan dengan global site tag.

Untuk melihat global site tag, buka bagian Admin, kemudian di bawah Property> Tracking Info>Tracking Code. Anda bisa meng-highlight global tag site tersebut dan paste ke bentuk HTML, mengikuti bentuk tag awal . Jika ingin melacak semua halaman yang ada di situs, Anda harus mengulanginya setiap halaman untuk bisa melihat trafik dan ROI di setiap bagian.

Setelah memasukkan kode, Anda dapat melihat grafik telah bergeser dan mengubah data menjadi progres saat menarik pengunjung situs dan mempromosikan konten tersebut.

3. Pilih tujuan pemasaran

Google Analytics memungkinkan Anda untuk bisa menetapkan tolak ukur khusus untuk kinerja situs yang disesuaikan dengan tujuan pemasaran. Di bagian Admin> View> Goals, Anda dapat membuat tujuan yang berbeda.

Jika Anda memiliki toko e-commerce, sasaran utamanya adalah dapat menjual produk. Seorang pengecer akan mencapai tujuannya saat seseorang membeli sepasang sepatu di situsnya. Tujuan pemasaran sangat bervariasi, serta bergantung pada jenis dan karakteristik bisnis Anda.

Tujuan pemasaran dapat dikategorikan menjadi empat jenis antara lain:

- Destination goals: Mengungjungi suatu URL tertentu.

- Duration goals: Waktu yang dihabiskan di suatu halaman situs web.

- Page goals: Jumlah halaman yang telah dikunjungi pengunjung situs.

- Event goals: Menyelesaikan video, mengklik 'bagikan', atau aktivitas serupa.

4. Menavigasi laporan Google Analytics

Laporan Google Analytics memungkinkan Anda untuk dapaat mempelajari banyak topik secara mendalam. Laporan Google Analytics mencakup Audience, Acquisition, Behaviour, dan Conversion. Dalam beberapa kasus, laporan tersebut akan menggunakan pengambilan sampel data.

a) Audience

Laporan pengunjung memberikan detail penting tentang pengunjung situs Anda. Anda dapat mengenal minat, lokasi, penggunaan perangkat, dan spesifikasi demografis lainnya untuk memasarkan layanan atau produk Anda dengan lebih baik.

Hal ini juga dapat memberikan bounce ratio, yaitu persentase orang yang keluar dari halaman situs setelah mereka tiba tanpa mengunjungi halaman lain. Ini berguna untuk meningkatkan peringkat situs Anda di hasil pencarian.

b) Acquisition

Akuisisi memberi tahu Anda dari mana orang-orang menemukan situs Anda (bagaimana Anda bisa 'memeroleh' mereka), bagaimana mereka melakukan interaksi, serta apakah mereka mendatangkan pendapatan.

c) Behaviour

Laporan mengenai perilaku pengunjung menunjukkan data yang terkait dengan tindakan pengunjung situs. Hal ini juga memiliki fitur menarik yang disebut site search atau penelusuran situs.

Penelusuran situs memungkinkan Anda untuk dapat melihat sebuah sesi yang menelusuri sesuatu di situs web. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengamati apa yang diharapkan dan tidak dapat ditemukan orang saat mengunjungi situs Anda. Namun, Anda harus mengaktifkan fitur ini jika ingin mengumpulkan data semacam ini.

d) Conversion

Laporan ini menunjukkan kepada Anda berapa banyak gol yang telah dicapai serta saluran apa saja yang berkontribusi pada penjualan dan konversi. Anda juga dapat melakukan konfigurasi laporan untuk digunakan di Google Analytics dengan metrik dan dimensi sesuai yang Anda inginkan. Di bagian Customization> Custom Reports, Anda dapat memilih fitur yang sesuai. Laporan ini kemudian digunakan untuk mengumpulkan data yang relevan di satu tempat sehingga Anda dapat mengakses dan membagikannya dengan mudah.

5. Siapkan dasbor

Manfaat utama mempelajari Google Analytics adalah melihat kondisi situs Anda. Anda dapat melihat informasi penting dari dasbor. Anda dapat melakukan kustomisasi dasbor untuk properti Google Analytics sehingga bisa mengumpulkan widget yang diinginkan dalam grup yang telah ditentukan sebelumnya.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash/Campaign Creators

Sumber: wartaekonomi

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya