0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat, Dijamin Tokcer!

genpi
genpi - Wed, 29 Jun 2022 04:45
Dilihat: 40

GenPI.co Kepri - Hidung tersumbat merupakan salah satu kondisi yang tidak menyenangkan. Maka secepat mungkin orang pasti akan mencari cara termudah untuk mengatasinya.

Hidung tersumbat menyebabkan terjadinya iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa membuka-menutup.

Ketika hidung mengalami iritasi, sistem saraf akan terangsang, sehingga katup pembuluh darah terbuka. Akibatnya, darah yang mengalir ke dalam hidung pun lebih banyak. Kondisi inilah yang menyebabkan pembengkakan di saluran hidung dan membuat Anda sulit untuk bernapas.

Beberapa kondisi kesehatan yang menjadi penyebab hidung tersumbat antara lain, flu, batuk pilek, alergi, sinusitis serta rhitis non alergi.

Bagi yang hidungnya sedang mampet, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya yang bisa Anda coba di rumah.

1. Matikan AC dan kipas angin

Udara hangat dan lembap adalah cara tercepat untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Mematikan AC dan kipas angin bisa membantu Anda.

Bernapas di udara yang lembap bisa meredakan radang dan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung. Udara lembap juga bisa membantu mengencerkan lendir dalam sinus.

2. Menghirup uap hangat

Untuk mendapatkan udara yang lembap, Anda bisa melakukan sauna wajah, alias menghirup uap hangat.

Caranya, isilah wadah atau baskom berisi air panas. Condongkan tubuh Anda ke atas permukaan air dan tutupi dengan handuk untuk memerangkap uap.

Untuk meringankan gejala, Anda bisa melarutkan 2 sendok teh balsam yang mengandung camphor, eucalyptus oil, dan menthol ke dalam air panas. Kemudian, hiruplah uap hangat selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda bisa bernapas dengan lega.

3. Minum air hangat

Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Untuk variasi, Anda bisa minum teh jahe, mint, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung agen antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

4. Mandi air hangat atau panas

Cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah mandi air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di rongga hidung Anda.

Selain itu, uap air hangat juga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan di dalam hidung.

5. Minum obat

Anda dapat minum obat-obatan yang dijual bebas di apotek. Obat pilek yang umumnya dapat membantu meringankan gejala hidung tersumbat adalah obat dekongestan.

Tidak hanya itu, ada pula obat batuk dengan kandungan bahan aktif Dextromethorphan HBr dan Doxylamine Succinate untuk memberi rasa hangat di tenggorokan serta membantu meringankan empat gejala batuk dan pilek.

Lain lagi jika gejala hidung mampet yang Anda alami dipicu oleh alergi. Obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah obat antihistamin. Obat ini dapat membantu mengurangi pembengkakan di saluran hidung, sehingga hidung tersumbat dapat teratasi.

6. Semprotan saline atau dekongestan topikal (oxymetazoline)

Semprotan saline bisa memberikan kelembapan ekstra yang dibutuhkan oleh hidung mampet. Larutan saline akan mengencerkan lendir dan mengatasi hidung tersumbat. Untuk lebih cepat memberikan efek lega pada hidung tersumbat, kurang dari 10 menit, gunakan dekongestan topikal/oxymetazoline.

Semprotan saline atau dekongestan topikal dijual bebas di apotek. Sebelum menggunakan semprotan saline atau dekongestan topikal, diskusikan terlebih dulu dengan dokter Anda. Efek sampingnya bisa saja muncul atau bisa memperparah gejala hidung mampet jika digunakan lebih dari tujuh hari. (Hellosehat)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Sumber: genpi

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat, Dijamin Tokcer!

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat, Dijamin Tokcer!

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat, Dijamin Tokcer!

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat, Dijamin Tokcer!

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat, Dijamin Tokcer!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya