0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

okezone
okezone - Wed, 21 Oct 2020 14:27
Dilihat: 46
Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

Banyaknya masyarakat yang terjangkit Covid-19 tentu menimbulkan kecemasan bagi masyarakat sekitar. Selain itu, pandemi ini juga berdampak ke seluruh sektor kehidupan sehingga beban hidup semakin bertambah.

Psikolog Klinis dari Encinitas California, Kelly Vincent mengatakan, pandemi dapat memicu ketakutan, kecemasan, serta perilaku yang tidak menentu.

"Ketika rasa takut mengambil kendali, baik sistem saraf dan bagian emosional otak kita bekerja berlebihan. Respons ini dapat menyebabkan impulsif, panik, dan perasaan tidak terkendali secara emosional," jelasnya.

Untuk itu, penting bagi Anda menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini. Kelly dan beberapa ahli lainnya memberikan beberapa tips terkait hal berikut seperti dilansir Forbes pada Rabu (21/10/2020).

1. Kurangi asupan berita dan media sosial

Otak Anda dibangun untuk memecahkan masalah. Dan ketika Anda sudah merasa takut, secara alami mencari rangsangan di lingkungan eksternal Anda untuk memperkuat perasaan takut. Otak kemudian menghapus, mengubah, dan menggeneralisasi semua informasi yang masuk yang tidak sesuai dengan Anda.

Untuk mencegah rasa takut dan panik, Dr. Kreft merekomendasikan untuk membatasi konsumsi berita Anda menjadi sekitar lima hingga sepuluh menit per hari dan menetapkan batas waktu yang sama untuk memeriksa akun media sosial Anda.

"Selain itu, jika seseorang yang Anda ikuti membagikan postingan yang sering kali tidak akurat atau mengganggu, coba nonaktifkan postingannya untuk berhenti melihat pembaruannya," tuturnya.

2. Dapatkan informasi hanya dari sumber yang dapat dipercaya

Dapatkan informasi dari sumber berita dan pembaruan terkait Covid-19 yang sah dan andal, termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta situs resmi Kementerian Kesehatan.

"Sangat membantu untuk mengadopsi pendekatan yang lebih analitis saat Anda mengikuti laporan berita tentang virus corona. Anda juga akan ingin memverifikasi informasi yang Anda terima dari keluarga, teman, atau media sosial," kata American Psychological Association (APA).

Selain itu, "konsumsi hanya apa yang perlu Anda ketahui, apa yang paling relevan bagi Anda dan terutama apa yang terjadi atau diantisipasi dalam komunitas Anda sendiri," saran National Alliance on Mental Illness (NAMI).

Baca juga: 5 Gaya Nagita Slavina di Labuan Bajo, Cantik Pakai Topi Maria Mercedes!

3. Prioritaskan makan nutrisi

"Stres dapat meningkatkan keinginan akan makanan enak yang tinggi gula dan lemak jenuh," kata Dr. Winsberg.


Ia mengatakan, jenis makanan ini sering kali menyebabkan efek tinggi dan selanjutnya dapat meningkatkan stres, mudah tersinggung, dan kecemasan. Untuk itu, saat memilih camilan dan makanan, pilihlah yang tinggi protein dan potasium karena terbukti membantu menenangkan suasana hati.

Sumber: okezone

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya