0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

Republika Online
Republika Online - Wed, 07 Dec 2022 15:23
Dilihat: 109
Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

JAKARTA -- Hampir semua orang menggunakan layanan Google baik untuk email maupun untuk fungsi-fungsi lain. Jika Anda menggunakan alat produktivitas Google, Anda mungkin mengalami Penyimpanan Penuh Google Drive.

Google Drive menawarkan penyimpanan cloud yang cukup besar dengan akses dari lokasi mana pun melalui beberapa perangkat. Namun, Google Drive bisa menjadi penuh saat Anda terus menggunakannya sebagai tempat penyimpanan untuk banyak file dan folder.

Biasanya, Anda akan mendapatkan penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB yang cukup layak dari Google Drive. Perlu diingat penyimpanan gratis ini akan cepat penuh terutama jika Anda memiliki kebiasaan membiarkan konten lama atau yang tidak diinginkan tetap berada di sana.

Dilansir dari Tech Radar, Rabu (7/12/2022) untuk mencegah Penyimpanan Google Drive Penuh, berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan:

Periksa Kuota Anda

Anda mendapatkan 15GB penyimpanan cloud gratis melalui Google Drive. Google Drive adalah wadah penyimpanan utama untuk konten dengan drive itu sendiri, tetapi juga Gmail dan Google Foto. Cek apa yang disimpan di Google Drive di https://one.google.com/storage.

Lakukan Pembersihan

Setelah Anda tahu apa saja yang tersimpan di Google Drive, Anda akan memiliki ide apa saja yang mungkin perlu dihapus. Coba telusuri Gmail untuk mengidentifikasi email tebal, katakanlah 10MB atau lebih, dan hapus jika tidak diperlukan lagi.

Kompres Foto Anda

Kita tentu sering mendapat kiriman foto yang semuanya memakan tempat di Google Drive. Beberapa ponsel juga menyimpan gambar beresolusi tinggi, yang memperbesar ukuran file.

Anda dapat mengatasi ini dengan menggunakan Google Photos untuk mengompressi gambar apa pun yang tidak perlu Anda pertahankan dalam resolusi aslinya. Ini dapat memberi Anda keuntungan besar dalam penyimpanan, selama Anda tidak keberatan mengobarkan kualitas.

Kosongkan Trash

Meskipun Anda mungkin berpikir Anda telah berhasil menyingkirkan file yang tidak diinginkan, Anda mungkin masih bisa mencari file itu di kotak sampah Google Drive. Jika tidak menginginkan file tersebut, tekan ikon Hapus Selamanya.

Jika Anda tidak yakin untuk menghapus beberapa file, salah satu opsinya adalah mendaftar ke layanan penyimpanan cloud lain. Banyak di antaranya juga gratis atau membebankan biaya nominal jika Anda tidak memiliki data dalam jumlah besar untuk dikelola.


Berita Terkait
  • Manfaat Penggunaan Google Cloud Bagi Bisnis
  • Resmi Jadi CEO, Elon Musk Minta Twitter Berhemat Satu Miliar Dolar AS
  • Tingkatkan Layanan, BTN Gandeng Google Cloud
Berita Lainnya
  • Kesaksian Warga: Asap Pekat Timbul di Polsek Astanaanyar Saat Bom Meledak
  • LPS Minta Masyarakat Hati-Hati Simpan Dolar AS di Singapura dan Thailand

Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya