0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Antvklik
Antvklik - Wed, 16 Sep 2020 12:30
Dilihat: 39
Cara Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19, peran UMKM dalam menggerakkan roda perekonomian negeri ini sangatlah besar. Namun bagaimana cara memaksimalkan peran UMKM?

antvklik.com - Krisis pandemi Covid-19 yang kita hadapi bersama saat ini, menimbulkan dampak yang besar tak hanya dari segi kesehatan namun juga dampak ekonomi.

Penyebaran virus Covid-19 yang begitu cepat dan mudah bermutasi, membuat berbagai aktifitas terhambat termasuk aktivitas ekonomi.

Agar roda perekonomian dapat terus berjalan, salah satu yang dapat dilakukan yaitu mendorong produk-produk lokal yang diproduksi oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurut Badan Perencanaan Pembangan Nasional (Bappenas), UMKM memiliki kontribusi yang besar diantaranya memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja.

Selain itu juga membentuk Produk Domestik Bruto (PDB), serta penyediaan jaring pengaman khususnya bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

Sedangkan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia merilis berbagai peran UMKM lainnya untuk perekonomian negara. Apa saja?

UMKM menyerap 89,2 persen dari total tenaga kerja karena berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, UMKM menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja yang ada.

UMKM Indonesia juga menyumbang sebesar 60,34 persen dari total PDB Nasional dan 14,17 persen dari total ekspor. Tak hanya itu, UMKM menyumbang 58,18 persen dari total investasi.

Dengan dukungan yang diberikan kepada para pelaku UMKM, maka bukan tidak mungkin UMKM di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang lebih besar untuk mendukung stabilitas perekonomian negara.

Namun, bagaimana memaksimalkan peran UMKM saat negeri ini hadapi pandemi?

Pertanyaan tersebut akan dijawab bersama dalam sesi Webinar "Meramu Ide" dengan tema Peran UMKM Terhadap Penguatan Ekonomi Bangsa Hadapi Pandemi yang diselenggarakan oleh Bakrie Center Foundation (BCF) berkolaborasi dengan Bakrie Amanah.

Webinar kali ini menghadirkan CEO Bepahkupi Maulana Wiga dan Founder Rumah UMKM Belimbing serta Kampung Teknologi Foundation, Harjianto yang juga merupakan fellow LEAD Indonesia 2018.

Webinar ini juga akan dihadiri oleh Menteri Koperasi & UKM Republik Indonesia, Drs. Teten Masduki*. Acara ini akan dipandu oleh Duta Ayam & Telur

RI 2018-2021 & CEO Saung Ayam, Andi Ricki Rosali.

Catat tanggalnya, ya! Kamis, 17 September 2020 pukul 15.00 - 17.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui live streaming Youtube Bakrie Amanah.

Yuk, segera lakukan pendaftaran GRATIS di bit.ly/peranumkmsaatpandemi. Dalam penyelenggaraan sesi webinar kali ini, BCF juga turut berkolaborasi dengan Saung Ayam, Rumah UMKM Belimbing, Kampung Teknologi

Foundation, Bepah Kupi, ANTV Klik, serta TVOne News & Sport.


Daftarkan diri Anda segera untuk mendapatkan link zoom webinar.

Sumber: Antvklik

Cara Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Cara Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Cara Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Cara Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Cara Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya