0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Isolasi ketika Seseorang Tertular COVID-19 di Rumah

inipasti
inipasti - Thu, 26 Mar 2020 09:23
Dilihat: 177
Cara Isolasi ketika Seseorang Tertular COVID-19 di Rumah

INIPASTI.COM, TORONTO - Karena jumlah kasus COVID-19 terus meningkat di seluruh negeri, pemerintah Kanada menasihati orang-orang tentang cara mengisolasi diri di rumah jika mereka atau orang yang dicintai terkena virus. Laporan Jackie Dunham ini, jurnalis ctvnews.ca, dihadirkan ke hadapan pembaca dengan harapan terdapat tips dengan manfaat yang bisa dipetik dan diterapkan dalam dinamika sehari-hari kita di tengah merebaknya covid19.

Untuk mereka yang mengalami gejala serius atau memburuk, seperti kesulitan bernapas, atau mereka yang dianggap berisiko untuk hasil yang parah, seperti orang tua atau mereka yang memiliki kondisi medis yang mendasari, pemerintah federal merekomendasikan mereka memanggil penyedia layanan kesehatan mereka karena mereka mungkin memerlukan perawatan darurat atau rawat inap.

Untuk orang yang menunjukkan gejala penyakit, tetapi tidak dalam bahaya langsung dan tidak jatuh ke dalam salah satu kategori berisiko tinggi, mereka mungkin akan disarankan untuk mengisolasi diri di rumah dan memantau gejalanya dengan cermat.

Untuk mencegah penyebaran lebih lanjut di dalam rumah tangga atau masyarakat, Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) memiliki sejumlah tips tentang bagaimana orang dapat dengan aman mengisolasi jika seseorang dalam rumah tangga tersebut terjangkit virus.

Buat Perencanaan

Meskipun tidak ada yang berencana untuk sakit, namun semakin besar peluangnya terjadi akan semakin banyak orang akan jatuh sakit, dan ini perlu dipersiapkan.

Menurut PHAC , orang harus menyiapkan daftar informasi kontak untuk keluarga atau teman yang dapat mereka hubungi jika terjadi keadaan darurat atau jika mereka membutuhkan bantuan.

Bagi mereka yang hidup sendiri, disarankan mereka meminta seseorang untuk secara teratur memeriksanya (melalui telepon atau secara virtual) selama perjalanan penyakit mereka.

Pemerintah federal juga menyarankan menunjuk seseorang untuk mengantarkan barang belanjaan dan persediaan lain jika seseorang dalam kontrak rumah tangga COVID-19.

Dalam hal persediaan, PHAC meminta orang-orang membeli barang-barang kebutuhan pokok, tetapi hindari "pembelian panik." Ini berarti bahwa orang harus secara bertahap membangun persediaan makanan yang mudah disiapkan di rumah tangga mereka, seperti pasta dan saus kering, sup kalengan, dan sayuran kaleng dan kacang-kacangan.

Barang-barang lain yang tersedia adalah makanan hewan peliharaan, kertas toilet, tisu wajah, produk kesehatan wanita, dan popok dan kebutuhan bayi lainnya.

Pemerintah juga merekomendasikan pembelian perlengkapan kebersihan, seperti sabun, handuk kertas, pembersih tangan berbasis alkohol, produk pembersih rumah tangga, deterjen, pemutih, dan kantong sampah plastik.

Jika orang memiliki resep, mereka harus mengisinya terlebih dahulu sehingga mereka tidak harus pergi ke apotek yang sibuk ketika mereka sakit. Mereka juga harus memastikan mereka memiliki obat penurun demam seperti acetaminophen atau ibuprofen.

Sangat penting untuk mempersiapkan terlebih dahulu agar mereka tidak harus meninggalkan rumah mereka saat mereka menular, kata badan kesehatan itu.

Untuk orang tua, PHAC mengatakan mereka harus memiliki rencana jika seseorang atau kedua orang tuanya sakit. Untuk orang tua tunggal, mereka harus memiliki seorang pengasuh cadangan yang didaftar sebelumnya, untuk membantu mereka jika mereka jatuh sakit.

Jika ada banyak orang dalam satu rumah tangga, dinas kesehatan mengatakan mereka harus menentukan siapa yang akan menyediakan perawatan untuk siapa jika satu atau lebih tertular virus.

Pisahkan dari yang lain

Ketika seseorang dalam rumah tangga mulai menunjukkan gejala COVID-19, PHAC mengatakan bahwa mereka harus segera dipisahkan dari orang lain. Jelas, ini akan lebih mudah bagi mereka yang hidup sendiri.

Namun, jika mereka tinggal bersama keluarga atau teman sekamar, badan kesehatan mengatakan mereka harus menjaga kamar dan kamar mandi mereka sendiri, jika memungkinkan. Jika mereka harus berada di dekat orang lain, mereka harus tinggal setidaknya dua meter dari mereka, menjaga interaksi singkat, dan memakai masker wajah.

Jika ada orang lanjut usia atau seseorang dengan kondisi medis mendasar yang tinggal di rumah, individu yang sakit harus berhati-hati untuk tinggal sejauh mungkin dari mereka.

Jika tidak mungkin bagi orang dengan COVID-19 untuk memiliki ruang mereka sendiri di rumah, lembaga kesehatan menyarankan mereka harus menggunakan area umum seperti dapur setelah semua orang lain, dan membersihkan semua permukaan sentuhan tinggi secara menyeluruh setelah setiap penggunaan.

Mereka juga harus menghindari menyentuh hewan peliharaan di rumah yang mungkin bersentuhan dengan orang lain selama periode isolasi mereka.

Kebersihan dan bersih

Orang yang terinfeksi dan semua orang yang tinggal bersama mereka harus ekstra waspada tentang mencuci tangan secara teratur setidaknya selama 20 detik setiap kali dan mengeringkannya dengan handuk kertas sekali pakai atau handuk kering yang dapat digunakan kembali, yang harus diganti ketika basah.

Mereka juga dapat menggunakan lap basah dan pembersih tangan berbasis alkohol untuk membersihkan tangan mereka, menurut PHAC.

Selama masa isolasi, orang juga harus rajin tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka. Jika mereka batuk atau bersin, mereka harus melakukannya di tikungan lengan atau di jaringan, saran badan kesehatan.

Orang dengan COVID-19 juga harus mengenakan masker, jika mungkin, ketika mereka ada di sekitar orang lain di rumah.

Sejauh pembersihan, pemerintah federal mengatakan orang harus, setiap hari, membersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti toilet, meja samping tempat tidur, gagang pintu, telepon dan remote televisi.

Untuk membersihkan permukaan ini, PHAC mengatakan orang harus menggunakan desinfektan rumah tangga biasa atau pemutih encer, yang terdiri dari satu bagian pemutih dan sembilan bagian air.

Orang yang sakit juga tidak boleh berbagi barang-barang pribadi, seperti sikat gigi, handuk, sprei, peralatan, dan perangkat elektronik, dengan siapa pun di rumah.

Jika seseorang membawa makanan atau barang lain ke orang yang terisolasi dengan COVID-19, mereka harus mengenakan sarung tangan dan masker wajah dan segera mencuci tangan mereka sesudahnya. Jika mereka mengambil piring atau barang lain dari orang yang sakit, mereka perlu mencuci piring atau segera memasukkannya ke mesin pencuci piring, mencuci tangan mereka.

Untuk binatu, badan kesehatan telah menyarankan orang untuk memakai sarung tangan saat menangani pakaian dan segera mencuci tangan setelah melepas sarung tangan. Kesehatan Masyarakat Ontario mengatakan tidak perlu memisahkan pakaian orang sakit dari pakaian orang lain di rumah.

Pemulihan

Menurut PHAC, kebanyakan orang dengan kasus COVID-19 yang ringan akan sembuh sendiri. Siapa pun yang mengkhawatirkan gejala-gejalanya harus menghubungi penyedia layanan kesehatan mereka sehingga mereka dapat memberi saran kepada mereka tentang apa yang harus dilakukan untuk meredakannya.

Pada saat ini, tidak ada vaksin atau produk kesehatan alami yang dapat mengobati atau melindungi terhadap penyakit, badan kesehatan menekankan.

Pemerintah federal telah mengarahkan orang-orang dengan COVID-19 untuk mengisolasi di rumah selama 14 hari.

Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyarankanorang yang memiliki COVID-19, tetapi belum diuji, untuk tidak meninggalkan rumah sampai mereka tidak demam selama setidaknya 72 jam, gejala lain mereka telah membaik, dan setidaknya tujuh hari telah berlalu sejak gejala mereka pertama kali muncul.


(sumber: ctvnews.ca)

Sumber: inipasti

Cara Isolasi ketika Seseorang Tertular COVID-19 di Rumah

Cara Isolasi ketika Seseorang Tertular COVID-19 di Rumah

Cara Isolasi ketika Seseorang Tertular COVID-19 di Rumah

Cara Isolasi ketika Seseorang Tertular COVID-19 di Rumah

Cara Isolasi ketika Seseorang Tertular COVID-19 di Rumah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya