0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bupati Tamba Jadi Pembina Umat Hindu Sidoarjo

Nusabali
Nusabali - Mon, 03 Oct 2022 08:12
Dilihat: 46
Bupati Tamba Jadi Pembina Umat Hindu Sidoarjo
Hal tersebut diminta oleh Ketua PHDI Kabupaten Sidoarjo I Gede Diun Arthana beserta jajaran pengurus Pura Jala Siddhi Amertha, saat menerima Bupati Tamba dalam pujawali di Pura Jala Siddhi Amertha, pada Rahina Tumpek Wayang, Saniscara Kliwon Wayang, Sabtu (1/10).

Persembahyangan ke Pura Jala Siddhi Amertha itu, juga diikuti Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat), beserta para Perbekel/Lurah se-Jembrana. Kehadiran seorang bupati dengan tangkil mengajak para perbekel/lurah ke pura ini, dinilai menjadi hal yang sangat laur biasa bagi para umat Hindu di Sidoarjo.

"Ini luar biasa, belum pernah terjadi. Seluruh kepala desa satu kabupaten nangkil bersama-sama. Oleh karena Jembrana ini sangat dekat dengan Sidoarjo, tidak ada salahnya kami memohon kepada Bapak Bupati ikut menjadi pangempon Pura Jala Siddhi Amertha sekaligus pembina kami umat hindu di Jawa Timur," kata Arthana.

Arthana mengaku, merasa berbahagia atas kehadiran bupati bersama perbekel/lurah se-Jembrana dalam rangka piodalan di Pura Jala Siddhi Amertha. Menurutnya, hal terseburt mencerminkan perwakilan seluruh masyarakat Jembrana bisa hadir di pura ini.

"Dengan kehadiran kepala desa seluruh Jembrana ini juga mewakili seluruh masyarakat Jembrana ikut mengusung menjadi pangempon pura ini," ucap Arthana.

Menurut Arthana, Kabupaten Jembrana dan Sidoarjo juga memiliki hubungan yang sangat harmonis, sehingga bisa dikatakan Jembrana ini sangat dekat dengan Sidoarjo. Untuk itu, dirinya berharap agar Bupati Tamba dapat ikut serta menjadi pembina bagi pangempon Pura Jala Siddhi Amertha.

"Tidak ada salahnya kami memohon kepada Bapak Bupati ikut menjadi pangempon Pura Jala Sidhi Amertha. Dan kami juga mohon berkenan Bapak Bupati sebagai pembina kami di sini," ujar Arthana.

Sementara Bupati Tamba dalam kesempatan tersebut, menyanggupi permintaan sebagai pembina umat di Sidoarjo, Jatim ini. Termasuk menjadi pembina bagi umat di Pura Jala Siddhi Amertha yang diempon sekitar 700 KK ini. "Ya demi kepentingan umat Hindu, saya terima keinginan PHDI dan atas permintaan umat Hindu di pura ini," ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengaku, merasa bahagia dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan sebagai pembina untuk sameton Hindu di Sidoarjo ini. Kesanggupannya tersebut, juga sebagai bentuk ngayah dan bakti kepada Ida Bhatara sesuhunan yang berstana di Pura Jala Sidi Amerta.

"Saya sanggupi permintaan umat ngayah sekala niskala. Keputusan dari tokoh-tokoh dan sameton Hindu yang ada di Sidoarjo mengajak saya sebagai pembina ini, merupakan kesempatan yang luar biasa. Kapan lagi kita dapatkan," ujar bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana ini.

Bupati Tamba menambahkan, dirinya pun ingin bisa mengabdi kepada seluruh umat se-dharma. Tidak hanya yang ada di Sidoarjo, Jawa Timur ini. Namun juga kepada umat se-dharma di seluruh Indonesia. Menurutnya, panglingsir ataupun pangempon di Pura Jala Siddhi Amertha ini sudah sangat luar biasa. Terutama dalam menjaga kebersihan hingga aturan-aturan di pura.

"Saya hadir di sini atas restu Ida Hyang Widhi Wasa untuk memenuhi janji. Lantaran sebelumnya sempat tangkil ke sini, dan aat tangkil pertama kali ke sini, titiang (saya) sangat kagum kepada panglingsir serta pangempon pura di sini. Sangat luar biasa menjaga kebersihan pura, dan tata-titi ring pura tiang lihat sampun jangkep," ucap Bupati Tamba yang juga sempat ngaturan punia dalam penyelenggaraan pujawali Pura Jala Siddhi Amertha ini. *ode
Sumber: Nusabali

Bupati Tamba Jadi Pembina Umat Hindu Sidoarjo

Bupati Tamba Jadi Pembina Umat Hindu Sidoarjo

Bupati Tamba Jadi Pembina Umat Hindu Sidoarjo

Bupati Tamba Jadi Pembina Umat Hindu Sidoarjo

Bupati Tamba Jadi Pembina Umat Hindu Sidoarjo

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya