0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bupati Suwirta Resmikan Laboratorium PCR

Nusabali
Nusabali - Sun, 15 Nov 2020 08:09
Dilihat: 64
Bupati Suwirta Resmikan Laboratorium PCR
Atas keberadaan laboratorium ini masyarakat tidak perlu lagi harus menunggu lama hasil swab tes Covid-19. Jika biasanya menunggu tiga hari sampai satu minggu, kini enam jam setelah tes swab dilakukan hasilnya sudah keluar.

Bupati Suwirta mengucapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster atas bantuan peralatan kesehatan yang mempermudah pelayanan kepada masyarakat untuk melakukan tes swab. "Dengan adanya laboratorium ini pasien tes swab bisa lebih cepat mendapatkan penanganan, sehingga swab massal untuk masyarakat sesuai arahan pemerintah pusat bisa segera dilakukan khususnya di Kabupaten Klungkung yang sebelumnya sudah dilakukan oleh TNI/Polri," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, ini menambahkan pandemi Covid-19 sudah 8 bulan berjalan. Untuk itu masyarakat diharapkan tidak terlalu khawatir di saat harus diswab. "Jangan khawatir, karena hampir 99,9 persen jika orang positif pasti sembuh," tutur Bupati Suwirta.

Masyarakat juga mesti paham apa itu Covid-19, sehingga tidak takut berlebihan, yang bisa membuat psikologi turun berlebihan. Selain itu, yang menjadi perhatian serius Bupati agar sarana dan prasarana alat ini harus dijaga dan dirawat dengan baik. "Semoga dengan adanya alat ini pelayanan untuk penanganan kasus Covid-19 bisa berjalan maksimal," harapnya.

Direktur RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma mengatakan laboratorium PCR ini sudah mulai beroperasi dengan kemampuan pengujian 94 sampel setiap harinya, dan bisa 500 sampel jika dilakukan secara maksimal. Dengan adanya alat ini hasil swab bisa cepat diketahui. Dibandingkan ketika harus membawa ke laboratorium rujukan yang hasilnya baru keluar paling cepat tiga hari lantaran antrean panjang dari seluruh wilayah di Bali.

"Jika biasanya menunggu tiga hari sampai satu minggu, kini enam jam setelah tes swab dilakukan hasilnya sudah bisa keluar," kata dr Kesuma.

Rencananya selain menguji sampel swab dari masyarakat di Klungkung, alat ini juga bisa diperuntukkan untuk tes swab masyarakat Bali, utamanya dari rumah sakit yang ada di wilayah Bali Timur seperti Gianyar, Bangli, dan Karangasem.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada, dan lainnya. *wan
Sumber: Nusabali

Bupati Suwirta Resmikan Laboratorium PCR

Bupati Suwirta Resmikan Laboratorium PCR

Bupati Suwirta Resmikan Laboratorium PCR

Bupati Suwirta Resmikan Laboratorium PCR

Bupati Suwirta Resmikan Laboratorium PCR

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya