0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bumi Diprediksi Lebih Hangat Hingga 2,7 Derajat Celcius

Republika Online
Republika Online - Wed, 27 Oct 2021 19:20
Dilihat: 96
Bumi Diprediksi Lebih Hangat Hingga 2,7 Derajat Celcius

JAKARTA -- Tahun ini negara-negara di seluruh dunia berkomitmen untuk mewujudkan solusi atas masalah perubahan iklim yang terjadi. Namun, sebuah laporan baru yang dirilis oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyebut bahwa rencana ini gagal diwujudkan.

Berdasarkan laporan dari The Emissions Gap Report 2021: The Heat Is On, yang dirilis pada 26 Oktober lalu mengungkapkan bahwa apa yang terjadi saat ini justru menunjukkan bahwa pemanasan global terus terjadi. Bahkan, Bumi menghangat hingga 2,7 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri pada akhir abad ini.

Sebelumnya, negara-negara seperti China dan Amerika Serikat (AS) berkomitmen untuk mewujudkan emisi nol bersih. Setidaknya, pemanasan global ditargetkan untuk dikurangi hingga 2,2 derajat celcius.

Namun, tanpa rencana jelas bagaimana mengurangi pemanasan, apa yang terjadi justru berbalik. PBB mengatakan bahwa target masih jauh dari sasaran.

Pada pertemuan di Ibu Kota Paris, Prancis pada 2015, sebanyak 195 negara berjanji akan mengurangi emisi untuk menahan pemanasan global di bawah dua derajat Celcius pada 2100. Membatasi pemanasan global lebih jauh, hingga hanya 1,5 derajat Celcius akan mencegah lebih banyak konsekuensi yang lebih menghancurkan dari perubahan iklim, seperti yang dilaporkan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, atau IPCC, pada 2018.

Dalam laporan terbarunya, yang dirilis pada Agustus, IPCC mencatat bahwa peristiwa cuaca ekstrem, yang diperburuk oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, sekarang terjadi di setiap bagian Bumi.

"Terlepas dari peringatan yang mengerikan ini, para pihak dalam Perjanjian Paris sama sekali gagal untuk menjaga target dalam jangkauan," ujar Sekretaris Jenderal PBB Antnio Guterres, dilansir Science News, Rabu (27/10).

Program Lingkungan PBB telah mengawasi setiap tahun tentang kesenjangan antara janji nasional yang ada untuk mengurangi emisi dan target Perjanjian Paris.

Laporan PBB datang hanya beberapa hari sebelum Konferensi Perubahan Iklim PBB 2021 atau COP26 di Glasgow, Skotlandia diadakan. Sebanyak 120 negara, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan lebih dari setengah emisi gas rumah kaca dunia, mengumumkan komitmen baru mereka untuk mengatasi perubahan iklim pada 2030.

Laporan tahun 2021 menemukan bahwa komitmen baru membawa dunia hanya sedikit lebih dekat ke tingkat emisi yang dibutuhkan pada tahun 2030 untuk mencapai target pemanasan.

Dengan janji baru, total emisi tahunan pada tahun 2030 akan menjadi 7,5 persen lebih rendah (sekitar 55 gigaton setara karbon dioksida) dibandingkan dengan target pada tahun lalu, yaitu sekitar 59 gigaton. Tetapi untuk tetap berada di jalur pemanasan 2 derajat C, emisi harus sekitar 30 persen lebih rendah dari janji baru, atau sekitar 39 gigaton setiap tahun.

Untuk menahan pemanasan hingga 1,5 derajat C membutuhkan penurunan emisi sekitar 55 persen dibandingkan dengan janji terbaru, menjadi sekitar 25 gigaton per tahun.

Para pemimpin dunia di COP26 diminta untuk menjaga dampak yang menghancurkan dari perubahan iklim dengan segera mengurangi emisi karbon global dan beralih ke ekonomi hijau.


Berita Terkait
  • Indonesia, Brasil, dan Kongo Kuatkan Negosiasi Iklim
  • Mentan Ajak Bersiap Hadapi Pemanasan Global
  • Kebun Raya Mangrove Surabaya Serap Ribuan Ton Emisi Karbon
Berita Lainnya
  • Padang Targetkan Akhir Tahun Capaian Vaksinasi 70 Persen
  • Peringatan Sumpah Pemuda, Hindari Benih-Benih Perpecahan

Bumi Diprediksi Lebih Hangat Hingga 2,7 Derajat Celcius

Bumi Diprediksi Lebih Hangat Hingga 2,7 Derajat Celcius

Bumi Diprediksi Lebih Hangat Hingga 2,7 Derajat Celcius

Bumi Diprediksi Lebih Hangat Hingga 2,7 Derajat Celcius

Bumi Diprediksi Lebih Hangat Hingga 2,7 Derajat Celcius

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya