0
Thumbs Up
Thumbs Down

Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul

BisnisWisata
BisnisWisata - Sat, 15 Jun 2019 15:36
Dilihat: 78
Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul

DENPASAR, Pesta Kesenian Bali (PKB), ajang seni dan budaya tahunan di Provinsi Bali kembali dihelat. Perhelatan memasuki tahun Ke-41 pada sabtu (15/06) resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dengan ditandai pemukulan kulkul atau kentongan diikuti pelepasan peserta pawai PKB.

Pawai yang berlangsung di sisi selatan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala, Renon, itu diikuti lebih dari empat ribu seniman. Baik dari Sembilan kabupaten/kota yang ada di Bali. Serta delegasi atau utusan dari provinsi serta negara lainnya.

Jokowi yang terlihat mengenakan pakaian adat Bali dengan atasan berwarna krem tidak banyak memberikan pernyataan dalam momen itu. Meski begitu, dia sempat menyapa penonton di arena pawai dengan menggunakan Bahasa Bali. "Punapi gatrane (apa kabarnya)?" ujar Jokowi usai menyapa para undangan yang duduk di tempat VVIP.

Sapaan Jokowi itu langsung dijawab dengan gemuruh oleh para penonton. "Beciiiiik (baik)," teriak para penonton. "Becik nggih (baik ya)?" ujar Jokowi menimpali. "Mogi para semeton rahajeng sareng sami," lontar kepala negara.

Selanjutnya, Jokowi juga sempat mengatakan matur suksma sebagai rasa terima kasihnya kepada masyarakat Bali. Kendati sempat kesulitan mengucapkan kata suksma. "Saya mau ngomong (matur suksma) dari dulu sering keliru. Mohon maaf. Matur suksma. Maklum, bahasa daerah kita ini lebih dari seribu seratus. Kalau saya keliru, salah, mohon dimaafkan. Terutama yang matur suksma ini," tukasnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi hanya berbicara kurang dari dua menit. Tidak berlama-lama, Jokowi langsung membuka PKB serta melepas rombongan pawai dengan memukul kulkul sebanyak 15 kali. Lalu disusul dengan gamelan Ketug Gumi yang disuguhkan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Acara pawai berlangsung meriah. Dan diakhiri dengan pawai oleh Presiden Jokowi yang menaiki kendaraan terbuka usai menyaksikan tarian adat Bali, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dipandu Gubernur I Wayan Koster menaiki mobil pawai. Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda beserta cucu tertuanya Jan Ethes Srinarendra juga ikut naik mobil pawai.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu naik mobil pawai sekitar 200 meter dari lokasi acara di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Reno Kota Denpasar. Sepanjang Jalan Raya Puputan Renon, Jokowi dan Iriana menyapa warga dari atas mobil pawai. "Pak Jokowi, Pak Jokowi.... Pak Presiden..," teriak warga yang telah menunggu Jokowi di pinggir jalan.

Teriakan warga dibalas Jokowi dengan lambaian tangan. Mantan Wali Kota Solo itu pun tersenyum semringah melihat warga yang antusias menunggu dirinya dan Iriana. Melihat itu, masyarakat pun semakin berteriak histeris. Dari atas mobil pawai, Jokowi juga menyempatkan untuk berswafoto bersama Iriana. Tak ketinggalan, dia juga nge-vlog menggunakan ponsel pribadinya.

Tahun ini, tema yang diusung adalah Bayu Pramana. Visi tersebut sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ada 7 agenda utama dalam Pesta Kesenian Bali 2019. Ada pawai, parade, lomba, hingga pagelaran. Ada juga workshop, pameran, dan sarasehan.

Pesta Kesenian Bali 2019 akan diikuti 41 partisipan, 9 kabupaten/kota di Bali, 21 Luar daerah, dan 11 Luar negeri. Kota Denpasar akan mengirimkan 3.000 seniman. Mereka akan mengikuti 26 materi di Pesta Kesenian Bali. Berbagai persiapan sudah dilakukan, seperti pembinaan Janger Kedaton Sumerta di Banjar Kedator Sumerta, Denpasar Timur. Para seniman asal Pulau Dewata akan menampilkan Tari Janger Kedaton. Tarian ini akan melibatkan 32 penari dan 25 orang penabuh iringan musiknya.

Pesta Kesenian Bali juga jadi media untuk melestarikan budaya. Seperti melestarikan tari Janger Kedaton. Tarian ini sudah ada sejak 1906. Janger Kedaton dikenal juga dengan nama Janger Sesungsungan Krama Banjar Kedaton. Tarian tersebut menjadi salah satu aset dan warisan budaya Denpasar.

Gubernur Bali, Wayan Koster, menjelaskan bahwa PKB merupakan media pelestarian dan pengembangan kesenian di Bali. Dengan keunikan dan kekayaannya yang merupakan warisan adiluhung para leluhur dan tetua di Bali. Penyelenggaraan PKB kali ini dilaksanakan sesuai visi Pemprov Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

"Yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia secara sekala dan niskala. Sesuai prinsip Trisaksi Bung Karno yakni berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," jelas Koster.

Dalam pelaksanaannya tahun ini, sambung Koster, PKB mengambil tema Bayu Prama. Tema ini diambil sebagai upaya memuliakan energi angina yang dikemas secara khusus. Sebagai kesadaran untuk memuliakan daya energi dan unsur kekuatan alam semesta. "Yakni udara, angin, nafas, atau sebutan lain yang berhubungan dengan energi angin," imbuhnya.

Implementasinya, lanjutnya, dilaksanakan secara nyata dan konsisten dalam pagelaran, perlombaan, workshop, atau sarasehan. Koster juga sempat menyinggung pentingnya kesenian sebagai alat pemersatu bangsa. Terlebih bila berkaca pada dinamika politik saat ini. Koster menyebutkan, PKB merupakan wujud nyata dalam upaya membumikan nilai-nilai Pancasila, 1 Juni 1945, di Bali.

"Tetapi jangan lupa ada seni yang dapat menyatukan kita kembali. Melalui PKB mari kita tebarkan spirit kedamaian dan toleransi dalam Kebhinekaan untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa," sambungnya. (NDY)


The post Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Sumber: BisnisWisata

Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul

Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul

Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul

Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul

Buka PKB, Presiden Jokowi Pukul Kulkul

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya