0
Thumbs Up
Thumbs Down

BPJPH Gelar Uji Sahih

Republika Online
Republika Online - Tue, 25 Jun 2019 17:00
Dilihat: 38
BPJPH Gelar Uji Sahih

DEPOK -- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menggelar uji sahih Rancangan Peraturan Menteri Agama tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (RPMA JPH). Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Depok sejak Senin (24/6) kemarin.

Kepala BPJPH, Prof. Sukoso mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan BPJPH selama dua hari sebagai persiapan berjalannya penjaminan produk halal oleh BPJPH per 17 Oktober 2019.
"Uji sahih ini bukan hanya untuk memahamkan semua pihak, tapi juga untuk menyempurnakan RPMA JPH, yang kita pikir belum tentu sempurna untuk orang lain, atau mungkin masih ada lubang yang harus diselesaikan," ujar Prof. Sukoso saat dihubungi republika.co.id, Selasa (25/6).
Dia menjelaskan, draft RPMA JPH itu sebelumnya telah disiapkan oleh BPJPH bersama Biro Hukum Kemenag. Namun, draft tersebut masih harus diuji beberapa kali oleh semua pihak, sehingga kedepannya tidak ada yang merasa dirugikan. "Uji sahih ini masih ada lagi lanjutannya dengan kementerian atau lembaga terkait, paling tidak dua sampai tiga kali lah," ucapnya.
Setelah uji sahih selesai dilakukan, lalu draft tersebut akan ditandangani oleh Menteri Agama untuk menjadi peraturan bersama yang telah disepakati oleh semua pihak.
"Setelah ditandangani, peraturan itu langsung berlaku. Landasan untuk membikin itu kan sudah ada, UU JPH nomor 33 tahun 2014 dan PP nomor 31 tahun 2019. Itu menjadi dua landasan hukum dan keluarlah PMA yang hari ini lagi diujisahihkan," kata Prof. Sukoso.
Prof. Sukoso menambahkna, dalam uji sahih ini pihaknya mengundang beberapa narasumber dari perguruan tinggi dan beberapa ahli hukum administrasi negara dan ketatanegaraan. Beberapa pakar yang bertindak sebagai reviewer di antaranya, Dosen Universitas Brawijaya Malang, M Ali Safaat dan Aan Eko Widiarto, serta Dosen Universitas Andalas Padang, Khairul Fahmi.
"Setelah selesai uji sahih, kami berharap ini bisa terimplementasi karena sudah ada kesepakatan bersama. Jadi akan terjadi harmonisasi dan enak," ujarnya.


Berita Terkait
  • Makanan Halal Buka Pintu Antaragama di Taiwan
  • JIEP Tunggu Izin Pemprov DKI untuk Kawasan Industri Halal
  • Modern Cikande: Butuh 5 Tahun Bangun Kawasan Industri Halal
Berita Lainnya
  • Restorasi Masjid Tua di Turki Berumur 7 Ratus Tahun Rampung
  • Hormati MU, Lukaku tak Memaksa Minta Dijual ke Inter

BPJPH Gelar Uji Sahih

BPJPH Gelar Uji Sahih

BPJPH Gelar Uji Sahih

BPJPH Gelar Uji Sahih

BPJPH Gelar Uji Sahih

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya