0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bos BI Yakin Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5%

okezone
okezone - Sun, 15 Nov 2020 18:26
Dilihat: 54
Bos BI Yakin Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5%

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi nasional pada lima tahun kedepan akan tumbuh di level 6%. Sikap optimis itu seiring dengan langkah pemerintah yang terus mendorong percepatan transformasi digital di Tanah Air.

Akibatnya, transformasi digital diyakini mampu memasifkan pemulihan ekonomi nasional saat ini dan pasca pandemi Covid-19. Hal ini selanjutnya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun-tahun ke depan.

Baca juga: Menko Airlangga Pede Ekonomi Bisa Positif Tahun Ini

Dalam Gelaran Indonesia Fintech Summit (IFS) 2020 yang dilaksanakan pada Rabu (11/11/2020), Perry Warjiyo pun memaparkan bahwa dua poin yang akan membawa Indonesia menuju Indonesia Maju yakni sikap optimis dan digitalisasi.

"Optimis, bahwa seperti diketahui pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2020 membaik begitu pula proyeksi di triwulan IV, dan optimis bahwa pertumbuhan ekonomi tahun depan akan mencapai 5% dan lima tahun ke depan mencapai 6%," ujar Perry, dikutip Minggu (15/11/2020).

Sementara proses digitalisasi, merupakan salah satu kunci sumber pertumbuhan ekonomi ke depan. Selaras dengan transformasi digital yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bank Sentral sejak tahun 2019 telah memulai transformasi digital pada sistem pembayaran dengan meluncurkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

BSPI yang saat ini diklaim telah mengalami kemajuan dengan sejumlah inisiatif-inisiatif seperti QRIS, yang telah mencapai lebih dari 5 juta merchant di seluruh Indonesia, mendorong digitalisasi perbankan dan interlink dengan fintech melalui standarisasi API, BI-FAST yang mendukung infrastruktur SP ritel yang real-time, serta reformasi pengaturan pembayaran digital.


"Digitalisasi sistem pembayaran berperan sangat penting untuk mendukung transformasi digital ekonomi dan keuangan," kata dia.

Sumber: okezone

Bos BI Yakin Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5%

Bos BI Yakin Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5%

Bos BI Yakin Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5%

Bos BI Yakin Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5%

Bos BI Yakin Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5%

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya