0
Thumbs Up
Thumbs Down

BMW M3 dan M4 Terbaru Akhirnya Mengaspal di Tanah Air

Garduoto
Garduoto - Wed, 30 Jun 2021 17:31
Dilihat: 214

Tidak berselang lama setelah meluncurkan 4 Seriea coupe dan cabriolet, siang tadi, BMW Group Indonesia menghadirkan M3 dan M4 terbaru. Peluncuran M3 dan M4 terbaru dilakukan secara virtual.

Seakan tidak mau tanggung, BMW M3 dan M4 yang dimasukkan ke Indonesia adalah varian Competition, yang tidak lain merupakan model paling buas dari mobil-mobil BMW M.

Kebetulan, hadirnya mobil berkode bodi G80 (M3 Competition) dan G82 (M4 Competition) ini, bertepatan dengan momen kelahiran 35 tahun BMW M3 ke dunia. Maka itu, BMW juga turut menghadrikan varian Individual yang lebih eksklusif.

"BMW M3 Competition dan M4 Competition terbaru menerapkan teknologi mobil balap dari sirkuit ke jalan raya, dan ribuan putaran di Nrburgring Nordschleife yang legendaris," pungkas Jodie O'Tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, dalam konferensi virtual, Rabu (30/6/2021).

Masih sama seperti generasi sebelumnya, BMW M3 Competition teranyar hadir dalam wujud sebuah sedan, dan M4 Competition berwujud Coupe. Meski jenisnya berbeda, namun kedua mobil tersebut sama dalam hal teknis.

Mesin yang dipakai M3 Competition dan M4 Competition mempunyai tenaga 510 dk dan torsi 650 Nm. Foto: BMW Indonesia

Mesin yang digunakan BMW M3 Competition dan M4 Competition mempunyai kapasitas 2.993 cc enam silinder segaris, yang bisa memuntahkan tenaga sebesar 510 dk di 6.250 rpm, dan torsi 650 Nm, yang didapat dari 2.750 - 5.500 rpm.

Tenaga dan torsi badak itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic. Perpaduan antara mesin bertenaga buas dan transmisi yang cekatan, membuat BMW berani mengklaim kalau M3 Competition dan M4 Competition ini, bisa menuntaskan 0-100 km/jam dalam 3,9 detik.

Selain dibekali dengan mesin yang gahar, BMW M3 Competition dan M4 Competition juga mempunyai sasis yang rigid, yang jelas tujuannya adalah untuk menghadirkan handling yang tajam dan akurat.

Paket bracing yang dikembangkan khusus untuk kompartemen mesin, subframe as-roda depan, under-floor bracing di bawah, dan pada subframe as-roda belakang dengan sambungan langsung ke bodi, semuanya berperan dalam pengendalian mobil yang dapat dikontrol secara presisi bahkan pada akselerasi ekstrim.

Adaptive BMW M-suspension dengan suspensi yang dikontrol secara elektronik dan BMW M-specific kinematics dan elastokinematika untuk as-roda depan dan belakang adalah fitur standar the new BMW M3 Competition dan the new BMW M4 Competition. Model ini juga memiliki kemudi BMW M Servotronic dengan rasio variabel dan versi BMW M-specific yang terintegrasi dengan sistem pengereman.

Di interior, sepasang mobil ini dipasangkan BMW M Sport Seats baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara. Desain terbaru pada jok ini juga memberikan impresi sporty melalui elemen warna BMW M dan single-tone leather.

Interior BMW M3 Competition dan M4 Competition diimbuhi oleh M Carbon interior package. Foto: BMW Indonesia

Selain itu, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan M Carbon interior package yang meliputi tak hanya bagian interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian stir dan juga paddle shift untuk pertama kalinya.

Lantas untuk sistem operasinya, BMW M3 Competition dan M4 Competition dicekoki dengan BMW M Drive Professional. Di dalamnya, terdapat BMW M Traction Control baru yang inovatif, yang memungkinkan fungsi pembatasan slip roda terintegrasi dengan sistem DSC untuk disesuaikan (melalui sepuluh penyetelan) dengan preferensi dan kebutuhan pribadi pengemudi.

Elemen lain dari BMW M Drive Professional adalah BMW M Drift Analyser, yang mencatat dan menilai statistik mengemudi yang diposting dalam manuver menikung dinamis, dan BMW M Laptimer, yang mencatat waktu putaran dan informasi lain yang dihasilkan selama mengemudi di dalam sirkuit.

Paket M Drive Professional juga menghadirkan fungsi M Traction Control terbaru, yang dapat diakses di moda TRACK. Kontrol traksi baru ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur ambang batas intervensi untuk slip roda.

Menu iDrive untuk sistem ini menampilkan 10 tahap slip roda yang diinginkan pengemudi. Opsi kontrol traksi yang baru memberi pengemudi kemampuan untuk memilih keseimbangan ideal antara performa mobil balap dan stabilitas arah untuk situasi, kondisi jalan, dan preferensi pribadi mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendekati batas di trek dengan mengurangi tingkat input sistem kontrol secara bertahap.

Kedua sports cars BMW M terbaru ini sudah tersedia di diler resmi BMW M mulai hari ini. BMW M3 Competition ditawarkan dengan harga Rp. 2.059 miliar off-the-road. Sedangkan M4 Competition Coup akan ditawarkan dengan harga Rp. 2.119 miliar off-the-road.

Kemudian untuk varian BMW M3 Competition Individual, ditawarkan dengan harga Rp. 2.599 miliar off-the-road, dan BMW M4 Competition Coup Individual di harga Rp. 2.659 miliar off-the-road. (GO/Gie)


The post BMW M3 dan M4 Terbaru Akhirnya Mengaspal di Tanah Air appeared first on GarduOto.com.

Sumber: Garduoto

BMW M3 dan M4 Terbaru Akhirnya Mengaspal di Tanah Air

BMW M3 dan M4 Terbaru Akhirnya Mengaspal di Tanah Air

BMW M3 dan M4 Terbaru Akhirnya Mengaspal di Tanah Air

BMW M3 dan M4 Terbaru Akhirnya Mengaspal di Tanah Air

BMW M3 dan M4 Terbaru Akhirnya Mengaspal di Tanah Air

  
Berita Trending Mobil
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya