0
Thumbs Up
Thumbs Down

Berziarah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Republika Online
Republika Online - Mon, 25 May 2020 19:54
Dilihat: 36
Berziarah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

TANGERANG -- Hari kedua Lebaran umumnya digunakan masyarakat berziarah ke makam. Di tengah imbauan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebagian besar masyarakat tetap berziarah dengan tidak mengindahkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti memakai masker dan menjaga jarak atau physical distancing.

Padahal, makam menjadi tempat yang ramai karena orang-orang bersamaan menggunakan momentum Hari Raya Idul Fitri untuk berziarah. Salah satu makam yang dipenuhi warga ialah tempat pemakaman warga Kampung Cadas dan Lebak, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Kan niatnya baik ya mendoakan keluarga yang sudah meninggal. Semoga nggak ada itu corona, insya Allah," ujar Larasati (30) warga Kampung Lebakwangi ditemui Republika.co.id di lokasi, Senin (25/5).

Berdasarkan pantauan di lokasi, tak ada imbauan penerapan protokol kesehatan yang dipasang di pintu makam. Tak ada sabun cuci tangan disiapkan di dekat keran air yang digunakan peziarah untuk berwudhu.

Setiap orang juga bebas berdekatan tanpa ada jarak minimal satu meter untuk mencegah penularan virus corona. Bahkan, masyarakat tak ragu bersalaman atau berjabat tangan dengan orang lain yang bertemu di makam.

Kendati demikian, masih ada sejumlah warga yang memakai masker. Setidaknya, mereka ikut berupaya mencegah penyebaran virus corona di tengah kerumunan. "Iya pakai masker biar aman, jadi kita tetap bisa ziarah," kata Salamah (27).

Di sisi lain, menurut penjual bunga, Ahyar (30), peziarah lebih sepi dibandingkan Lebaran tahun lalu. Hal itu terlihat dari hasil penjualan bunga yang berkurang jika dibandingkan dengan H+2 Lebaran tahun lalu.

"Kalau Lebaran kemarin sih kejual 100 kantong plastik (harga Rp 5.000) lebih kali. Kalau sekarang lebih sedikit yang terjual, mungkin corona kali ya ada yang nggak ke makam," ungkap Ahyar.

Di makam itu, tak hanya peziarah dan penjual bunga. Ada beberapa pedagang lainnya yang ikut meramaikan kerumunan pintu gerbang makam, seperti penjual makanan dan minuman dan mainan anak-anak.

Tak ada kasus Covid-19 di kampung tersebut menjadi alasan tradisi Lebaran tetap dilakukan. Selain berziarah, masyarakat juga tetap berjabat tangan saat Hari Raya Idul Fitri untuk bermaaf-maafan.

Tangan mereka bersentuhan tanpa memakai sarung tangan maupun masker. Setelah itu juga mereka tidak cepat-cepat mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. "Kita salaman sama orang kenal ini. Insya Allah nggak ada corona," tutur Rosmawati.

Mereka masih melaksanakan tradisi Lebaran seperti bersalam-salaman, mengunjungi rumah satu sama lain, berziarah, kegiatan syukuran, dan berkumpul-kumpul. Dengan demikian, saat Covid-19 masih menjangkiti Indonesia, sebagian warga masih ada yang belum melaksanakan protokol kesehatan.


Berita Terkait
  • Jumlah Peziarah ke TPU di Kota Bandung Turun Drastis
  • Kepala Suku Dinas di Jakarta Keluhkan Bandelnya Warga Ziarah
  • Warga Muslim di Papua Taati Protokol Saat Ziarah Kubur
Berita Lainnya
  • Pelatih Leipzig: Werner Bisa Cetak Lebih Banyak Gol
  • In Picture: Suasana Pantai Ancol yang Sepi dari Pengunjung

Berziarah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Berziarah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Berziarah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Berziarah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Berziarah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya