0
Thumbs Up
Thumbs Down

Berbagai Usulan Asosiasi Pengembang Atasi Dampak Pandemi

Rumah
Rumah - Wed, 27 May 2020 17:56
Dilihat: 51
Berbagai Usulan Asosiasi Pengembang Atasi Dampak Pandemi

- Asosiasi pengembang REI dan Himperra memberikan berbagai usulan kepada pemerintah terkait pelemahan bisnis properti akibat dampak wabah Covid-19. Diperlukan kolaborasi dan regulasi yang tepat untuk membuat sektor properti tetap bertahan di situasi ini.

Kalangan pengembang telah menyampaikan berbagai kendala dan kesulitan terkait bisnis perumahan saat wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Melalui berbagai asosiasi perusahaan pengembang, bisnis properti yang terganggu bisa berdampak panjang pada perekonomian karena sektor ini memiliki bisnis ikutan mencapai 174 industri di belakangnya.

Karena itu pemerintah harus responsif mengeluarkan berbagai relaksasi maupun regulasi sebagai antisipasi terkait pelemahan bisnis properti pada masa pandemi ini. Jangan sampai kebijakan yang tidak responsif malah akan membuat sektor properti semakin terpukul dan membuat perekonomian semakin berat hingga saat nanti pandemi ini telah berlalu.

Karena itu menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI) Totok Lusida, setidaknya pemerintah bisa memberikan relaksasi dengan penghapusan pajak PPH 21 dan restsrukturisasi kredit untuk perusahaan developer. Hal ini karena kebanyakan perusahaan pengembang hanya mengandalkan roda perusahaannya dari penjualan produk propertinya. Saat wabah ini hampir tidak ada penjualan yang sangat mengganggu kinerja perusahaan.

"Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah ini juga harus sejalan dengan sektor perbankan misalnya dengan memberikan keringanan suku bunga kredit konstruksi bagi pengembang, khususnya yang membangun rumah rumah. Bank juga harus mulai menerapkan mekanisme akad kredit secara virtual sehingga bisa dilakukan dari rumah untuk memudahkan masyarakat saat harus berdiam diri di rumah karena wabah ini," ujarnya.

Ketika sudah memutuskan beli rumah, penting untuk perhatikan pengembang perumahan tersebut. Seperti apa pengembang yang terpercaya? simak di video berikut ini!

Senada dengan Totok, Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Harry Endang Kawidjaja memberikan masukannya terkait bisnis properti di masa sulit pandemi ini. Menurut Endang, selain relaksasi juga perlu terus ditingkatkan sinergi perbankan dan pengembang untuk tetap menjamin suplai perumahan bagi masyarakat banyak.

"Setiap asosiasi perusahaan pengembang harus bisa bersatu untuk melobi pemerintah dan bersama-sama kita buat skema pembiayaan khusus pada saat pandemi ini. Harus dipikirkan juga bagaimana ke depan kita bisa terus membangun dan mengembangkan sektor perumahan karena ini juga sejalan dengan program pemerintah," katanya.

Sementara itu menurut pengamat properti dan CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, perbankan khususnya Bank BTN yang memiliki fokus pada pembiayaan perumahan, harus bisa maju, dan bersama-sama meningkatkan kolaborasi karena pandemi ini merupakan masalah bangsa sehingga perlu penanganan yang kolaboratif dengan berbagai pihak.

"Situasi ini harus dihadapi bersama dengan menerapkan berbagai skema maupun strategi baru supaya semuanya bisa tetap survive saat pandemi dan nanti kalau wabah ini sudah berlalu. Untuk kalangan pengembang, harus menata ulang anggaran keuangannya dan tentunya melakukan berbagai langkah efisiensi untuk menjaga cashflow, dan menyiapkan dana cadangan serta meminta kebijakan restrukturisasi kepada perbankan," pungkasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar propertidari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Sumber: Rumah

Berbagai Usulan Asosiasi Pengembang Atasi Dampak Pandemi

Berbagai Usulan Asosiasi Pengembang Atasi Dampak Pandemi

Berbagai Usulan Asosiasi Pengembang Atasi Dampak Pandemi

Berbagai Usulan Asosiasi Pengembang Atasi Dampak Pandemi

Berbagai Usulan Asosiasi Pengembang Atasi Dampak Pandemi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya