0
Thumbs Up
Thumbs Down

Benarkah Wanita Bisa Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Jawabannya

wartaekonomi
wartaekonomi - Sun, 10 Nov 2019 16:59
Dilihat: 31
Jakarta

Secara fisik, banyak yang memandang bahwa wanita lebih lemah daripada pria. Namun, secara tingkat keberlangsungan hidup, kaum hawa bisa bertahan hidup lebih lama dibanding kaum adam. Mengapa bisa begitu?

Saat ini, angka harapan hidup manusia di dunia adalah 71 tahun. Bagi wanita, angka harapan hidup bisa mencapai hingga 73 tahun dan pria adalah 68 tahun. Tingkat harapan hidup ini terkait erat dengan pola hidup sehari-hari. Dikutip dari Alodokter, berikut penyebab wanita bisa memiliki tingkat harapan hidup lebih lama dibanding pria.

Baca Juga: Waspada, Boba di Minuman Kekinian Bahaya buat Wanita, Ternyata Bisa Picu...

1. Kromosom X yang tahan mutasi genetika

Wanita memiliki dua kromosom X (XX), sedangkan pria hanya memiliki satu kromosom X (XY). Kromosom ini turut mendukung kerja sistem imun pada tubuh. Sebab itu, wanita dianggap lebih tahan terhadap kerusakan (mutasi) kromosom karena memiliki cadangan kromosom X, sedangkan pria tidak. Selain itu, risiko mengalami infeksi pada kaum wanita lebih kecil dibanding pria.

2. Peran hormon estrogen

Pria dan wanita memang sama-sama memiliki hormon estrogen. Namun, pada wanita, kadarnya lebih besar. Hormon estrogen memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Hormon ini dapat melancarkan peredaran darah dan memiliki sifat antioksidan, sehingga bisa menurunkan risiko terjadinya beragam penyakit, seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

3. Tingkat kepedulian pada kesehatan

Bila dibandingkan dengan pria, wanita memiliki tingkat kepedulian yang lebih tinggi terhadap kesehatan dirinya. Hal ini dapat dilihat dari gaya hidupnya yang cenderung tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, menyantap makanan yang lebih sehat, dan lebih sering memeriksakan kesehatannya atas kesadaran sendiri.

4. Perilaku berisiko

Umumnya para pria cenderung lebih sering melakukan tindakan agresif yang berisiko dibandingkan para wanita. Misalnya saja, sering kebut-kebutan di jalan yang berdampak pada perkelahian atau kecelakaan lalu lintas.

5. Kemampuan untuk bersosialisasi

Sudah bukan hal yang asing bila wanita lebih mudah menjalin relasi dibandingkan dengan pria. Relasi itulah yang membuat para wanita memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik, walau di lingkungan baru sekalipun. Faktanya, orang yang suka bergaul dipercaya memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah dibanding mereka yang selalu menyendiri.

Hal ini sejalan dengan perilaku pria dan wanita dalam menghadapi stres. Saat sebagian besar pria lebih suka menyimpan sendiri rasa stres dan khawatir, wanita umumnya lebih suka curhat dan berbagi cerita dengan orang yang dipercayainya.

Selain menyenangkan, berbagi cerita bersama kerabat terdekat mampu meredakan stres, sehingga kualitas hidup pun menjadi lebih baik.

Kendati fakta mengungkapkan bahwa wanita lebih panjang umur dibanding pria, bukan berarti semua pria akan berumur lebih pendek dari wanita. Tidak semua pria sering melakukan hal yang tidak baik pada kesehatannya sendiri, karena ada juga pria yang sangat perhatian dengan kondisi kesehatannya.

Selain itu, pernikahan juga dianggap memiliki efek positif pada kesehatan pria. Pria yang telah menikah bisa berumur panjang karena ada pasangan yang selalu sedia menemani, menyemangati, serta membuatnya bahagia.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syahrianto


Foto: Istimewa

Sumber: wartaekonomi

Benarkah Wanita Bisa Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Jawabannya

Benarkah Wanita Bisa Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Jawabannya

Benarkah Wanita Bisa Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Jawabannya

Benarkah Wanita Bisa Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Jawabannya

Benarkah Wanita Bisa Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Jawabannya

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya