0
Thumbs Up
Thumbs Down

Begini Tren Baru Bisnis Ritel Setelah Pandemi

Rumah
Rumah - Thu, 24 Sep 2020 16:12
Dilihat: 47
Begini Tren Baru Bisnis Ritel Setelah Pandemi

- Sektor properti khususnya bisnis ritel merupakan salah satu yang paling terdampak saat pandemi Covid-19. Namun begitu di setiap situasi krisis akan memunculkan opportunity termasuk perkembangan dan perubahan yang masih akan terus terjadi di sektor ini.

Pandemi Covid-19 bukan hanya memberikan dampak penurunan eknomi yang besar dan membuat banyak negara mengalami defisit perdagangan hingga situasi resesi termasuk di Indonesia. Berbagai penyesuaian atau penerapan new normal terus dilakukan untuk mengurangi dampak penularan wabah ini.

Bisnis properti khususnya sektor ritel merupakan salah satu sektor bisnis yang paling terpukul setelah perhotelan. Kendati pusat perbelanjaan ataupun mal diizinkan buka dengan penerapan protokol pandemi Covid-19 yang ketat, secara umum masyarakat belum mau membelanjakan uangnya karena masih fokus untuk menjaga kesehatan maupun menunggu hingga situasi menjadi lebih baik.

Penerapan new normal juga telah mengubah pola-pola lifestyle termasuk berbelanja maupun yang biasanya hangout di mal. Menurut Rosaline Lie, Senior Director, Retail Savills Indonesia, sebuah perusahaan riset, konsultasi, dan manajemen properti, kendati masih terlalu awal untuk menyatakan tren baru di sektor ritel saat pandemi, berbagai polanya telah mulai terlihat.

"Tren baru sektor ritel masih to early to say tapi yang pasti di setiap krisis selalu ada opportunity dan itu yang terus digali oleh berbagai peritel. Di sisi lain masih ada beberapa sektor yang penjualannya tetap baik saat situasi pandemi ini karena itu review dan evaluasi terus dilakukan," ujarnya.

Satu hal yang pasti untuk jaringan mal yang besar-besar hingga saat ini masih terus melakukan konsolidasi. Beberapa chain mal besar malah tetap optimistis untuk membuka mal barunya seperti mal yang cukup besar The Park di Sawangan, Depok, maupun di beberapa kota seperti Semarang dan kota lapis kedua.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Beberapa sektor ritel juga masih ada yang terus melakukan ekspansi karena memang tidak terdampak pandemi. Supermarket, produk suplemen kesehatan, Do It Yourself (DIY) store, hingga sport yang saat ini menjadi lifestyle baru masih cukup baik tingkat penjualannya bahkan bisa lebih ekspansif saat pandemi ini.

Termasuk para peritel kecil hingga kegiatan usaha di sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Menurut Rosaline, ada opportunity untuk sektor UMKM yang tadinya tidak bisa masuk ke jaringan mal besar menjadi memiliki kesempatan untuk men-display produknya yang tadinya hanya berbisnis secara rumahan.

"Jadi ini masih akan terus berkembang dan yang pasti berbagai kesempatan maupun opportunity masih akan terus muncul. Sport lifestyle itu sesuatu yang akan berkembang besar, kalau kemarin motor besar (moge) parkir di depan mal, nanti bisa sepeda yang parkir di situ, itu bagian dari perubahan-perubahan di sektor ritel yang masih akan sangat dinamis," bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Begini Tren Baru Bisnis Ritel Setelah Pandemi

Begini Tren Baru Bisnis Ritel Setelah Pandemi

Begini Tren Baru Bisnis Ritel Setelah Pandemi

Begini Tren Baru Bisnis Ritel Setelah Pandemi

Begini Tren Baru Bisnis Ritel Setelah Pandemi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya