0
Thumbs Up
Thumbs Down

Baznas Bengkalis Salurkan Rp 65 Juta

Republika Online
Republika Online - Mon, 24 Feb 2020 14:12
Dilihat: 32
Baznas Bengkalis Salurkan Rp 65 Juta

BENGKALIS -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis menyalurkan zakat Rp 65 juta untuk dua kelompok tani di Kecamatan Bengkalis guna meningkatkan produktivitas usaha ekonomi masyarakat lemah atau para petani kecil yang tergolong asnaf di daerah itu.

"Sebelum mendapatkan bantuan zakat, kedua kelompok tani disurvei secara faktual dan verifikasi data guna memastikan layak atau tidak mereka menerima zakat tersebut agar pendayagunaan zakat yang diberikan menjadi tepat sasaran," kata Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ustadz Ali Ambar, melalui Humas Kanwil Kemenag Riau, Musdhalifah, Senin (24/2).

Menurut dia, kelompok tani penerima pemberdayaan zakat dari Baznas Kabupaten Bengkalis di kecamatan Bengkalis diberikan kepada Kelompok Tani Dhuafa Berkah Sejahtera Desa Penampi sebesar Rp 50 juta guna mengembangkan usaha menanam nanas.

Zakat juga diserahkan untuk Kelompok Tani Maju Jaya Desa Penebal sebesar Rp 15,5 juta membudidayakan tanaman semangka. "Penerima pendayagunaan zakat akan terus dievaluasi dan juga akan terus didampingi agar upaya pemberdayaan ini tercapai dengan baik, sekaligus mempercepat pemberantasan kemiskinan di daerah ini," katanya.

Masih ada satu kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan, yakni Kelompok Tani Mekar Atsiri Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat yang bergerak di bidang usaha budidaya tanaman serai wangi sebesar Rp 18,5 juta dan penyerahannya akan segera dijadwalkan.

Ia menambahkan dengan berzakat berarti telah menjalankan salah satu dari rukun Islam yang mengantarkan seorang hamba kepada kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat. Berzakat sekaligus merupakan sarana bagi hamba untuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada Rabb-nya (Tuhan) serta akan menambah keimanan.

Bagi penunai zakat, ibadah itu akan mendapatkan pahala besar yang berlipat ganda, sebagaimana firman Allah, yang artinya: "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah," (Al Baqarah: 276).


Dalam sebuah hadits muttafaq alaih, Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan sedekah dari harta yang baik akan ditumbuhkan kembangkan oleh Allah berlipat ganda. Zakat merupakan sarana penghapus dosa.

Berita Terkait
  • Baznas Yogyakarta Alokasikan Dana untuk TKA-TPA dan Madrasah
  • Baznas Resmikan Kelompok Usaha Sate Gartim Setia Rasa
  • Program Mustahik Baznas Menyentuh Langsung Masyarakat
Berita Lainnya
  • Arsul Sani: Salam Pancasila tak Bisa Gantikan Salam Agama
  • Pasien Diduga Corona di RSHS Pernah Pergi ke Thailand

Baznas Bengkalis Salurkan Rp 65 Juta

Baznas Bengkalis Salurkan Rp 65 Juta

Baznas Bengkalis Salurkan Rp 65 Juta

Baznas Bengkalis Salurkan Rp 65 Juta

Baznas Bengkalis Salurkan Rp 65 Juta

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya