0
Thumbs Up
Thumbs Down

Batik Bambu, Kerajinan Artistik Salatiga

Antvklik
Antvklik - Mon, 19 Oct 2020 11:40
Dilihat: 32

Batik Bambu telah menjadi kerajinan bernilai ekonomi khas Salatiga. Awalnya hiasan bambu hanya dibuat dengan lukis cat saja. Lalu Rusmiati, seorang pengrajin di Kelurahan Ledok, punya ide untuk membatik bambu.

antvklik.com - Bambu dikenal sebagai tanaman yang multi manfaat. Tunasnya bisa untuk makanan, batangnya kokoh untuk bahan bangunan. Jenis bambu tertentu rantingnya bahkan dibuat kerajinan. O ya, permukaan kulit bambu juga keren lho dibuat aneka hiasan.

Di satu kampung Kelurahan Ledok, Kota Salatiga contohnya. Perajin membuat kerajinan bambu yang unik dan jarang ada di tempat lain. Batik bambu. Tak terbayangkan sebelumnya kalau bambu ternyata bisa jadi begitu cantik dengan dibatik. Karena selama ini batik lebih banyak diterapkan pada kain.

Adalah Rusmiati (30) ibu tangga yang meneruskan usaha orang tuanya di bidang kerajinan bambu. Awalnya dulu hiasan bambu hanya dibuat dengan lukis cat saja. Lalu Rusmiati punya ide dengan membatiknya. Ide itu terinspirasi saat ia ke daerah Klaten melihat perajin membuat batik pada kayu.

"Saya pikir kalau di kayu bisa, pasti di bambu juga. Tapi itu harus dipelajari dan dicoba berkali-kali karena pori kayu dan bambu itu beda," kata Rusmiati.

Bambu yang dipakai adalah petung. Jenis ini punya bodi besar, lurus, tebal, kokoh, tahan kutu, dan punya serat yang bagus. Warnanya juga netral jadi bisa diwarnai apa saja. Pasokannya juga gampang karena banyak tumbuh di Salatiga dan Magelang.

Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV

"Utamanya daerah lereng Gunung Andong dan Telomoyo itu banyak bambu petungnya, kita beli dari sana. Jaraknya kan nggak jauh ya sehingga ongkosnya juga murah," lanjutnya.

Semua ruas bambu petung bisa dipakai. Bagian bawah hingga tengah untuk guci tempat payung, sedang bagian atas atas untuk vas bunga berbagai ukuran. Sisanya yang tak terpakai diserut jadi tipis, lalu dirangkai jadi baki.

"Kalau paling bawah atau bongkot itu kan besar tapi ruasnya pendek, maka kita buat juga jadi asbak, kalau yang ruasnya panjang baru kita buat guci-gucian tempat payung," jelasnya.

Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV

Prosesnya lumayan panjang. Setelah dipotong, bambu kemudian diserut kulit luarnya dengan mesin bubut. Tampilannya sekarang jadi putih krem dengan serat bintik-bintik yang artistik. Kemudian setelah diamplas halus baru dilukis. Bisa dengan cat minyak, atau masuk proses batik.

Kalau cat minyak tinggal digambar begitu saja sampai bagus, lalu dilapis melamin mengkilap atau doff.

Kalau dibatik, ya sesuai dengan proses pembatikan pada umumnya. Permukaan bambu digambar pakai pensil, lalu ditutup dengan cairan malam. Setelah itu dicelup ke pewarna sehingga permukaan yang tidak tertutup malam akan jadi berwarna.

Setelah dimasukkan air panas, cairan malam akan luruh. Bekasnya akan membentuk motif yang diinginkan. Bagian ini kemudian diisi dengan warna yang sesuai.

Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV

"Proses batik sebagian dikerjakan di sini, sebagian dikerjakan di sentra batik Bayat Klaten. Karena kalau semua dilakukan di sini SDMnya masih terbatas," ungkapnya

Secara tampilan, batik bambu sangat berseni. Beberapa motif yang dibuat ada yang batik klasik, ada juga motif kreasi baru berdasarkan ide perajin maupun ide pemesan.

Perajin memasarkan produk batik bambu ke Salatiga dan beberapa daerah lainnya. Paling banyak itu ke Solo dan Yogyakarta yang memang menjadi sentra cenderamata.

Harganya bervariasi. Antara 20 ribu hingga di atas 100 ribu sesuai dengan ukuran dan tingkat kerumitan motifnya.


Teguh Joko Sutrisno | Salatiga, Jawa Tengah

Sumber: Antvklik

Batik Bambu, Kerajinan Artistik Salatiga

Batik Bambu, Kerajinan Artistik Salatiga

Batik Bambu, Kerajinan Artistik Salatiga

Batik Bambu, Kerajinan Artistik Salatiga

Batik Bambu, Kerajinan Artistik Salatiga

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya