0
Thumbs Up
Thumbs Down

Banjir Lubuklinggau Surut, 5 Rumah Rusak Parah

okezone
okezone - Wed, 20 May 2020 21:06
Dilihat: 37
Banjir Lubuklinggau Surut, 5 Rumah Rusak Parah

LUBUKLINGGAU - Pasca-hujan deras yang mengguyuri Kota Lubuklinggau sejak semalam, menyebabkan puluhan rumah di RT 02 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau, terendam banjir, namun kini kondisi mulai normal kembali.

Ketua RT 02 Kelurahan Ulak Surung Hera Ningsih mengatakan bahwa kondisi air sekarang sudah mulai surut, sekitar pukul 10.30 WIB tadi. "Banjir kali ini untuk kedua kalinya dan lebih parah dari tahun kemarin," ujarnya.

Dikatakan Hera, akibat banjir kali ini ada sekitar 23 rumah yang rumahnya kebanjiran sampai masuk ke dalam rumah. Sehingga barang perabotan rumah tangga seperti kasur, kursi, bantal, selimut, kursi dan juga sembako rusak akibat terendam.

Baca Juga: Air Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Kota Lubuklinggau Terendam Banjir


Kemudian, ada sekitar lima rumah yang mengalami rusak cukup parah karena tembok rumahnya jebol, di antaranya rumah milik Jomo, Arozi, Rusunah, Apong, Badi Usman yang dinding rumahnya rusak parah. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja warga mengalami kerugian materil," ungkapnya.

Meski banjir sudah surut, namun masih menyisakan persoalan. Pasalnya, sejumlah rumah warga rusak dan perabotan rumahnya rusak.

Ditambahkan Hera, Dinas Sosial sudah mendatangi lokasi, dan mendata rumah-rumah yang terdampak banjir, Ia berharap kepada dinsos untuk warga yang terkena dampak berat agar mereka diberikan tenda dan selimut, karena semuanya perabotan rumah tangga mereka dalam keadaan rusak.

"Bahkan, sembako juga banyak rusak dan tidak bisa diselamatkan," tutupnya.

Diketahui bahwa sebelumnya curah hujan yang tinggi mengakibatkan naiknya volume sungai kelingi yang membentang di Kota Lubuklinggau. Dari pantauan petugas di lapangan, tingginya curah air kelingi menyebabkan beberapa rumah kebanjiran seperti di kelurahan Ulak Surung, Sidorejo, Lubuklinggau Ulu dan beberapa titik di sepanjang aliran sungai kelingi.

Walikota Lubuklinggau, bersama Kapolres Lubuklinggau turut membantu evakuasi beberapa rumah warga yang kebanjiran.

Menurut Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa saat turun langsung membantu warga yang kebanjiran menjelaskan bahwa, "air mendadak tinggi dan deras, pagi tadi hujan lebat, sungai kelingi mendapatkan kiriman air dari hulu sungai PUT, Rejang Lebong Bengkulu. Sehingga menyebabkan beberapa rumah terdampak banjir, bahkan berdasarkan laporan Anggota saya, air sempat menghanyutkan satu rumah warga."


Dilanjutkannya, sampai saat ini belum ada konfirmasi korban jiwa, namun kita harus siaga karena cuaca tidak dapat ditebak. "Saya minta warga tetap siaga khususnya malam nanti, apalagi jika hujan deras datang lagi, pandangan gelap, berpotensi korban jiwa, Kami Polri bersama unsur terkait akan terus memantau kondisi ini, Saya imbau warga jangan beraktifitas dulu di tepi sungai, jaga anak-anak jangan main di sungai," pungkasnya.

Sumber: okezone

Banjir Lubuklinggau Surut, 5 Rumah Rusak Parah

Banjir Lubuklinggau Surut, 5 Rumah Rusak Parah

Banjir Lubuklinggau Surut, 5 Rumah Rusak Parah

Banjir Lubuklinggau Surut, 5 Rumah Rusak Parah

Banjir Lubuklinggau Surut, 5 Rumah Rusak Parah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya