0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bangun Ekosistem Bisnis Digital, Qasir Gandeng 5 Perusahaan Ini

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 18 Feb 2020 19:32
Dilihat: 47
Jakarta

Startup penyedia layanan kasir, Qasir, berencana membuat ekosistem bisnis digital terintegrasi guna memenuhi kebutuhan pengguna dari beberapa lini sektor seperti pembayaran, pembiayaan, hingga pengadaan.

CEO Qasir Michael Williem menyebut ada empat masalah yang menjadi penghalang bagi usaha mikro, kecil, dan menengah untuk berkembang.

"Kurangnya ilmu bisnis, kurang akses ke teknologi, kurang akses ke pembiayaan, dan income gap yang tinggi," ujar pria yang disapa Mike tersebut di Kantor Qasir, Jakarta Selatan, Selasa (18/2/2020).

Baca Juga: Menjaga Keseimbangan Hidup dan Kerja Ala CEO Qasir

Di bidang pembiayaan, Qasir menggandeng platform peer to peer lending Qazwa sebagai salah satu platform penyedia pembiayaan.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer Qasir Rachmat Anggara mengatakan bahwa Qasir juga sedang merancang kerja sama dengan platform fintech Investree.

"Kita sudah kerja sama dengan Koinworks juga, Investree sedang on going," ujarnya.

Qazwa dipilih atas dasar fleksibilitasnya dalam memberikan akses pendanaan dengan nominal kecil, mulai dari ratusan ribu sampai dengan maksimal bergantung profil usahawan.

Qazwa saat ini ditawarkan kepada usahawan yang memiliki rekam jejak baik, dalam hal pencatatan transaksi, volume pembelian, maupun traksi penjualan.

Di bidang logistik, Qasir membuka peluang bagi usahawan yang ingin mendapat penghasilan tambahan dengan menjadikan warung atau tokonya sebagai lokasi antar-jemput paket yang nantinya akan didistribusikan oleh Kerry Express.

Pilot project-nya sudah berjalan di empat toko di daerah Pejaten, Cilandak Timur, dan beberapa titik lainnya. Kerry juga telah setahun lebih menjadi partner Qasir dalam urusan logistik Belanja Grosir.

Sebagian besar usahawan Qasir merupakan pedagang kelontong yang masih memasok stok dagangan secara manual, seperti berbelanja ke pasar induk atau agen terdekat. Kerja sama dengan Tukangsayur.co dan TaniHub memungkinkan usahawan membeli bahan baku segar lewat satu aplikasi.

Baca Juga: Apple Berdarah, Perusahaan Korsel Malah Untung Karena Corona

Pembelanjaan bahan baku segar ini juga dapat dilakukan dengan cara bayar tempo atau pembelanjaan yang bisa diatur jatuh tempo bayarnya. Hal ini penting untuk memastikan warung tetap bisa memenuhi kebutuhan jualan, meski modal menipis sehingga dapat mengelola arus kas lebih baik.

Qasir sedang menjajaki kerja sama dengan Shopee Pay untuk pengadaan stiker QRIS di warung-warung usahawan. Hal ini dirancang sebagai upaya Qasir mendekatkan adopsi pembayaran digital ke warung mikro, termasuk pelanggannya.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Rosmayanti


Foto: Bernadinus Adi Pramudita

Sumber: wartaekonomi

Bangun Ekosistem Bisnis Digital, Qasir Gandeng 5 Perusahaan Ini

Bangun Ekosistem Bisnis Digital, Qasir Gandeng 5 Perusahaan Ini

Bangun Ekosistem Bisnis Digital, Qasir Gandeng 5 Perusahaan Ini

Bangun Ekosistem Bisnis Digital, Qasir Gandeng 5 Perusahaan Ini

Bangun Ekosistem Bisnis Digital, Qasir Gandeng 5 Perusahaan Ini

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya