0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bali Masih Defisit UMKM

Nusabali
Nusabali - Sat, 18 Jan 2020 14:00
Dilihat: 35
Bali Masih Defisit UMKMDENPASAR,
Hal tersebut karena Bali masih tergolong kekurangan UMKM. Jumlah UMKM saat ini hanya 326 ribu atau hanya 7,71 persen dari 4,2 juta penduduk Bali. "Karena itulah salah satu upaya nanti adalah melakukan sosialisasi untuk mengejar pertumbuhan," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bali I Wayan Mardiana, Jumat (17/1).

Paling tidak, diharapkan dalam setahun bisa tumbuh 100 UMKM baru. Jika itu bisa dilakukan, tentu memberi manfaat bagi Bali, khususnya sisi perekonomian yakni penyerapan penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyakarat. "Masyarakat tidak lagi mencari kerja, namun bisa menciptakan lapangan kerja," kata Mardiana.

Dikatakan Mardiana potensi UMKM Bali masih terbuka luas. Pertama karena jumlah penduduk Bali yang lumayan besar, kemudian kenyataan Bali sebagai daerah tujuan wisata. Jumlah penduduk dan sebagai daerah wisata merupakan potensi pasar. Tidak saja pasar dalam negeri, namun juga pasar ekspor. Terkait dengan itu, Mardiana menunjuk beberapa potensi UMKM di Bali, handicraft, kuliner, fesyen dan produk-produk inovatif lainnya.

Menyinggung soal permodalan, menurut Mardiana juga merupakan salah satu kendala yang dihadapi UMKM di Bali. Namun dengan adanya kebijakan tentang KUR (Kredit Usaha Rakyat), masalah permodalan ada solusinya. Apalagi untuk mengaksesnya bisa dilakukan secara online.

Sepanjang persyaratan formal UMKM terpenuhi, masalah permodalan ada solusinya. Persoalannya adalah adannya kelemahan lain berkait SDM yakni rasa enggan atau ogah mengurus hal-hal yang bersifat formal teknis administratif. Misalnya surat keterangan usaha. Padahal itu masalah mendasar. "Inilah yang perlu dibenahi, yakni masalah SDM-nya," kata Mardiana. *k17
Sumber: Nusabali

Bali Masih Defisit UMKM

Bali Masih Defisit UMKM

Bali Masih Defisit UMKM

Bali Masih Defisit UMKM

Bali Masih Defisit UMKM

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya