0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bahas Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar FGD

INFOJAMBI
INFOJAMBI - Mon, 02 Dec 2019 14:28
Dilihat: 41

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

Danrem 042/Gapu Jambi, Kolonel Arh Elphis Rudy,M.Sc.S.S

- Korem 042/Gapu gelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilaksanakan di Gedung Balai Prajurit Korem 042/Gapu Jl. Jend. Urip Sumoharjo Telanaipura Kota Jambi, Jambi. Senin (2/12/2019) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti 300 peserta yang terdiri dari Angota TNI jajaran Korem 042/Gapu, anggota Polri jajaran Polda Jambi, BPBD, Manggala Agni, Perwakilan dari Perusahaan, Perwakilan mahasiswa dan Akper Gapu serta perwakilan elemen masyarakat Jambi. Dihadiri langsung oleh Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy,M.Sc.S.S di dampingi Kasrem Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H, Para Dan/Kasatbalakrem 042/Gapu dan Para Kasi Korem, dengan Narasumber dari Polda Jambi AKBP Marianus Marantika Sitepu S.Sos, M.Si, Wahyu, SE, Kalak BPBD Prov. Jambi Bachyuni, S.E, Sekjen PWI Provinsi Jambi Hery Farmasyah dan Eldi Ramadanis perwakilan dari Perusahaan PT. WKS.

Dalam diskusi tersebut membahas tentang pencegahan, penanggulangan Karhutla dan peran serta seluruh Dinas/Instansi bersama Elemen masyarakat dalam penanganannya, dengan harapan akan terjadinya penurunan potensi Karhutla tahun depan, tercipta kesadaran, keamanan di Masyarakat serta dapat mengetahui dan memahami bagaimana prosedur penanganan juga mengerti dampak yang disebabkan dari kejadian Karhutla.

Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy dalam sambutannya mengatakan bahwa Wilayah Indonesia mengalami musim kemarau panjang di tahun 2019 yang mengakibatkan kekeringan, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Namun untuk tahun 2020 diprediksikan tidak ada Elnino kuat yang bersifat netral.

"Kabar baik, tahun depan tidak ada elnino kuat dan bersifat netral. Tapi tetap ada kemarau di bulan Juni sampai September," kata dia.

Dalam FGD tersebut juga akan membahas penanganan dan pencegahan Karhutla dengan cepat. Hal ini bertujuan untuk mengatasi Karhutla di masa yang akan datang.

"Karhutla ini lebih menonjol dari bencana alam seperti longsor, banjir dan lainnya," tambahnya.

Selain itu, Elphis mengatakan tanggung jawab penanggulangan karhutla adalah tanggung jawab bersama. Kordinasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat mampu mengatasi Karhutla dengan baik.


"Kalau tidak ada koordinasi yang baik, Karhutla sulit untuk di atasi. Intinya adalah koordinasi," tandasnya. (penremgapu)

Sumber: INFOJAMBI

Bahas Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar FGD

Bahas Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar FGD

Bahas Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar FGD

Bahas Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar FGD

Bahas Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar FGD

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya