0
Thumbs Up
Thumbs Down

Awas, malware berkeliaran di hari kasih sayang

Indotelko
Indotelko - Sat, 15 Feb 2020 10:37
Dilihat: 33
Awas, malware berkeliaran di hari kasih sayang

JAKARTA (IndoTelko) - Dalam beberapa dekade terakhir, kita telah masuk ke dalam digitalisasi dimana komunikasi adalah aspek dalam hidup yang paling berubah.

Tidak terkecuali dalam kehidupan percintaan dengan Hari Valentine mendekat, para lajang dan yang memiliki pasangan sama-sama memiliki rencana masing masing untuk Sabtu ini. Di antara mereka mungkin membutuhkan pilihan lain dalam upaya menemukan teman, dan aplikasi kencan hadir untuk membantu. Namun, apakah benar membantu?

Aplikasi kencan populer di seluruh dunia, seperti Tinder dan Badoo, sering menjadi umpan yang digunakan untuk menyebarkan malware seluler atau mengambil data pribadi dan kemudian membombardir pengguna dengan iklan yang tidak diinginkan atau bahkan menghabiskan uang mereka untuk melakukan langganan berbayar yang mahal. File tersebut tidak ada hubungannya dengan aplikasi yang sah, karena mereka hanya menggunakan nama dan terkadang desain layanan kencan otentik.

Analisis malware menggunakan lebih dari 20 nama aplikasi kencan populer dan kata kunci 'dating' menunjukkan sebanyak 1963 file unik telah disebar pada tahun 2019 dengan kedok aplikasi yang sah. Khususnya, dua pertiga dari mereka menyamar sebagai Tinder (1262 file) dan keenam lainnya berkaitan dengan Badoo (263 file); keduanya adalah aplikasi kencan yang diakui di seluruh dunia.

Bahaya yang dibawa oleh file-file berbahaya ini dapat bervariasi, mulai dari Trojan yang dapat mengunduh malware lain dan mengirimkan SMS dengan biaya mahal, adware, sehingga pengguna dapat terganggu dengan pemberitahuan iklan.

Statistik juga menunjukkan bahwa minat terhadap topik "cinta" memang meningkat menjelang Hari Valentine. Misalnya, jumlah klik pada versi phishing dari situs PeopleMedia meningkat sebanyak dua kali lipat dalam waktu hampir sebulan sebelum Hari Valentine

"Cinta adalah salah satu topik yang menarik minat orang secara universal, dan, tentu saja, itu berarti bahwa penjahat siber juga akan berada di sana. Kencan online telah membuat hidup kita jauh lebih mudah dan sebelumnya tidak diketahui apa saja risiko didalamnya. Kami menyarankan pengguna untuk tetap memperhatikan dengan seksama dan menggunakan aplikasi sah yang tersedia di toko aplikasi resmi. Dan, tentu saja, kami ucapkan semoga beruntung menemukan seseorang yang sempurna untuk hari istimewa ini," komentar Head of Advanced Threat Research and Software Classification, Kaspersky Vladimir Kuskov.(wn)

Read More...

Sumber: Indotelko

Awas, malware berkeliaran di hari kasih sayang

Awas, malware berkeliaran di hari kasih sayang

Awas, malware berkeliaran di hari kasih sayang

Awas, malware berkeliaran di hari kasih sayang

Awas, malware berkeliaran di hari kasih sayang

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya