0
Thumbs Up
Thumbs Down

Astronom Amatir Temukan Bulan Kecil di Sekitar Jupiter

Republika Online
Republika Online - Thu, 22 Jul 2021 18:29
Dilihat: 51
Astronom Amatir Temukan Bulan Kecil di Sekitar Jupiter

JAKARTA -- Seorang astronom amatir menemukan Bulan yang sebelumnya tidak dikenal di sekitar Jupiter. Bulan itu ditemukan setelah si astronom meneliti gambar dari teleskop tua. Ini adalah pertama kalinya objek ruang angkasa ditemukan oleh seorang astronom amatir.

"Saya bangga untuk mengatakan bahwa ini adalah Bulan planet pertama yang ditemukan oleh seorang astronom amatir!" kata pencari bulan Kai Ly mengatakan dalam laporan Sky and Telescope, dilansir Space, Kamis (22/7).

Jupiter mungkin memiliki puluhan atau bahkan ratusan Bulan yang belum ditemukan yang mengorbit di sekitarnya. Planet besar ini menawarkan medan gravitasi substansial yang memungkinkannya menangkap puing-puing ruang angkasa ke dalam orbitnya.

Jupiter saat ini menampung setidaknya 79 bulan, dan jumlahnya terus bertambah. Penemuan terbaru dibuat oleh Ly, seorang astronom amatir yang merupakan tambahan terbaru dalam katalog grup satelit Jovian Carme.

Carme dan anggotanya adalah batu ruang angkasa kecil berbentuk aneh. Ini mengorbit dalam arah yang berlawanan dengan rotasi Jupiter, sebuah fenomena yang disebut retrograde.

Kelompok tersebut melakukan perjalanan di sekitar Jupiter pada kemiringan relatif ekstrem terhadap bidang orbit planet raksasa. Carme adalah yang terbesar dari grup, dengan radius rata-rata 14 mil (23 kilometer).

Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan Carme adalah batu induk penemuan astronom amatir dan 22 anggota kelompok lainnya yang diketahui. Para astronom berpikir bahwa Carme adalah asteroid yang ditangkap oleh gravitasi Jupiter dan kelompoknya adalah potongan-potongan yang terputus setelah tabrakan kosmik.

Ly membuat temuan ketika terlihat dari kumpulan data pada 2003 yang telah dikumpulkan oleh para peneliti di Universitas Hawai'i menggunakan Teleskop Kanada-Prancis-Hawaii (CFHT) 3,6 meter.

Ly memberikan perhatian khusus pada citra yang dikumpulkan pada bulan Februari tahun itu, ketika bulan tampak paling terang. Ini disebabkan oleh fenomena yang dikenal sebagai oposisi, ketika matahari dan planet tertentu muncul di bagian yang berlawanan dari langit Bumi. Planet asal kita berada di tengah garis antara matahari dan Jupiter pada Februari 2003, memungkinkan para astronom di Bumi untuk melihat dengan jelas sistem Jupiter yang diterangi oleh bintang.

Ly menggunakan pengamatan dari teleskop lain yang disebut Subaru untuk menetapkan busur 22 hari objek, yang menunjukkan calon bulan kemungkinan terikat pada gravitasi Jupiter. Garis dasar ini memungkinkan mereka untuk menemukan dan mengkonfirmasi keberadaan bulan dengan kumpulan data lain juga.

Dalam artikel Space and Telescope, Ly menggambarkan penemuan menarik itu sebagai bagian dari hobi selama musim panas sebelum ia kembali ke sekolah. Batuan tersebut saat ini diberi nama EJc0061, tetapi belum memiliki nama resmi.

Ketika dapat diberi nama, kemungkinan akan berakhir dengan huruf e seperti Carme. Ketika pejabat NASA menjelaskan moniker Carme, mereka mengatakan nama yang diakhiri dengan 'e' dipilih sesuai dengan kebijakan International Astronomical Union untuk menunjuk bulan luar dengan orbit retrograde.


Berita Terkait
  • Ilmuwan Pecahkan Misteri Aurora Sinar X di Planet Jupiter
  • Mengenal Ganymede, Bulan Terbesar di Tata Surya
  • Pesawat NASA akan Berada Dekat Bulan Terbesar di Jupiter
Berita Lainnya
  • Makna 'Cukup' di Lagu Baru Kolaborasi Fadly-Ade Govinda
  • Skriniar Tegaskan, Inter Tetap Hebat Meski Tanpa Hakimi

Astronom Amatir Temukan Bulan Kecil di Sekitar Jupiter

Astronom Amatir Temukan Bulan Kecil di Sekitar Jupiter

Astronom Amatir Temukan Bulan Kecil di Sekitar Jupiter

Astronom Amatir Temukan Bulan Kecil di Sekitar Jupiter

Astronom Amatir Temukan Bulan Kecil di Sekitar Jupiter

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya