0
Thumbs Up
Thumbs Down

Asita Optimistis 1,5 Juta Wisman di Akhir Tahun

Nusabali
Nusabali - Sat, 02 Jul 2022 13:11
Dilihat: 70
Asita Optimistis 1,5 Juta Wisman di Akhir Tahun
Optimisme tersebut mengacu tren kunjungan wisman ke Bali pasca pandemi Covid-19 yang terus melandai. Rata- rata kunjungan dalam beberapa waktu terakhir berkisar 7.000-an wisman per hari. "Sesuai prediksi BI (Bank Indonesia), kunjungan wisman tahun 2022 diperkirakan mencapai 1,5 juta orang," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asita Bali Putu Winastra, Jumat (1/7).

Winastra yakin target 1,5 juta wisman tercapai pada akhir 2022. Apalagi, Juli - Agustus - September merupakan masa puncak keramaian kunjungan wisman ke Bali. Kemudian disusul event internasional yakni KTT G-20 pada November mendatang di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung.

Asita, lanjut Winastra, mendukung kebijakan pemerintah yang bertujuan mempermudah dan memperbanyak kedatangan wisman ke Bali. Salah satunya usulan yang bertalian dengan slot penerbangan maskapai asing. "Misalnya dari Dubai langsung ke Denpasar. Ketika balik diizinkan ke Jakarta untuk menambah penumpang," kata Winastra menyebut sebuah nama maskapai internasional.

Karena setelah dari Denpasar kemudian langsung ke Dubai, kemungkinan penumpangnya kurang. Dengan tambahan ke Jakarta, tentu akan berpeluang menambah penumpang ketika bertolak ke Dubai. "Jadi load factor terjaga," jelas Winastra.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat wisatawan mancanegara (wisman) yang datang langsung ke Provinsi Bali pada Mei 2022 tercatat sebanyak 115.611 orang. "Kunjungan naik hingga hampir 100 persen (98,18 persen) dibandingkan periode bulan sebelumnya," ujar Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya, dalam penjelasan secara virtual, Jumat (1/7). Dikatakan pada April lalu, kunjungan wisman ke Bali baru 58.335 orang. Dikatakan Hanif Yahya, wisatawan dari Australia dan India mendominasi kedatangan wisman ke Bali pada Mei 2022.Wisman dari Australia sebanyak 31.579 orang, India 11.278 orang, dan dari Inggris 8.737 orang.

Jumlah kumulatif kunjungan wisman pada Januari - Mei 2022 mencapai 189.879 orang. Jumlah tersebut meningkat hingga ratusan ribu persen dibanding periode sama tahun 2021 (Januari - Mei 2021), di mana wisman yang datang hanya 42 orang.

Peningkatan kunjungan pada bulan Mei, dikatakan Hanif Yahya juga berdampak terhadap tingkat penghunian kamar (TPK), baik hotel berbintang dan non bintang. TPK hotel berbintang sebesar 37,35 persen, naik 18,37 poin dibanding April. Sedang untuk TPK hotel non bintang tercatat sebesar 14,96 persen, naik 5,45 poin dibandingkan bulan April 2022. *k17
Sumber: Nusabali

Asita Optimistis 1,5 Juta Wisman di Akhir Tahun

Asita Optimistis 1,5 Juta Wisman di Akhir Tahun

Asita Optimistis 1,5 Juta Wisman di Akhir Tahun

Asita Optimistis 1,5 Juta Wisman di Akhir Tahun

Asita Optimistis 1,5 Juta Wisman di Akhir Tahun

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya