0
Thumbs Up
Thumbs Down

AS-China Perang Dagang, Kadin Sebut Jatim Aman

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 26 Jun 2019 17:48
Dilihat: 67
Surabaya

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti secara tegas menyatakan, ketegangan perang dagang Amerika dan China tidak pengaruhi roda perdagangan di Jatim.

Hal itu diungkapkan La Nyalla sebutannya saat menerima kunjungan Tim Peneliti DPR RI ke gedung Kadin Jatim untuk melakukan pemantauan dampak dari kasus perang dagang Amerika-China di Surabaya kemarin.

"Kami menyambut baik dan berterima kasih atas kepercayaan dari Tim Peneliti DPR RI untuk memilih kadin Jawa Timur sebagai salah satu tempat kegiatan penelitian kelompok lintas kepakaran tentang respon Indonesia terhadap dampak perang dagang. Dan yang perlu digaris bawahi, tak perlu risau atas kondisi tersebut," tegas La Nyalla Mahmud Mattalitti, Surabaya, Rabu (26/6/2019).

Baca Juga: Perkuat Fungsi di Dapil, La Nyalla: Senator Harus Punya Kantor di Provinsi

Optimisme La Nyalla tersebut dengan melihat kinerja ekonomi Jatim secara keseluruhan yang masih bergerak positif. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim khususnya sektor industri pengolahan mengalami kenaikan pada kuartal I/2019 jika dibanting kuartal III/2018. Yang semula 29,2 persen naik menjadi 31 persen.

"Di sektor jasa perdagangan, juga naik dari 17 persen menjadi 18 persen pada kuartal I/2019 dibanding kuartal III/2018. Hanya sektor pertanian saja yang mengalami penurunan dari 15 persen menjadi 13 persen," tambahnya.

Sementara itu Ketua Tim Ahli Kadin Jatim Edy Juwono Slamet mengatakan bahwa optimisme terhadap kinerja ekonomi Jatim juga harus dibarengi dengan berbagai langkah antisipatif berupa penandatanganan berbagai kerjasama luar negeri.

"Yang harus dilakukan Indonesia dalam mengatasi perang dagang AS-Cina adalah memperbanyak kerjasama perdagangan dengan luar negeri," kata Edy

Baca Juga: Sudah Tak Ada Beban, Jokowi Undang Kadin Minta Masukan untuk Periode Kedua

Hal senada juga diungkapkan Anggota Tim Ahli Kadin Jatim Jamhadi, Indonesia tidak perlu masuk terlalu dalam atas pertikaian mereka (Amerika-China). Namun kata Jamhadi, yang harus dilakukan adalah dengan memperbanyak Free Trade Agreement (FTA) dan Economic Partnership Agreement (EPA)

"Karena pasar alternative seperti Afrika terus meningkat daya belinya," ujar Jamhadi juga Ketua Kadin Kota Surabaya ini.

Penulis: Mochamad Ali Topan

Editor: Vicky Fadil


Foto: La Nyalla Mattalitti

Sumber: wartaekonomi

AS-China Perang Dagang, Kadin Sebut Jatim Aman

AS-China Perang Dagang, Kadin Sebut Jatim Aman

AS-China Perang Dagang, Kadin Sebut Jatim Aman

AS-China Perang Dagang, Kadin Sebut Jatim Aman

AS-China Perang Dagang, Kadin Sebut Jatim Aman

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya