0
Thumbs Up
Thumbs Down

Aplikasi Terbaik Bantu Anak Belajar di Rumah

Republika Online
Republika Online - Tue, 24 Mar 2020 13:52
Dilihat: 37
Aplikasi Terbaik Bantu Anak Belajar di Rumah

JAKARTA -- Banyak sekolah di seluruh dunia ditutup, sebagai upaya mengatasi peningkatan pandemik virus corona (Covid-19). Kondisi itu menambah pekerjaan orang tua dan pengasuh untuk mengajar dan menghibur anak-anak secara penuh waktu, sekaligus menyelesaikan pekerjaan mereka.

Jadi apa alat pembelajaran daring terbaik untuk membuat anak-anak tetap belajar, terhibur, dan sibuk? Dilansir di Independent.co.uk pada Selasa (24/3), berikut sejumlah aplikasi favorit anak-anak, mulai dari seni dan kerajinan, hingga mengajar anak-anak cara membuat kode.

Bedtime Math

Aplikasi ini berhasil membuat proses belajar matematika sama menyenangkannya dengan cerita pengantar tidur, menggunakan segala hal mulai dari belut listrik hingga rollercoaster untuk membantu anak-anak mencari jalannya melalui masalah rumit.

Bedtime Math menawarkan 1.600 latihan yang sesuai dengan anak-anak mulai dari kelas penitipan hingga sekolah dasar. Aplikasi gratis itu, bahkan memiliki Sky's the Limit yang memberi tantangan tersendiri, bahkan menguji kemampuan orang dewasa.

Sebuah studi peer-review dari 2015 menunjukkan aplikasi itu memberi siswa setara dengan keuntungan tiga bulan dibandingkan teman-teman mereka selama satu tahun sekolah. Selain itu, aplikasi juga membantu orang tua yang memiliki kecemasan matematika.

Erase All Kittens

Alat belajar terbaik adalah yang mengajarkan keterampilan vital anak-anak, tanpa mereka sadari. Erase All Kittens sangat cocok diperkenalkan pada anak-anak usia delapan hingga 13 tahun, bagaimana membuat kode melalui petualangan hemat kucing epik.

Gim pemenang multi-penghargaan itu dirancang untuk mengajarkan keterampilan pemrograman profesional, dengan penekanan khusus pada gadis-gadis yang memberi inspirasi kode.

Permainan ini menggunakan gameplay yang mirip dengan game platform populer, seperti Mario dan Sonic untuk memberikan pengantar lembut untuk pemikiran komputasi, membuatnya sangat menarik bagi anak-anak teknologi-fobia. Untuk maju melalui level dan menyimpan anak-anak kucing, pemain perlu mengubah kode sumber permainan menggunakan bahasa pengkodean profesional seperti HTML.

Diary Zapp

Aplikasi jurnal interaktif itu membantu anak-anak mengembangkan keterampilan literasinya sambil melibatkan imajinasi dan kreativitas.

Pembuat gim menggambarkan Aplikasi Diary sebagai waktu layar positif dan menyediakan cara inovatif bagi kaum muda untuk mendokumentasikan kehidupan sehari-hari mereka, bahkan jika sebagian besar dihabiskan di dalam ruangan.

Anak-anak dapat menggambar atau menulis tentang hari-hari mereka menggunakan pena warna virtual dan alat efek khusus, sambil dipandu oleh makhluk Zappicon yang dipersonalisasi sendiri. Orang tua tak perlu khawatir dengan pembelian atau iklan dalam aplikasi.

Caterpillar Creative Play

Semua orang tua akan terbiasa dengan buku Very Hungry Caterpillar karya Eric Carle yang sangat dicintai, dari mana aplikasi artistik itu mengambil inspirasi. Caterpillar Creative Play mendorong anak-anak menggambar, melukis, mewarnai, mendesain, dan membuat menggunakan beragam templat, tekstur, dan kanvas.

Gim itu berfungsi sedikit seperti versi PhotoShop yang ramah anak, memperkenalkan konsep pengeditan seperti lapisan yang memungkinkan pengguna membuat segala sesuatu mulai dari kolase hingga karya seni unik.

Gim kompatibel dengan Apple Pencil pada iPad Pro, Children's Technology Review mencantumkan gim itu di antara 10 aplikasi penting untuk iPad seorang anak.

Professor Astro Cat's Solar System

Berdasarkan seri buku Profesor Astro Cat yang populer, aplikasi itu memungkinkan anak-anak menjelajahi tata surya dengan bantuan kucing. Fakta-fakta luar angkasa yang menarik dijalin menjadi alur cerita menyenangkan yang terasa seperti membaca buku. Dapat menghibur untuk orang dewasa seperti halnya untuk anak-anak, menampilkan ilustrasi, animasi, dan bahkan kuis untuk menguji seberapa banyak yang telah dipelajari di sepanjang jalan.

Gus on the Go

Aplikasi Gus on the Go membawa pengguna pada petualangan pembelajaran bahasa dengan bantuan burung hantu yang disebut, Gus.


Tersedia dalam 30 bahasa yang berbeda, aplikasi menggunakan grafik dan animasi menarik untuk mengajar anak-anak tentang kata-kata dan frasa dasar. Berbagai permainan dan tantangan memungkinkan pemain mendapatkan trofi di sepanjang jalan untuk membuat mereka tetap termotivasi. Aplikasi itu, bahkan telah mulai menawarkan pengguna kesempatan belajar bahasa yang terancam punah, dimulai dengan Ingush.

Berita Terkait
    Berita Lainnya
    • Krisis Covid-19 Bisa Buat Timo Werner Bertahan di Leipzig
    • Tiga Dosa Besar 'Terakhir'

    Aplikasi Terbaik Bantu Anak Belajar di Rumah

    Aplikasi Terbaik Bantu Anak Belajar di Rumah

    Aplikasi Terbaik Bantu Anak Belajar di Rumah

    Aplikasi Terbaik Bantu Anak Belajar di Rumah

    Aplikasi Terbaik Bantu Anak Belajar di Rumah

      
    PARTNER KAMI
    JPNN
    Republika Online
    LIPUTAN6
    okezone
    BBC
    bintang
    bola
    Antvklik
    rumah123
    Rumah
    Love Indonesia
    CENTROONE
    wartaekonomi
    Voice of America
    Popular
    Gocekan
    Teqnoforia
    Angelsontrip
    Makanyuks
    telsetNews
    BisnisWisata
    Jakarta Kita
    Indonesia Raya News
    RajaMobil
    Mobil123
    Otospirit
    MakeMac
    Indotelko
    Inditourist
    TEKNOSAINS
    MotorExpertz
    Mobil WOW
    Oto
    Kpop Chart
    salamkorea
    slidegossip
    Hotabis
    INFOJAMBI
    Japanese STATION
    SeleBuzz
    Cintamobil
    Football5star
    Citra Indonesia
    OTORAI
    Sehatly
    Hetanews
    Inikata
    Nusabali
    Garduoto
    Beritakalimantan
    batampos
    covesia
    carmudi
    idnation
    inipasti
    teknorush
    winnetnews
    mediaapakabar
    carvaganza
    mediakepri
    kabarsurabaya