0
Thumbs Up
Thumbs Down

Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

Republika Online
Republika Online - Tue, 28 Jul 2020 19:38
Dilihat: 45
Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

JAKARTA -- Aparat penegak hukum diminta untuk mengusut tuntas kasus terkait lolosnya Djoko Tjandra dari jeratan aparat penegak hukum di Indonesia. Kepolisiam juga dituntut untuk mengungkapak aktor intelektual atau apapun yang terlibat dalam kasus terdakwa buron kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut.

"Kami meminta kapolri bekerja dama dengan KPK dan kejaksaan kalau ada dugaan tindak korupsi dan kami berharap agar kasus ini berjalan dengan transparan dan akuntabel," kata salah satu perwakilan Kelompok Cipayung Plus, Ketua Umum PB PMII Agus Herlambang di Jakarta, Selasa (28/7).

Menurutnya, Diperlukan kordinasi lintas sektoral antara kepolisian, kejaksaan dan imigrasi mengingat membutuhkan campur tangan segelintir orang saja untuk meloloskan seseorang ke Indonesia. Dia mengatakan, peristiwa itu memterlihatkan lemahnya sinergitas antar lembaga baik polri, kejaksaan maupun imigrasi.

"Keterlibatan oknum dari internal penegak hukum itu sendiri merupakan tamparan yang telak sekaligus menjadi cambuk bagi lembaga maupun institusi untuk melakulan evaluasi secara total agar tidak terulang lagi," katanya.

Agus melanjutkan, lolosnya Djoko Tjandra yang merupakan buronan kelas kakap mengindikasikan bahwa masih terdapat celah pengamanan dan koordinasi antar lembaga. Dia mengatakan, celah itu lantas dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencapai kepentingan pribadi dan mengambil keuntungan.

Agus mengungkapkan, Polri menjadi salah satu lembaga yang disorot publik mengingat kejadian ini mengingat salah satu oknum petinggi yang diduga memuluskan jalan Djoko Tjandra. Dia meminta kepolisian menelusuri terkait seluruh dugaan penyalahgunaan wewenang termasuk potensi pidana yang berkaitan dengan lembaganya dalam kasus lolosnya Djoko Tjandra

"Kami meminta Kapolri dan Kabareskrim untuk mengusut hingga tuntas terkait siapa saja aktor yang terlibat. Hal ini penting demi tercapainya penegakan hukum yang adil transparan serta menjadi pengayom dan pemberi layanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Sebelumnya, kelompok Cipayung Plus yang terdiri dari IMM, PMII, GMNI, PMKRI, Himapersis, GMKI, KMHDI, Hikmahbudhi, KAMMI, PII. Mereka menganggap lolosnya Djoko Tjandra sebagai momentum bagi Polri untuk berbenah demi membangun kredibilitas lembaga.


Berita Terkait
  • Polri Dalami Motif Brigjen Prasetijo Bantu Djoko Tjandra
  • KPK Siap Bantu Polri Usut Aliran Dana Skandal Djoko Tjandra
  • Kejakgung Periksa Pejabatnya Terkait Pelarian Djoko Tjandra
Berita Lainnya
  • Rahasia Keberkahan Rezeki Menurut Rasulullah SAW
  • Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

Aparat Hukum Diminta Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya