0
Thumbs Up
Thumbs Down

Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya

RajaMobil
RajaMobil - Fri, 13 Mar 2020 13:33
Dilihat: 66
Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya

Istilah aki atau akumulator merupakan perangkat yang wajib ada dalam sebuah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Komponen yang berfungsi sebagai penyimpan energi ini secara umum terbagi dua jenis yakni aki kering dan aki basah. Apa perbedaan dari kedua jenis aki ini dan mana yang lebih menguntungkan?

Pada dasarnya yang mana yang lebih bagustergantung bagaimana perawatan dari kamu selaku pemilik kendaraan bersangkutan.Namun, secara umum kamu perlu mengenali lebih dulu bagaimana karakter masing-masingjenis aki ini apakah sesuai dengan kamu atau tidak.

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah, Mana LebihBagus?

Pada dasarnya aki kering dan aki basah disusunoleh komponen yang sama yakni cairan elektroda. Perbedaannya pada bentukcairannya. Pada jenis aki kering biasanya bentuknya lebih padat menyerupai gel.Sedangkan pada aki basah cairannya lebih encer dan bisa ditambahkan lagi padaproses perawatan.

Mana yang lebih bagus dan lebih awet dari keduajenis aki ini? Berikut beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui:

1. Soal Perawatan

Soal perawatan jenis aki kering lebih simpledibanding aki basah. Aki kering bahkan tak membutuhkan perawatan sejak daripemakaian pertama. Pengisian air akinya dilakukan oleh pabrik dan sangat cocokdipakai oleh kamu yang kurang rajin merawat kendaraan. Apalagi sibuk sering kesana kemari, lupa mengecek kondisi aki.

Sedangkan untuk jenis aki basah sedikitmembutuhkan perawatan. Kondisi jalanan sebagian wilayah di Indonesia yangbanyak berlubang membuat air aki yang cair dari jenis aki ini kadang-kadangrawan tumpah.

Cek selalu air aki pada jenis aki basah.Berkurangnya air akan menyebabkan berkurangnya penyimpanan energi padaperangkat ini. Guna memantau kondisi air aki pada jenis aki basah, biasanyadiletakkan pada posisi yang transparan agar mudah dipantau kondisi airnya.

2. Usia Pemakaian

Soal usia pemakaian aki basah jauh lebih lamadibandingkan aki kering. Aki kering biasanya harus diganti setelah 1,5 tahun,sedangkan aki basah bisa lebih lama dari waktu tersebut. Usia pemakaian aki kering bisa lebih cepat habisdi Indonesia karena kondisi cuaca panas yang menyebabkan air aki mudah menguap.

Namun, untuk jenis aki kering ini cocok jugadigunakan di jalanan Indonesia yang kondisinya banyak berlubang. Saat adagoncangan, air akinya bisa lebih aman tidak tumpah.

Jenis aki basah sebenarnya lebih cocok untukkondisi iklim tropis yang panas di Indonesia. Cairan yang sering ditambahkanakan membuat penyimpanan energi bisa bertahan lebih awet dan tahan lama.

Konsekuensinya kalau kamu ingin simpel dalamhal perawatan, harus siap sering ganti aki dalam rentang waktu tertentu.Pilihan aki kering mungkin cocok buat kamu.

3. Soal Harga

Selain bisa dipakai lebih awet, aki basahternyata harganya juga lebih murah dibandingkan aki kering. Selisih harganyadengan aki kering lumayan juga, hampir 50% dari harga aki tersebut dan bahkanbisa dua hingga tiga kali lipatnya.

Namun, kalau kamu seorang yang takmempermasalahkan harga, membeli aki kering juga tak masalah tentunya bukan?Tergantung kebutuhan dan bagaimana sikap kamu dalam hal perawatan.

Apapun pilihan jenis aku yang kamu pakai, halpaling penting adalah seperti apa cara pemakaian yang kamu jalankan. Merawatkendaraan itu penting sebagai bukti kamu mencintai kendaraan tersebut. Janganhanya menuntut kendaraan tampil prima di jalanan sementara kamu sendiri jarangmemperhatikannya.Sudah ketemu pilihan jenisaki yang sesuai buat kamu? Jangan ikuti orang lain, tapi pilihlah yang memangsesuai dengan diri kamu.


The post Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya appeared first on Review dan Berita Mobil.

Sumber: RajaMobil

Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya

Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya

Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya

Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya

Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Penjelasannya

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya