0
Thumbs Up
Thumbs Down

Apa Itu Hukum Metcalfe?

wartaekonomi
wartaekonomi - Sun, 15 Dec 2019 04:19
Dilihat: 45
Jakarta

Hukum Metcalfe adalah suatu keadaan ketika nilai sebuah produk atau layanan akan meningkat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna.

Hukum Metcalfe ini dicetuskan sekitar tahun 1970-an oleh Robert Metcalfe yang merupakan seorang penemu teknologi ethernet. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, hukum ini menyatakan bahwa nilai jaringan akan bertumbuh sesuai dengan kuadrat ukuran jaringan.

Dalam konteks ukuran internet, misalnya ketika jaringan memiliki lima komputer maka nilainya adalah 5^2=25. Adapun, kalau suatu jaringan memiliki 1.000 komputer maka nilainya akan menjadi satu juta. Hukum ini tidak hanya berlaku untuk jaringan komputer saja, tetapi juga software atau aplikasi. Semakin banyak pengguna software atau aplikasi tersebut maka nilai produk akan menjadi bertambah.

Baca Juga: Apa Itu Omnibus Law?

Hal yang sama juga terjadi pada Facebook. Semakin bertambah jumlah pengguna Facebook maka semakin besar jaringan yang dapat diberikan Facebook kepada pengguna. Daya tarik Facebook ini akan terus memikat pengguna baru yang makin banyak dan seperti tanpa ujung.

Pada mulanya pengguna Facebook hanya segelintir orang. Kemudian dalam waktu tujuh tahun pengguna Facebook meningkat pesat menjadi 1,2 miliar orang. Pada tahun 2018 lalu pengguna aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini mencapai jumlah pengguna yang fantastis, yakni 2,2 miliar orang.

Penulis sekaligus investor, Robert T Kiyosaki, pernah menjelaskan hukum ini secara sederhana. Ia mengatakan bahwa jika di dunia ini hanya ada satu telepon maka benar-benar tidak memiliki nilai ekonomis.

Akan tetapi, ketika ada telepon maka nilai ekonomis dari jaringan telepon ini menjadi pangkat dua. Nilai ekonomis jaringan itu naik dari nol menjadi empat. Tambahkan telepon ketiga maka nilai ekonomis jaringan itu sekarang menjadi sembilan. Dengan kata lain, nilai ekonomis sebuah jaringan naik menurut deret ukur dan bukan deret hitung.

Winner-Takes-All

Di industri internet Hukum Metcalfe telah membentuk suatu kondisi pemenang mengambil semua (winner takes all). Misalnya, saat ini Google berhasil menggiring ratusan juta orang untuk menggunakan mesin pencari ini untuk melakukan pencarian secara digital. Semakin banyak orang melakukan pencarian melalui Google maka semakin banyak data yang dapat dijaring untuk menyusun indeks yang lebih baik, lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih pribadi.

Alhasil, seiring dengan perjalanan waktu maka Google akan terus semakin besar, semakin populer, bertambah dominan, dan tentu saja semakin bertambah kaya. Google adalah pemenang yang telah mengambil semuanya (a winner that has taken it all).

Lingkaran sistemis yang terdiri dari pendekatan algoritma yang makin canggih, infrastruktur yang makin kukuh dan terintegrasi, serta big data yang semakin besar adalah kekuatan utama perusahaan platform digital. Hukum Metcalfe telah melahirkan perusahaan-perusahaan digital yang melakukan monopoli virtual.

Penulis: Cahyo Prayogo

Editor: Cahyo Prayogo


Foto: Idhad Zakaria

Sumber: wartaekonomi

Apa Itu Hukum Metcalfe?

Apa Itu Hukum Metcalfe?

Apa Itu Hukum Metcalfe?

Apa Itu Hukum Metcalfe?

Apa Itu Hukum Metcalfe?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya