0
Thumbs Up
Thumbs Down

Anies dan Laiskodat Kerja Sama Pengadaan Sapi untuk Jakarta

Republika Online
Republika Online - Wed, 27 Oct 2021 03:25
Dilihat: 247
Anies dan Laiskodat Kerja Sama Pengadaan Sapi untuk Jakarta

JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)-nya masing-masing yakni PD Dharma Jaya dengan PT Flobamor, menjalin kerja sama lagi untuk pengadaan sapi berkualitas bagi Jakarta. Kerja sama ini sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh kedua BUMD tersebut dilakukan di Jakarta, pada Selasa (26/10). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat turut menyaksikan proses perjanjian kerja sama (PKS) antara Dirut PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman, dengan Dirut PT Flobamor, Agustinus Zadriano Bokotei.

Anies menjelaskan, kerja sama ini selain menjadi momentum untuk meningkatkan dan menumbuhkan kolaborasi, juga menjaga kestabilan dan penyediaan kebutuhan protein hewani di Jakarta.

"Jadi, sapi asal NTT ini berbobot besar dan hasil dagingnya itu berkualitas unggulan, berkualitas bagus. Lalu, bisa digunakan sebagai bahan baku untuk kebutuhan di Jakarta. Intinya, kualitas daging asal Kupang ini termasuk yang terbaik dibanding dengan daging impor," ujar Anies, Selasa (26/10).

Anies mengaku bersyukur atas terjalinnya kerja sama ini. Ia mewakili warga Jakarta untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat NTT karena mereka telah bekerja keras mengembangbiakkan ternak sapi yang kemudian manfaatnya dirasakan di Jakarta.

"Kami menyampaikan terima kasih karena telah membantu memenuhi daging di Ibu Kota. Kerja sama diharapkan bisa diperluas dan bisa diwujudkan melalui pola kerja sama yang sesuai porsinya. Yakni, BUMD yang menyiapkan suplay lalu SKPD yang mengelola demand," tutur Anies.

Setelah ini, PD Dharma Jaya akan memberikan secara simbolis purchase order (PO) pembelian sapi sebanyak 2.000 ekor dan daging sapi sebanyak empat kontainer. Harapannya, Pemprov NTT dan PT Flobamor mendapatkan alokasi 30 ribu ekor sapi dari total 60-an ribu ekor sapi tahun depan untuk kebutuhan Idul Adha dan lainnya.

"Selain itu, sekaligus membuka kesempatan penjualan daging sapi, ayam, dan telur untuk wilayah NTT serta Indonesia Timur lainnya," ujarnya.

Diketahui, terdapat 10 provinsi yang konsumsi daging sapi berada di atas rata-rata nasional dan Pemprov DKI Jakarta merupakan yang tertinggi yaitu sebesar 1,06 kg/kapita setiap tahun. Oleh karena itu, Jakarta masih menjadi barometer untuk menentukan tingkat konsumsi tertinggi daging sapi murni.

Sebelumnya, kerja sama DKI Jakarta dan Pemprov NTT terkait pengadaan sapi di Jakarta, diketahui telah dimulai sejak DKI dipimpin Joko Widodo pada 2014, yang akhirnya berhenti pada awal 2020 karena pandemi Covid-19, hingga saat ini dimulai kembali kerja sama pengadaan sapi ini.


Berita Terkait
  • Pengamat: Wajar Pendukung Anies Bergerak Lebih Awal
  • Anies: Warga Jakarta Harus Terfasilitasi Tempat Ibadah
  • Pengamat: tak Ada Jaminan Anies Baswedan Bisa Nyapres
Berita Lainnya
  • Cendekiawan Palestina Kutuk Penghancuran Pemakaman Muslim
  • Pakar: Valuasi GoTo Tembus 30 Miliar Dolar AS

Anies dan Laiskodat Kerja Sama Pengadaan Sapi untuk Jakarta

Anies dan Laiskodat Kerja Sama Pengadaan Sapi untuk Jakarta

Anies dan Laiskodat Kerja Sama Pengadaan Sapi untuk Jakarta

Anies dan Laiskodat Kerja Sama Pengadaan Sapi untuk Jakarta

Anies dan Laiskodat Kerja Sama Pengadaan Sapi untuk Jakarta

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya