0
Thumbs Up
Thumbs Down

Alat Makeup Bisa Sebarkan Virus Corona?

okezone
okezone - Sat, 27 Jun 2020 08:36
Dilihat: 48
Alat Makeup Bisa Sebarkan Virus Corona?

New normal mengharuskan sebagian orang untuk kembali menjalani aktivitas seperti biasa, tak terkecuali wanita karier. Mereka sudah kembali ke kantor dan tak bisa dipungkiri merias wajah jadi kegiatan yang dilakukan lagi.

Makeup new normal yang disarankan adalah tipis tapi memberi sentuhan bold pada area mata. Seperti yang diterangkan Beauty Enthusiast Linda Hasibuan. "Karena wajah ketutup masker, jadi mata yang harus bermain," terangnya pada Okezone, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, ternyata ada risiko paparan virus corona di balik makeup, lho. Apa kaitannya?

Menurut laporan Rumah Sakit Pondok Indah, virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 bertahan hidup lebih lama di permukaan plastik dan logam stainless, dibandingkan pada bahan tembaga atau karton (bahan kertas).

Pada plastik, virus ini tetap ditemukan dalam kondisi hidup pada 72 jam setelah paparan virus, walau jumlahnya tak sebanyak pertama kali benda terpapar. Sedangkan, pada permukaan logam virus bertahan hidup selama 48 jam setelah paparan terjadi.

"Beberapa penelitian memberikan hasil yang berbeda, namun umumnya menunjukan hasil yang cukup konsisten, yaitu virus corona bertahan lebih lama di permukaan plastik," tulis laporan tersebut.

Lebih lanjut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penularan virus corona utamanya adalah melalui transfer droplet. Menjadi perhatian sekarang adalah beberapa ahli percaya bahwa droplet yang berukuran sangat kecil dapat bertahan lebih lama di udara.

Nah, droplet yang ada di udara itu bisa masuk ke dalam tubuh seseorang melalui kontak area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

Di sinilah letak kaitannya alat makeup dengan risiko penyebaran Covid-19. Sebab, makeup diaplikasian di area wajah dan karena itu risiko masuknya virus ke dalam tubuh lewat makeup bisa terjadi, asal makeup memang benar-benar terpapar virus corona, ya.

Baca juga: Gowes Sepeda Mendadak Populer, Pesepeda: Makin Banyak Orang Sadar Berolahraga


"Wadah kosmetik pun biasanya berbahan plastik dan sering kali terdapat cermin yang melekat. Wadah ini termasuk cermin bisa jadi tempat virus hidup dalam kurun waktu tertentu," isi laporan tersebut.

Sumber: okezone

Alat Makeup Bisa Sebarkan Virus Corona?

Alat Makeup Bisa Sebarkan Virus Corona?

Alat Makeup Bisa Sebarkan Virus Corona?

Alat Makeup Bisa Sebarkan Virus Corona?

Alat Makeup Bisa Sebarkan Virus Corona?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya