0
Thumbs Up
Thumbs Down

Aksi Biadab Ditontonkan Junta, Tentara Bumihanguskan Desa-desa di Jantung Myanmar

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 14 Apr 2022 14:41
Dilihat: 145

Reruntuhan dan abu, yang diabaikan oleh satu pagoda emas, adalah hampir semua yang tersisa dari rumah kayu dan bata yang dibangun kebanyakan orang untuk diri mereka sendiri di desa tepi sungai Bin yang tenang di jantung Buddhis di Myanmar tengah.

Bin adalah salah satu dari lebih dari 100 desa yang sebagian atau seluruhnya dibakar oleh militer Myanmar sejak awal tahun ini, rumahnya di antara lebih dari 5.500 bangunan sipil diratakan saat tentara mencoba menekan oposisi terhadap kudeta tahun lalu, menurut laporan media yang dikumpulkan oleh kelompok aktivis Data Untuk Myanmar.

Baca Juga: Kabar Baru dari Myanmar, Junta Militer unjuk Gigi di Perbatasan

Puluhan gambar satelit yang ditinjau oleh Reuters, yang dipasok oleh perusahaan pencitraan bumi AS Planet Labs dan badan antariksa AS NASA, menunjukkan pembakaran desa yang meluas di bagian tengah negara itu.

Foto-foto tersebut, sebagian besar mengkonfirmasi laporan media lokal, adalah salah satu bukti terkuat hingga saat ini bahwa militer menggunakan pembakaran yang meluas untuk meningkatkan serangannya terhadap perlawanan di wilayah Sagaing tengah, di mana penduduk mengatakan kepada Reuters bahwa ada oposisi bersenjata terhadap junta.

"Ini adalah kampanye teror," kata Tom Andrews, utusan khusus PBB untuk hak asasi manusia di Myanmar, kepada Reuters.

"Jika Anda tinggal di daerah atau desa yang menurut mereka (junta) sangat mendukung mereka yang mengangkat senjata, maka Anda, dalam pandangan mereka, adalah musuh," ujarnya.

Andrews, yang berbasis di Amerika Serikat, mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah berbicara melalui telepon dengan beberapa saksi dan orang lain yang memberinya informasi di lapangan. Dia mengatakan orang-orang ini mengatakan kepadanya bahwa militer telah meningkatkan serangan di Sagaing selama beberapa bulan terakhir, dengan tentara memimpin serangan darat dan jet melakukan serangan udara.

Junta, yang menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi yang terpilih secara demokratis pada 1 Februari 2021, telah menyatakan setiap penentangan terhadapnya ilegal dan mengatakan militer berusaha memulihkan ketertiban di negara itu.

Militer Myanmar tidak menanggapi permintaan komentar untuk cerita ini. Selama beberapa bulan terakhir, junta menuduh pasukan oposisi membakar desa, tanpa menunjukkan bukti.

Militer dan milisi pro-militer telah membakar desa-desa di Myanmar tengah hampir setiap hari sejak Desember, menurut laporan dari BBC Burma dan media lokal yang dikumpulkan oleh Data For Myanmar dan dilihat oleh Reuters. Foto-foto satelit NASA yang tersedia untuk umum mengkonfirmasi lokasi hampir semua kobaran api terbesar.

Serangan militer dan pembakaran telah menyebabkan perpindahan besar-besaran, kata penduduk kepada Reuters. Lebih dari 52.000 orang meninggalkan rumah mereka pada minggu terakhir bulan Februari saja, menurut PBB.

Pembakaran baru-baru ini adalah pertama kalinya taktik seperti itu terlihat di jantung pusat yang dulunya damai, sebagian besar beragama Buddha.

Selama setahun terakhir, wilayah tersebut telah menjadi lokasi pertempuran sengit antara pasukan junta dan kelompok-kelompok yang tergabung dalam Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF), sayap bersenjata Pemerintah Persatuan Nasional (NUG), yang digulingkan dalam kudeta. Junta telah menyatakan NUG dan PDF ilegal dan mencap mereka teroris.


Reuters berbicara kepada 14 penduduk desa dari wilayah Sagaing yang menggambarkan bagaimana tentara membakar pemukiman mereka. Reuters tidak dapat mengkonfirmasi aspek tertentu dari akun mereka. Tapi mereka tetap konsisten dengan citra satelit yang dilihat oleh kantor berita.

Sumber: wartaekonomi

Aksi Biadab Ditontonkan Junta, Tentara Bumihanguskan Desa-desa di Jantung Myanmar

Aksi Biadab Ditontonkan Junta, Tentara Bumihanguskan Desa-desa di Jantung Myanmar

Aksi Biadab Ditontonkan Junta, Tentara Bumihanguskan Desa-desa di Jantung Myanmar

Aksi Biadab Ditontonkan Junta, Tentara Bumihanguskan Desa-desa di Jantung Myanmar

Aksi Biadab Ditontonkan Junta, Tentara Bumihanguskan Desa-desa di Jantung Myanmar

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya