0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ajak Seluruh Generasi di Bali Muliakan Ajaran Trisakti Bung Karno

Nusabali
Nusabali - Fri, 01 Jul 2022 08:24
Dilihat: 193
Ajak Seluruh Generasi di Bali Muliakan Ajaran Trisakti Bung Karno
Gubernur Koster mengucapkan rasa syukur atas diselenggarakannya Bulan Bung Karno IV pada 1-30 Juni 2022 sebagai wujud nyata mengimplementasikan Pergub Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali. "Ini satu-satunya Provinsi (Bali) yang mempunyai kebijakan regulasi tentang Bulan Bung Karno," ujar Koster disambut tepuk tangan.

FOTO: Gubernur Koster .-IST

Dengan tegas, dia menyampaikan sudah sepantasnya memuliakan Bung Karno sebagai pemimpin pergerakan perjuangan yang pada akhirnya menjadikan Indonesia merdeka pada tahun 1945. Tidak saja memimpin pergerakan kemerdekaan, Bung Karno juga menjadi Proklamator sehingga Negara Indonesia resmi mendapatkan pengakuan dari seluruh negara di dunia. Dalam pengabdiannya, Bung Karno juga : 1) Membentuk konstitusi untuk menjalankan Negara Republik Indonesia dengan UUD 1945; 2) Membangun Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI); 3) Membangun ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika; 4) Mewarisi ajaran untuk membangun Bangsa Indonesia dengan Trisakti-nya, yaitu Berdaulat secara Politik, Berdikari secara Ekonomi dan Berkepribadian dalam Kebudayaan. "Menurut saya ajaran Trisakti Bung Karno sangat relevan untuk dijalankan sepanjang zaman oleh generasi ke generasi dan menjadi kebutuhan di dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Jadi kontribusi Bung Karno terhadap eksistensi Bangsa dan Negara Indonesia sangat besar," kata mantan Anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDIP ini.

Di hadapan anak muda, orang nomor satu di Pemprov Bali ini menekankan jangan sesekali melupakan sejarah (Jas Merah), untuk itu harus ingat dengan peran kesejarahan Bung Karno yang tercatat telah berjuang untuk Negara Indonesia dengan penuh pengorbanan melawan penjajah. "Bung Karno sempat ditahan dalam penjara, tapi tidak pernah menyurutkan api perjuangannya sebelum Indonesia merdeka, sehingga pada akhirnya kita sekarang sudah merdeka dan diproklamirkan 17 Agustus 1945," jelasnya.

Setelah Indonesia merdeka, kata Koster bangsa ini sekarang tumbuh menjadi negara demokrasi dengan harus menjawab tantangan untuk terus memperkokoh 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika guna menjadi pedoman dan kekuatan untuk melawan masuknya ideologi dari luar.

"Pancasila yang digagas oleh Bung Karno harus terus kita sebarluaskan ke masyarakat dengan mengedukasi, menanamkan, hingga membumikan nilai- nilai Pancasila ke masyarakat sekaligus memuliakan Bung Karno sebagai Bapak Bangsa," sebutnya. Sebagai penerus bertanggungjawab, menurut Koster maka satu persen pun tidak boleh ragu untuk memuliakan Bung Karno dan tidak boleh lupa terhadap peran kesejarahan dari pemimpin negeri ini, karena bangsa yang besar selalu menghormati peran kesejarahannya.

"Kita pun sebagai orang Bali selalu diajarkan untuk menghormati para Leluhur, apalagi buat bangsa ini," tegasnya. Itulah sebabnya, Pemprov Bali dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali secara kompak menjalankan Bulan Bung Karno sampai ke tingkat desa dengan tujuan untuk membangun memori kolektif perjuangan, kepeloporan, dan keteladanan, serta ajaran Trisakti Bung Karno kepada masyarakat (Anak-anak, Remaja, Dewasa, dan Lansia) di Bali.

"Saya ingin agar Bali ini menjadi percontohan di dalam menjalankan ideologi Pancasila secara utuh," tegas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini. Di akhir sambutannya Gubernur Koster mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan lembaga yang telah aktif berpartisipasi menyelenggarakan Bulan Bung Karno IV Tahun 2022 ini.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, Dewa Putu Mantera melaporkan pelaksanaan Bulan Bung Karno IV di Provinsi Bali Tahun 2022 secara keseluruhan telah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar.

Berbagai kegiatan di Bulan Bung Karno IV ini, yakni 1) Apel Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2022 dilaksanakan melalui Virtual secara Nasional; 2) Pembukaan Bulan Bung Karno IV Provinsi Bali Tahun 2022; 3) Seminar Daring dan Luring dengan Tema Aktualisasi Kepemimpinan Bung Karno dalam Bali Era Baru; 4) Gerakan Serentak Resik Sampah dan Penebaran 100.000 Benih Ikan di Estuary Dam Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan;

5) Bulan Bung Karno IV Tahun 2022 juga dilaksanakan secara serentak oleh Bupati/Walikota se-Bali sebagai bentuk sinergitas Pemerintah Provinsi Bali dengan Pemerintah Kabupaten/Kota sampai ke pelosok-pelosok Desa dan Kelurahan bersama-sama Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera;

6) Menggelar Lomba Film Pendek Aktualisasi Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru dengan Juara I diraih oleh SMA N 2 Semarapura, Juara II diraih oleh SMA N 1 Busungbiu, Juara III diraih oleh SMA TP 45 Denpasar; 7) Menggelar Lomba Desain dan Peragaan Busana Adat Kerja ke Kantor dengan Juara I diraih oleh Ida Ayu Putu Septy Diantari, SE dari Renon, Denpasar, Juara II diraih oleh I Kadek Dode Moneko dari Sukawati, Gianyar dan Juara III diraih oleh Ida Bagus Cakra Manuaba dari Kesiman Petilan, Denpasar; dan 8) Lomba Video Pengolahan Sampah Berbasis Sumber di Desa Adat, Desa, dan Kelurahan di Provinsi Bali dengan Juara I diraih oleh Desa Adat Peminge, Kelurahan Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Juara II diraih oleh Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, dan Juara III diraih oleh Banjar Cemenggaon, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. *nat
Sumber: Nusabali

Ajak Seluruh Generasi di Bali Muliakan Ajaran Trisakti Bung Karno

Ajak Seluruh Generasi di Bali Muliakan Ajaran Trisakti Bung Karno

Ajak Seluruh Generasi di Bali Muliakan Ajaran Trisakti Bung Karno

Ajak Seluruh Generasi di Bali Muliakan Ajaran Trisakti Bung Karno

Ajak Seluruh Generasi di Bali Muliakan Ajaran Trisakti Bung Karno

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya