0
Thumbs Up
Thumbs Down

Air Kelapa Memang Banyak Manfaatnya, Kamu Pecinta Air Kelapa? Ketahuilah Batasannya

Nusabali
Nusabali - Tue, 29 Nov 2022 18:19
Dilihat: 74
Air Kelapa Memang Banyak Manfaatnya, Kamu Pecinta Air Kelapa? Ketahuilah Batasannya
Dari sisi kesehatan, kata Dokter di Klinik Pratama Damar Klungkung, dr Ida Ayu Megawati MKes mengatakan air kelapa mengandung elektrolit yang baik untuk mengatasi dehidrasi/kekurangan cairan ringan.

"Sehingga manfaatnya akan cepat dirasakan pada saat tubuh kita mengalami dehidrasi seperti saat berkeringat yang banyak karena olahraga ataupun beraktifitas atau saat diare dehidrasi ringan. Sedangkan untuk konsumsi sehari hari, dalam batasan normal masih diperbolehkan," ujar Dokter di Klinik Pratama Damar Klungkung, dr Ida Ayu Megawati MKes saat dimintai keterangan di sela-sela kesibukannya, Selasa (29/11/2022) siang.

Walaupun air kelapa muda memang terasa menyegarkan ketika dikonsumsi. Namun, kata dr Ida Ayu Megawati, di balik kesegaran tersebut pecinta air kelapa harus mengetahui batasan ideal untuk meminum air kelapa setiap harinya.

"Batasan yang dianjurkan untuk orang dewasa dalam kondisi normal atau sehat 1 gelas per hari. Untuk anak-anak diperbolehkan sesekali saja pada kondisi sehat dengan batasan usia di atas 1 tahun (walaupun bisa juga untuk usia di atas 6 bulan)," jelas dokter yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung ini.

Batasan ini disebutkan, karena air kelapa mengandung kalium yang tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kondisi hiperkalemi (kalium berlebihan) yang dapat mempengaruhi kerja otot seperti napas terengah-engah, nyeri pada dada dan lengan seperti terkena serangan jantung.

Selain itu, ia juga menyebutkan air kelapa mengandung gula yang tinggi, sehingga bila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan risiko obesitas. Kandungan sodium juga menyebabkan peningkatan risiko gangguan pada tekanan darah, bila air kelapa dikonsumsi berlebihan.

"Jadi, minum air kelapa 1 gelas per hari sudah cukup untuk orang kondisi sehat. Sedangkan pada saat dehidrasi ringan, bisa diminum lebih dari 1 gelas per hari (dengan tetap melihat kondisi dehidrasi yang dihadapi). Dengan catatan, diminum tanpa ditambahkan pemanis atau bukan dari air kelapa kemasan," paparnya.

Selain anjuran mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari memang menjadi cara ideal untuk mencegah dehidrasi, namun mengonsumsi air kelapa muda juga dapat mengembalikan cairan tubuh pasca melakukan olahraga berat seperti olahraga futsal. Kandungan elektrolit pada air kelapa muda juga sangat baik untuk regenerasi sel dalam tubuh.


Seperti halnya pehobi futsal, I Gede Purwata yang juga sebagai Owner brand Coco'N Coconut Bali yang menjual berbagai produk turunan air kelapa. I Gede Purwata menjelaskan jika dirinya senang berolahraga futsal dan air kelapa sangat baik dikonsumsi untuk pegiat olahraga sepertinya.

"Saya mengonsumsi air kelapa setiap hari tetapi tidak berlebihan secukupnya saja. saat ini perubahan yang saya rasakan seperti pencernaan menjadi lebih baik, tekanan darah kita juga bagus, dan untuk saluran kencing juga bagus. Tetapi ingat, tidak boleh berlebihan sehingga tensinya tidak terlalu turun jauh," ujar I Gede Purwata saat ditemui di stand Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival, Minggu (27/11/2022) sore.

Namun di balik kesegaran tersebut, air kelapa muda yang juga efektif untuk mengembalikan stamina pasca lelah bermain futsal, ternyata tidak dianjurkan dikonsumsi untuk orang yang dalam keadaan normal atau sehat.

"Dalam kondisi normal atau sehat, tidak dianjurkan konsumsi air kelapa berlebihan. Begitu juga pada orang yang suka berolahraga, karena efek dari air kelapa yang sudah dijelaskan sebelumnya," lanjut dr Ida Ayu Megawati.

Ia turut menjelaskan jika air kelapa yang sudah bisa diminum, secara teori kelapa yang berusuia 6 atau 7 bulan. Air kelapa memang bermanfaat karena kandungannya yang secara alami berupa kandungan elektrolit. Namun, dr Ida Ayu Megawati juga menuturkan air kelapa tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan.

"Banyak berita yang menginformasikan tentang khasiat dari air kelapa, tetapi masih memerlukan pembuktian secara ilmiah. Jadi tetap memilah berita-berita tersebut. Konsumsilah makanan sesuai dengan pedoman gizi seimbang dan tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat," pesan dr Ida Ayu Megawati. *ris

Sumber: Nusabali

Air Kelapa Memang Banyak Manfaatnya, Kamu Pecinta Air Kelapa? Ketahuilah Batasannya

Air Kelapa Memang Banyak Manfaatnya, Kamu Pecinta Air Kelapa? Ketahuilah Batasannya

Air Kelapa Memang Banyak Manfaatnya, Kamu Pecinta Air Kelapa? Ketahuilah Batasannya

Air Kelapa Memang Banyak Manfaatnya, Kamu Pecinta Air Kelapa? Ketahuilah Batasannya

Air Kelapa Memang Banyak Manfaatnya, Kamu Pecinta Air Kelapa? Ketahuilah Batasannya

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya