0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

Popular
Popular - Mon, 06 Jan 2020 17:25
Dilihat: 61
Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

Ketika Anda mendapatkantanggapan negatif dari klien, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan.Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

Buat Anda yang kebetulan profesinya mengharuskan untuk berhubungan dengan klien dikantor, ada satu ilmu yang wajib dimiliki yaitu kesabaran. Ilmu yang satu ini sangat penting dan jadi modal utama keberhasilan Anda jika tidak ingin klien kabur. Tapi kesabaran saja tidak cukup.

Ketika Anda mendapatkantanggapan negatif dari klien, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan. Apa saja?

1. Jangan defensif

Ketika klien mengkritik hasil kerja Anda, jangan langsung defensif alias membela diri. Ikuti saja kemauan mereka meskipun sesulit apa pun.Berikan alternatif dan solusi sesuai dengan keahlian Anda.

2. Mau kompromi

Kadang klien merasa paling tahu, meskipun Anda adalah "ahlinya". Jangan langsung menolak mentah-mentah ide atau konsep mereka walaupun terdengar sokonyol apa pun, melainkan kompromi dan cari jalan tengah.

Ini Trik Membuat CV Yang Menarik Jika Ingin Diterima Kerja di Perusahaan Besar

3. Selalu siapkan rencana cadangan

Klien sulit puas. Karena itu, penting bagi kita untuk menyiapkan rencanalebih dari satu dikantorsebelum persentasi di hadapan klien. Ketika klien kurang puas Anda bisa langsung segeramenawarkan rencana cadangan ini.

4. Minta instruksi sedetail mungkin

Sangat penting untuk tahu apa yang klien inginkan. Karena itu, ketika mereka tidak puas dengan hasil kerja Anda, langsung minta arahan sedetail mungkin mengenai apa yang mereka mau. Kalau perlu, minta contoh proyek atau apa pun itu yang menurut mereka berhasil dan bagus untuk jadi patolan. Jangan sungkan bertanya.

5. Telaah lebih lanjut

Ini terutama jika klien melakukan protes keras atas suatu produk. Misalnya kita sebagai sales dimarahi klien yang merasa kecewa lantaran produk yang dibeli dianggap mengecewakan. Kita lihat dulu produknya apa, lalu bagian mana yang mengecewakan. Siapa tahu klienlah yang melakukan kekeliruan. Meski kita sangat membutuhkan klien, jika ada yang sembarangan main tuduh, kita berhak menelisik lebih lanjut tuduhan itu. Kita tetap boleh mengutarakan pendapat. Tapi harus dipahami pula bahwa kita tidak boleh terbawa emosi ketika menghadapi klien, separah apa pun mereka.

Untukbeberapa profesi, klien adalah segalanya. Dari desainer grafis sampai praktisi hubungan masyarakat atau humas, daftar klien jangan sampai berkurang malah harus bertambah. Kepercayaan klien adalah kunci agar karier bisa meningkat, atau bahkan melesat cepat.


The post Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini! appeared first on Popular-World.com | Men's Entertainment & Lifestyle.

Sumber: Popular

Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

Ada Tanggapan Negatif dari Klien, Pakai 5 Cara Ini!

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya