0
Thumbs Up
Thumbs Down

ACT Gandeng TNI Tangani Pandemi Corona

Republika Online
Republika Online - Sat, 28 Mar 2020 04:38
Dilihat: 32
ACT Gandeng TNI Tangani Pandemi Corona

JAKARTA -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk penanganan wabah Corona atau Covid-19. Bertempat di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, ACT membangun koordinasi dengan personal TNI yang menjadi salah satu garda depan penanganan virus yang oleh WHO ditetapkan sebagai pandemi tersebut.

Dalam kunjungan ke markas TNI, ACT juga menyerahkan bantuan pangan sebagai bentuk dukungan dan kepedulian bagi TNI. Presiden ACT, Ibnu Khajar mengatakan, sinergi dengan berbagai pihak saat ini sangat penting dilakukan karena wabah Covid-19 semakin luas dampaknya.

"Efek pandemi corona tak hanya masyarakat biasa, namun juga prajurit TNI. Oleh karenanya kami juga mendistribusikan paket pangan untuk TNI sebagai garda depan penanganan corona, seperti halnya tenaga medis. Bantuan ini merupakan amanah dari masyarakat Indonesia," jelas Ibnu dalam siaran pers, Jumat (27/3)

Dengan menggunakan armada logistik, ACT menyerahkan 1.150 karung beras wakaf kemasan 5 kilogram, 230 kemasan minyak goreng, 230 karton air minum wakaf, serta 50 hand sanitizer. Ke depannya, menurut Ibnu, kolaborasi ACT dan TNI akan terus berjalan dalam rangka menangani virus Corona.

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo menyambut baik adanya bantuan pangan dari ACT untuk prajurit TNI. Ia mengatakan, saat ini TNI terus berjibaku ikut mengatasi bencana wabah corona.

"Pasukan TNI telah dikerahkan untuk mengatasi wabah, termasuk ikut membangun rumah sakit Covid-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Selain itu, berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti ACT, juga kami lakukan untuk memaksimalkan penanganan," katanya.

Selain dukungan pangan bagi pasukan TNI, ACT sudah membagikan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan. Bantuan ini diterima langsung oleh Kolonel Laut (K) dr. Hisnindarsyah selaku Kepala SPI RSAL Marinir Cilandak dan Letkol Laut (K) dr. Taufik Wijayakresna selaku Wadan Rumah Sakit Marinir TNI Angkatan Laut (Rumkitalmarinir) Cilandak.

Aksi lanjutan lainnya adalah distribusi ratusan paket makanan siap santap dari humanity food truck. Taufik Wijayakresna mengatakan, ratusan paket makanan tersebut dapat menambah gizi para tenaga medis yang sedang bertugas. Ia berharap program bantuan logistik maupun APD tidak hanya berhenti sampai sini saja, karena penyebaran Corona di Indonesia belum sampai pada puncaknya.

"Kita masih memasuki awal dari pada suatu wabah yang belum tahu kapan selesainya. Kalau kita berpikir dari Wuhan, maka Wuhan itu menyelesaikannya 91 hari dan akhirnya mereka berhasil dengan kekuatan militer dan kepolisian yang mereka gunakan untuk mencegah keluar-masuknya barang maupun orang yang lalu-lalang di Wuhan," kata dr. Taufik.


Berita Terkait
  • PDP Meninggal di Kota Bogor Jadi Tujuh Orang
  • Fraksi-Fraksi DPR Siap Potong Gaji untuk Bantu Atasi Corona
  • Positif Corona di DIY Terus Bertambah Jadi 19 Kasus
Berita Lainnya
  • Krisis Covid-19 Bisa Buat Timo Werner Bertahan di Leipzig
  • Tiga Dosa Besar 'Terakhir'

ACT Gandeng TNI Tangani Pandemi Corona

ACT Gandeng TNI Tangani Pandemi Corona

ACT Gandeng TNI Tangani Pandemi Corona

ACT Gandeng TNI Tangani Pandemi Corona

ACT Gandeng TNI Tangani Pandemi Corona

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya