0
Thumbs Up
Thumbs Down

80% Orang Dukung Pewarisan Kaisar Kepada Keturunan Anggota Kerajaan Wanita

Japanese STATION
Japanese STATION - Mon, 03 May 2021 14:58
Dilihat: 295

Sekitar 80 persen responden dalam jajak pendapat Kyodo News baru-baru ini mengatakan bahwa mereka akan menerima seorang kaisar dan permaisuri yang berkuasa yang merupakan keturunan dari seorang wanita anggota kerajaan di tengah menyusutnya jumlah ahli waris.

Hasil survei surat yang dilakukan pada bulan Maret dan April secara luas sejalan dengan hasil jajak pendapat Kyodo sebelumnya tentang masalah yang ditunjukkan tahun lalu, menunjukkan mayoritas orang mendukung perubahan pada aturan yang membatasi pewaris kekaisaran hanya untuk anak laki-laki dari garis ayah.

Bagaimana memastikan penyerahan tahta Krisan yang stabil telah menjadi tugas yang mendesak sejak mantan Kaisar Akihito (87), melepaskan tahta pada tahun 2019, dan menjadi kaisar pertama yang melakukannya dalam sekitar 200 tahun.

Kaisar saat ini, Naruhito (61), hanya memiliki tiga ahli waris, saudara laki-lakinya Putra Mahkota Fumihito (55), keponakannya Pangeran Hisahito (14), dan pamannya Pangeran Hitachi (85). Kaisar dan Permaisuri Masako memiliki satu putri berusia 19 tahun, Putri Aiko.

Princess Aiko bersama anjingnya, Yuri, di Akasaka Estate pada 22 November 2020 (dok Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang via Kyodo)

Jumlah anggota keluarga kekaisaran telah menurun karena wanita diharuskan meninggalkan status kerajaan mereka jika menikahi rakyat biasa di bawah Hukum Kekaisaran 1947.

Pada bulan Maret, pemerintah meluncurkan diskusi formal tentang bagaimana memastikan penyerahan kekaisaran yang stabil dengan membentuk panel penasihat untuk meminta pandangan dari para ahli.

Terlepas dari dukungan publik yang luas untuk permaisuri dan kaisar yang berkuasa yang turun dari garis ibu, penentangan terhadap gagasan tersebut tetap kuat di antara akademisi dan anggota parlemen konservatif, termasuk anggota Partai Demokrat Liberal Perdana Menteri Yoshihide Suga.

Monarki tertua di dunia ini memang memiliki sejarah suksesi patrilineal yang tak terputus. Tapi, meski memiliki delapan kaisar wanita yang memerintah dari garis keturunan laki-laki, dengan yang terakhir menduduki takhta pada abad ke-18, aturan yang melarang wanita menduduki takhta diperkenalkan pada akhir abad ke-19 dan dipertahankan di bawah undang-undang 1947.

Panel tersebut telah membahas topik-topik, termasuk pembuatan sistem yang memungkinkan wanita anggota kerajaan untuk tetap berada di keluarga kerajaan bahkan setelah mereka menikah dengan rakyat biasa, dan memulihkan anggota dari 11 bekas cabang jaminan yang berbagi nenek moyang yang sama dengan keluarga kekaisaran sekitar 600 tahun yang lalu.

Keluarga kekaisaran berkumpul untuk merayakan Tahun Baru pada 1 Januari 2020 (nippon.com)

Survei Kyodo terbaru menargetkan 3.000 orang berusia 18 tahun ke atas di seluruh negeri dan menarik 1.907 tanggapan hingga 19 April, di mana 1.839 di antaranya dianggap valid. Tingkat tanggapannya adalah 61,3 persen.

Survei tersebut menunjukkan 52 persen responden mendukung dan 35 persen agak mendukung, yang berarti total 87 persen mendukung gagasan itu, naik sedikit dari yang sebelumnya 85 persen dalam survei tahun lalu.

Ditanya tentang seorang kaisar yang turun dari garis ibu, 43 persen responden setuju dan 37 persen agak mendukung. Jumlahnya 80 persen, hampir tidak berubah dari 79 persen tahun lalu.


Berdasarkan usia dan jenis kelamin, lebih dari 90 persen responden wanita berusia 30-an atau lebih muda mengatakan mereka akan menerima permaisuri dan kaisar dari garis ibu.

80% Orang Dukung Pewarisan Kaisar Kepada Keturunan Anggota Kerajaan Wanita

80% Orang Dukung Pewarisan Kaisar Kepada Keturunan Anggota Kerajaan Wanita

80% Orang Dukung Pewarisan Kaisar Kepada Keturunan Anggota Kerajaan Wanita

80% Orang Dukung Pewarisan Kaisar Kepada Keturunan Anggota Kerajaan Wanita

80% Orang Dukung Pewarisan Kaisar Kepada Keturunan Anggota Kerajaan Wanita

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya